Berita Nasional Terpercaya

UNSEEN is UNSOLD

0

BERNAS.ID – Teman dari Aceh Gayo kemarin kirim design kemasan kopi. Lalu bertanya apakah design packagingnya sudah bagus atau belum. Saya lihat tulisan Kopi Gayo sebagai kategori produk besar sekali sedangkan brand-nya hanya nyempil kecil di pojok kiri atas. Dia lebih mementingkan bangun kategorinya dibanding bangun awareness brand-nya. Saya tidak langsung jawab pertanyaannya tapi bercerita.

Beberapa tahun lalu ada riset bisnis retail di Amerika. Ditulis kalau dalam 7 detik pertama packaging design kemasan Anda tidak bisa menarik perhatian konsumen, maka kecil kemungkinan konsumen akan membeli produk Anda. Itu hitungan normal saat sebelum pandemi lho.

“Bila dalam waktu singkat orang tidak bisa mengidentifikasi brand kamu, lupakanlah untuk mulai bisnis,” kata saya tegas kepadanya. Heran bin kagetlah dia dengan jawaban keras saya. Ceritapun berlanjut.

Baca Juga : Cara Membangun Personal Branding

Sekarang di masa pandemi ini tantangan para pemilik dan pengelola brand mengalami tantangan lebih berat lagi. Pandemi mengubah perilaku konsumen saat berbelanja. Mereka tidak mau berlama-lama di mini market atau di supermarket. Ingin cepat-cepat selesai dan hindari kerumunan. Kalau dalam waktu 5 detik produk Anda tidak bisa terlihat, atau terlihat tapi tidak menarik maka cenderung tidak akan dibeli konsumen. 

Ada aturan tak tertulis yang kejam dalam bisnis retail: hard to be seen, hard to be sold. Unseen is unsold. Susah terlihat artinya susah terjual. Tak terlihat, ya tak terjual.

Saya sering berikan ilustrasi bahwa packaging design punya anatomi ibarat manusia. Ada kepala, leher, dada, perut dan kaki dan utamanya ada jantung hati. Lalu di kepala sendiri ada hidung, mata, mulut, telinga, kalau letaknya tidak benar pasti akan aneh. Anatomi dalam packaging ada brand, sub brand, deskripsi produk, ilusrasi, manfaat. Jangan sampai product descriptor atau benefit ditampilkan besar sedangkan brand yang jauh lebih penting hanya tampil sangat kecil.

Nah, bagi Anda para pemilik brand dan brand manager silakan check apakah packaging design Anda sudah bisa menarik perhatian konsumen dan membuat mereka membeli produk Anda? Jangan-jangan posisi antara kepala dan kaki ketuker.

Good  packaging design protect your product

But only Great packaging design protects your brand

 Salam branding | JWD…

(Penulis: Julius Widiantoro, Branding & Packaging Design Consultant)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.