Berita Nasional Terpercaya

Literasi Keuangan Ditanamkan pada Anak Sejak Dini di Kampung Pengok

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kelurahan Layak Anak (Kelana) Kampung Pengok, Demangan, Yogyakarta berkolaborasi dengan Kampung Baca Pengok, dan Jam Belajar Masyarakat (JBM) menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke76. Rangkaian kegiatan yang digelar pada 9-22 Agustus lalu itu diselenggarakan secara daring dan luring menyesuaikan dengan kondisi pandemi atau PPKM.

Ketua Kelana Demangan, Basuki Raharjo mengatakan, kegiatan dan juga perlombaan yang digelar difokuskan pada anak-anak siswa SD yang proses belajarnya sedikit banyak terdampak dengan pola belajar terbatas yang berjalan selama pandemi berlangsung. Jenis kegiatan yang dilakukan yaitu berupa literasi keuangan yang dilanjutkan menghias celengan, serta membuat hiasan sebagai peringatan Kemerdekaan RI.

“Pengambilan celengan dilakukan dengan layanan tanpa turun atau drive thru sehari sebelum pelaksanaan. Panitia juga memfasilitasi kegiatan anak secara daring bagi yang memiliki koneksi jaringan internet dan perangkat yang memadai serta secara luring di beberapa titik tersebar di Kampung Pengok,” kata Basuki, Rabu (1/9/2021).

Dirinya menjelaskan, dalam literasi keuangan pihaknya berharap agar anak dapat memahami sistem keuangan secara sederhana sehingga dapat mengelola uangnya secara baik untuk tujuan yang positif. Kegiatan belajar literasi finasial anak yang berlangsung di luar sekolah ini juga memberikan ruang positif merdeka belajar bagi anak untuk bisa tetap mendapatkan ilmu, kapanpun dan di manapun juga.

“Karena belajar tidaklah terbatas harus duduk dari bangku sekolah,” ungkapnya.

Baca juga: Melek Literasi Keuangan Pasar Modal Melalui Pengenalan Capital Market

Sementara, pada kegiatan hiasan kemerdekaan RI pihaknya juga memilih tiga karya favorit. Peserta murid yang menghias celengan akan mendapat celengan yang dihiasnya sendiri. Upaya ini juga mengajarkan kepada anak pentingnya budaya menabung sejak kecil.

“Kegiatan ini diharapkan memberi ruang positif dan wahana merdeka belajar bagi anak di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung,” tandasnya. (den) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.