Berita Nasional Terpercaya

Sekati YK Ing Mall, Pasar Malam Sekaten Versi Mall Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Suasana kemeriahan pasar malam Sekaten di Yogyakarta terasa kian surut, terlebih setelah tak digelar selama masa Pandemi COVID-19.  Pemkot Yogyakarta lantas berniat menggelar Sekati YK Ing Mall, ajang semacam pasar malam perayaan Sekaten, namun digelar di mall.

“Kami ingin mengembalikan suasana Sekaten di Kota Yogyakarta,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta Kadri Renggono menyampaikan, Selasa (12/10/2021).

Pasar Malam Perayaan Sekaten selama ini menurutnya sudah masuk dalam calendar of event, dan mendapat respons yang cukup baik bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Ada aspek ekonomi yang berjalan dan terdapat perputaran uang yang menguntungkan bagi banyak pihak.

“Dua hal inilah yang kita kerucutkan dalam Sekati YK ing Mall,” sambungnya.

Ia menerangkan, lokasi ajang ini bakal ada di Malioboro Mall, Galeria Mall dan Lippo Mall. Kenapa di mall, karena menurutnya sebagai penanda awal kebangkitan ekonomi, sebab mall sempat mati suri selama pandemi. Selain itu mall sudah memiliki standar protokol kesehatan yang baik.

Acara dimulai besok tanggal 13 Oktober hingga 18 Oktober 2021. Yang akan berpartisipasi adalah berbagai UKM yang ada di Kota Jogja dan sudah eksis.

“Ini upaya dari Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung perayaan Sekaten,” katanya.

Baca juga: Seluruh Kabin Bianglala Sekaten yang Mengalami Insiden Sudah Dilepas

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi menambahkan, Sekati arti sebenarnya adalah gamelan. Namun ini berbeda dengan ritual gamelan dari tradisi Kraton Jogja.

“Istilah Sekati sudah mendapat restu dari Kraton. Jadi Sekaten yang versi Kraton masih ada. Jadi kami ingin spirit Sekaten ini ada di mall, lewat Sekati,” katanya.

Lewat acara yang digelar di mall, pihaknya ingin UKM Kota Jogja “naik kelas”. Karena itu KADIN dan berbagai organisasi lain terkait UKM juga diminta mendukung acara ini.

“Di Malioboro Mall sudah ada 40 UKM yang terkurasi untuk acara ini, di Galeria ada 20 UKM, sementara di Lippo bakal ada 10 produk makanan,” imbuhnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.