Berita Nasional Terpercaya

Astra Motor dan Ditlantas Polda DIY Kolaborasi Sebarkan Semangat Aman Berkendara di Jalan Raya

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sepanjang semester pertama tahun 2021 tercatat 2.586 korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dimana 11 persen korbannya meninggal dunia. Tidak mengherankan jika perilaku aman berkendara di jalan raya menjadi dambaan sekaligus tanggung jawab bagi setiap pengendara kendaraan bermotor.

Merespon hal itu, Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas berkolaborasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY menyelenggarakan edukasi safety riding kepada 75 perwakilan komunitas sepeda motor se-DIY di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, Selasa (12/10/2021). 

“Tujuan pengendara sepeda motor di jalan raya hanya satu yakni selamat sampai tujuan, dan kita sebagai pengendara yang baik harus taat aturan lalu lintas,” ujar Iwan Saktiadi, Dirlantas Polda DIY Yogyakarta.

Baca Juga : Pebalap Astra Honda, Mario Aji Siap Debut Balapan di Grand Prix Moto3

Dalam edukasi safety riding kali ini dibahas beberapa segmen. Dimulai dengan pembukaan oleh Dirlantas Polda DIY yang diikuti teori dan praktek mengenai keselamatan berkendara yang baik dan benar dengan menaati aturan lalu lintas. 

Selain itu, instruktur safety riding Astra Motor Yogyakarta juga berbagi ilmu mengenai pentingnya komunitas sepeda motor untuk menjadi contoh dan role model keselamatan dalam berkendara di jalan raya. 

Hal itu dapat dimulai dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, saling menghargai sesama pengguna jalan dan juga selalu mematuhi aturan lalu lintas. 

Edukasi safety riding kali ini ditutup dengan penobatan peserta menjadi duta safety riding oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda DIY Arief Murtadlo dan Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal dengan penyerahan helm secara simbolis. 

“Dalam berkendara sepeda motor di jalan raya yang paling utama adalah etika dalam berkendara. Hal ini merupakan dasar dari skill berkendara, mengingat tanpa etika berkendara yang baik, maka resiko kecelakaan akan semakin dekat dengan setiap pengendaranya,” ungkap Muhammad Ali Iqbal, Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.