Berita Nasional Terpercaya

Bagaimana Cara Menerapkan Technical SEO? Berikut Tipsnya

0

BERNAS.ID – Technical SEO adalah teknik dalam optimalisasi SEO selain dari SEO On page dan SEO Off page yang berguna untuk menyusun dan memperbaiki struktur website Anda agar sesuai dengan kaidah SEO. Hal ini berisi tentang hal-hal teknis yang ada pada website Anda.

Untuk dapat menerapkan Technical SEO silahkan baca tips dibawah ini:

Apa itu Technical SEO?

Technical SEO adalah salah satu cara dalam mengoptimasi website dan server yang bisa membantu dalam proses crawling atau disebut juga perayapan oleh search engine/mesin pencari seperti Google, agar dapat diindeks di halaman penelusuran. Hal ini tentu bisa membantu meningkatkan peringkat website secara organic.

Pada proses Technical SEO tidak lepas dari Web Crawler.

Apa itu Web Crawler?

Web crawler mempunyai banyak sebutan seperti perayap web, bot dan lainnya. Web crawler merupakan perangkat lunak atau software yang dibuat dengan tujuan untuk merayapi atau mengunjungi website anda dan menyimpan informasi tersebut untuk di indeks oleh search engine, seperti Google.

Apa itu Proses Indexing?

Indexing adalah sebuah proses search engine di dalam menyimpan dan memproses sebuah informasi yang telah ditemukan ke dalam indeks, database besar dari semua konten yang telah ditemukan.

Mengapa Website Anda Perlu Technical SEO?

Seperti yang sudah dijelaskan, ketika Anda melakukan technical SEO artinya Anda sudah membantu search engine di dalam melakukan pendataan pada website Anda. Karena dengan proses itu maka data yang dimiliki oleh mesin pencari tentang website Anda akan menjadi lebih lengkap dan detail.

Baca Juga : Tips Untuk Mendapatkan Peringkat Pertama Google SEO

Pada intinya dengan Technical SEO ini dapat memudahkan website Anda mencapai posisi atau peringkat terbaik di halaman hasil pencarian di search engine.

Faktor-faktor pada Technical SEO

Berikut ini beberapa faktor pada technical SEO di dalam mengoptimalkan SEO pada website secara lebih maksimal :

1. Jangan Membuat Isi Konten yang Terlalu Sedikit

Konten yang memiliki isi terlalu sedikit ini disebut thin content. Thin content ialah konten yang memiliki value atau manfaat yang terlalu sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki value/manfaat bagi penggunanya. 

Hal ini akan membuat search engine seperti Google yang menganggap halaman berkualitas rendah, doorway, halaman dengan konten yang sedikit memiliki manfaat sebagai thin content. Thin content bisa merusak ranking pada website Anda secara keseluruhan.

Jadi sebaiknya Anda mencari dan memperbaiki konten anda yang dirasa mengandung thin content.

2.  Install Plugin SEO

Langkah berikutnya untuk mempermudahkan Anda meraih rating website tertinggi adalah dengan memasang atau instalasi plugin, yang terkenal dan bagus adalah Yoast SEO. Plugin Yoast SEO ini tersedia bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress.

Plugin ini memiliki banyak sekali fitur yang menguntungkan bagi pemilik website dan bisa meningkatkan kualitas pada SEO website Anda. Ada beberapa fitur yang sangat bagus yaitu adalah fitur analisis konten. 

Fitur ini berguna untuk memberikan warning atau peringatan kepada Anda saat konten yang anda buat belum memenuhi standar SEO yang baik. Ada juga fitur Yoast SEO lainnya yaitu, seperti panjang pendeknya artikel yang anda buat, penggunaan sub heading, panjang pendeknya kalimat dan lainnya.

3. Gunakan Google Webmaster Tools

Cara lainnya adalah dengan memasang website di Google Webmaster Tools atau biasa disebut Google Search Console. Kegunaannya adalah untuk memantau hal apa saja pada domain yang Anda punya di dalam memberikan link pada sebuah website. 

Tools ini juga membantu kinerja website di perangkat mobile dan juga memberikan gambaran analisis terhadap website yang mempunyai trafik tertinggi.

4. Buat Sitemap

Sitemap adalah sebuah daftar yang berisi dari keseluruhan halaman website anda yang telah di setting, dan diijinkan untuk bisa diakses oleh mesin browser dan pengunjung. 

Dengan Sitemap ini akan membuat website anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan bisa terindeks dengan lebih cepat. 

Sitemap terdiri dari 2 jenis yaitu XML yang digunakan untuk diakses oleh mesin browser/pencari dan HTML yang bisa diakses oleh pengunjung.

5. Tingkatkan Kecepatan Website dan User Experience

Kecepatan loading website adalah salah satu indikator penting dalam mencapai posisi terbaik di mesin pencari seperti Google. Orang akan menjadi malas membuka dan mengunjungi yang loadingnya lambat untuk membuka halaman penuh. 

Ini bisa berakibat fatal = Bounce Rate menjadi tinggi. Maka dari itu, anda harus meningkatkan kecepatan website Anda agar tidak mengalami loading yang lambat yang berpotensi pengunjung akan meninggalkan website Anda.

6. Gunakan SSL

SSL = Secure Sockets Layer merupakan fitur teknologi keamanan yang membuat tautan terenkripsi antara web dan browser. Anda dapat mengetahui website itu menggunakan SSL atau tidak dengan cara jika website dimulai dengan “https//” menandakan website tersebut sudah menggunakan SSL.HTTPS. 

Ini aman untuk digunakan serta disarankan untuk digunakan selain untuk keamanan juga dapat membuat website anda menjadi lebih terpercaya di mata user.

Sekian pembahasan tentang Technical SEO, Semoga Bermanfaat.

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.