Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Dorong Optimalisasi Potensi Wisata Toba

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meresmikan International Conference Heritage of Toba: Natural & Cultural Diversity, yang dilangsungkan secara daring dan luring di TB Silalahi Center, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengungkapkan, sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan dan melestarikan wisata Toba, penting untuk menyatukan visi dan misi, serta kolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk memberikan dampak ekonomi yang luas.

“Untuk menjaga keberlanjutannya dan melestarikan aset dunia, Toba perlu menyatukan visi, berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, sehingga dapat memberikan dampak positif ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan bagi masyarakat dengan program yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu,” kata Sandiaga lewat siaran pers, Kamis (14/10/2021).

Ia berharap, International Conference Heritage of Toba, dapat menciptakan inovasi dan terobosan baru dalam pengembangan destinasi super prioritas sebagai destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan.

“Besar harapan saya kegiatan ini dapat menciptakan inovasi dan terobosan baru dalam pengembangan destinasi super prioritas Danau Toba sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan. Untuk itu, kita harus ‘gercep’ gerak cepat, ‘geber’ gerak bersama, dan ‘gaspol’ garap semua potensi agar lapangan kerja terbuka seluas-luasnya,” ujarnya.

Baca juga: Gercep! Sandiaga Uno Kunjungi Bali untuk Persiapan Destinasi Super Prioritas

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani menjelaskan, dengan mengedepankan kearifan lokal dan pelestarian lingkungan diharapkan bisa mempertahankan dan menguatkan produk wisata yang ada di Toba.

Dengan demikian wisatawan tidak hanya datang untuk berwisata tapi juga memberikan kontribusi dalam pemanfaatan lingkungan, berkontribusi terhadap pengembangan, dan konservasi budaya.

“Kami juga sudah membuat travel pattern atau jalur wisata tematik, supaya segmentasinya lebih jelas. Mungkin ada yang datang ke sini karena hanya ingin melihat Danau Toba saja, dan length of stay-nya hanya sehari atau dua hari. Tapi ketika kita membuat ini menjadi tematik, lebih bisa menarik minat masyarakat sehingga length of stay-nya juga akan jauh lebih lama,” ujar Rizki.

Jalur wisata tematik atau travel pattern Kaldera Toba telah dirampungkan pada 2020 oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), dengan mengusung tiga tema yaitu eco culture, eco nature, dan eco science.

Jalur eco nature melingkupi Air Terjun Sipiso Piso, Lisa Andi Leo’s Organic Coffee, Pusuk Buhit Mountain, Taman Wisata Kera Sibaganding, dan Taman Eden 100 Tobasa.

Sementara untuk jalur eco culture meliputi Lumban Suhi Suhi Toruan, Istana Makam Raja Sisingamangaraja, Sentra Ulos Desa Meat, Museum Batak TB Silalahi, Makam Tua Raja Sidabutar, dan Museum Huta Bolon Simanindo.

Untuk jalur eco science terbagi empat subjalur yang masing-masing memiliki jalurnya sendiri. Subjalur itu adalah Kaldera Porsea, Kaldera Haranggaol, Kaldera Sibandang, dan Pulau Samosir.

Selanjutnya, pada 2022 akan dilanjutkan dengan pembuatan storytelling, interpretasi, serta pelaksanaan uji trail pada tiga tema tersebut. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.