Berita Nasional Terpercaya

Jelang Libur Maulid Nabi, Tak Ada Peningkatan Reservasi Hotel di DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID —Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY mengungkapkan, belum ada peningkatan reservasi hotel yang signifikan menjelang libur Maulid Nabi 2021. Menurut Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan hingga saat ini tingkat reservasi masih biasa saja. 

“Masih landai, belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Biasa naik kalau long weekend dibanding hari biasa,” kata Deddy, Jumat (15/10/2021).

Menurut Deddy, pada hari biasa untuk hotel bintang tiga sampai lima okupansi rata-rata 20% – 40%. Sedangkan untuk bintang dua ke bawah rata-rata okupansi antara 5% – 20%. Sementara untuk weekend bintang tiga sampai dengan lima pada kisaran 60% – 80%, untuk bintang dua ke bawah antara 20% – 40%.

“Pekan ini masih sama reservasinya kisaran itu. Namun, kami berharap ada kenaikan nanti,” jelasnya.

Baca juga: PHRI DIY Beri Peringatan Pelaku Usaha Pelanggar Aturan PPKM

Dirinya menilai dimungkinkan belum meningkatnya reservasi ini, karena pengaruh kebijakan Pemerintah terkait pemindahan hari libur dan adanya larangan cuti, yang menurutnya kurang pas.

“Bagi kami itu kebijakan yang lucu,” ujarnya.

Ia berharap pada kondisi saat ini kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah tidak berubah-ubah dan perlu didukung adanya sosialisasi, serta solusi. Seperti aturan bus tidak boleh masuk Kota Jogja dan penutupan portal di pantai kawasan Gunungkidul. Menurutnya terbatasnya objek wisata yang dibuka saat ini, turut mempengaruhi rendahnya okupansi. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.