Berita Nasional Terpercaya

Ini Perbedaan SEO dan SEM

0

BERNAS.ID – Perbedaan dan Manfaat SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah dua hal yang harus ada dalam digital marketing, keduanya sangat berkaitan. SEO dan SEM adalah sebuah tools yang dapat mengefektifkan kegiatan digital marketing Anda. Keduanya sangat penting namun memiliki perbedaan.

Apa Perbedaan keduanya?

Search Engine Marketing VS Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) dapat diartikan sebagai sebuah proses optimasi terhadap sebuah website dengan segala aspeknya seperti isi konten, sistem, dan lainnya. 

Tujuannya adalah agar sebuah website bisa muncul dan menduduki peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google. Jika ingin mendapatkan lebih banyak trafik atau pengunjung yang tinggi pada website dan lebih banyak calon pelanggan potensial, maka SEO adalah salah satu cara yang harus dilakukan.

Baca Juga : Tips Sukses dalam Melakukan SEO On Page

Search Engine Marketing (SEM) adalah suatu bentuk pemasaran online di internet melalui kegiatan promosi sebuah website dengan jalan meningkatkan visibilitas website tersebut sehingga bisa muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google (SERP).

SEM juga mencakup teknik SEO dan juga ada beberapa teknik marketing lainnya. Selain mengoptimalkan untuk mesin pencari, SEM juga menyertakan penggunaan pencarian atau penelusuran berbayar sebagai komponen yang paling utama (SEM membutuhkan sejumlah uang untuk promosi). 

Beberapa contohnya seperti bayar biaya per klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan seperti Google Ads. Sebagian besar berbentuk kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Jadi anda membutuhkan sejumlah nominal uang agar website anda bisa tampil di halaman atas mesin pencari. 

Semakin tinggi uang yang anda keluarkan maka semakin tinggi pula posisi website anda akan muncul di halaman pencarian seperti google.

Pada dasarnya SEO hanya mengandalkan keywords supaya website Anda dapat dijangkau oleh pengguna mesin pencari, maka SEM bertugas untuk memaksimalkan kinerja SEO namun ada membutuhkan sejumlah uang.

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

– Manfaat pertama SEO ialah mendatangkan trafik positif. 

Menggunakan SEO maka akan membuat website Anda teroptimasi dengan sangat baik, sehingga akan muncul di halaman teratas dan lebih mudah dicari atau ditemukan oleh user di mesin pencarian seperti google. 

Hal ini berimplikasi kepada pengunjung/trafik website anda semakin meningkat, jadi semakin banyak orang yang mengunjungi website anda, sudah bisa dipastikan akan semakin banyak juga calon konsumen potensial yang anda peroleh hingga akhirnya menjadi pelanggan setia.

– Manfaat yang kedua adalah mendapatkan database konsumen secara gratis. 

Saat menjalankan SEO, Anda akan lebih mudah mendapatkan data-data konsumen dan itu gratis. Data ataupun kontak konsumen tersebut diperlukan agar anda dapat menghubungi mereka dengan mudah. 

Selain itu juga dengan adanya data konsumen tersebut akan dapat mempermudah Anda saat memberikan informasi tentang produk terbaru dan promosi yang bisa anda tawarkan di kemudian hari.

– Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan brand awareness. 

Penggunaan SEO ini juga bermanfaat untuk dapat meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Brand awareness adalah kemampuan calon konsumen untuk mengenali dan mengingat merek sebuah produk. 

Semakin terkenal produk tersebut, berdampak semakin tinggi intensitas penjualannya.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

– Menggunakan iklan berbayar akan menguntungkan untuk mendapatkan konsumen. Sebab bisa dipastikan dengan SEM website Anda akan tampil di tempat yang tepat.

– Penggunaannya sangat mudah dikontrol, juga bisa disesuaikan dengan biaya dan jangka waktu yang ditentukan.

– Manfaat lainnya adalah pencapaian target yang mudah, sebab fokusnya terhadap target pemasaran. Target yang lebih relevan dan spesifik dapat membuat produk atau website akan lebih mudah dipromosikan.

Kualitas trafik juga akan meningkat dan memberikan keuntungan yang berlipat. Selain itu cakupan pelanggan akan lebih luas, sebab tidak hanya terfokus pada satu titik, namun ke berbagai lokasi lainnya.

– Kontrol dapat dilakukan secara menyeluruh, sebab SEM bertugas sebagai sarana promosi yang memungkinkan kesempatan untuk Anda bisa mengontrol, mulai dari timeline, biaya sampai pada hasil yang ingin diraih. Anda juga bisa melakukan pemilihan jenis iklan dan keyword yang sesuai. 

Tujuannya adalah agar supaya produk/website anda dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal.

Semoga informasi di atas dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi Anda para pelaku bisnis digital. Silahkan Anda bisa menentukan akan menjalankan SEO, SEM atau Anda dapat menjalankan keduanya secara beriringan, sebab keduanya sama-sama penting.

Sekian pembahasan SEO vs SEM, Semoga Bermanfaat.

 

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.