Berita Nasional Terpercaya

Cara Menggunakan Ahrefs Secara Gratis

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

BERNAS.ID – Ada informasi untuk anda, jika Ahrefs memberikan layanan gratis untuk layanan site audit & site explorer. Ahrefs adalah tools SEO yang sangat bermanfaat sekali, untuk melihat backlink, traffic, referring domain, rank tracker & keyword research. Ya tidak semua layanan tersebut gratis, hanya Site audit & Site Explorer saja yang gratis.

Oke kita langsung menuju saja ke Ahrefs versi gratis ini disebut Ahrefs Webmaster Tools, ini bisa dikatakan merupakan google search console versi ahrefs. Menurut pantauan kami Ahrefs webmaster tools ini menunya lebih lengkap jika dibandingkan dengan google search console, mengapa demikian? Ya sebab ini versi fullnya adalah layanan berbayar. Untuk trialnya saja dipatok harga sebesar 7$ dan itu hanya selama satu minggu.

Lalu Fitur Apa Saja didapatkan di Ahrefs Webmaster Tools?

Site Audit

Site audit berfungsi memeriksa keadaan kesehatan website anda (health score) dan melaporkan apabila ada masalah pada website anda. Jumlah pages yang akan di crawle hanya terbatas 5.000 pages per project setiap bulannya. Di Site Audit Ahrefs, selain anda mendapatkan laporan tentang health score dan issue, anda juga akan dijelaskan bagaimana cara mengatasinya, spesifik dengan laporan URL bagian mana yang bermasalah.

Baca Juga : Cara Menghindari Bencana SEO Saat Mendesain Ulang Situs Website Anda

Anda juga bisa mengexport hasil site audit menjadi csv atau excel. Site Audit terdiri dari laporan tentang keadaan onpage SEO anda seperti title, description, heading tag, dan lain-lain. Bukan hanya itu, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai internal links, redirect, outbound link, duplicate content, hingga ke page speed performance.

Site Explorer

Site explorer memudahkan anda untuk melihat semua hal menyangkut matriks website anda. Biasanya site explorer ini digunakan melihat jumlah backlink, Domain rating, URL rating, jumlah referring domain, jumlah organic keywords, dan anda juga bisa melihat pages mana saja yang mempunyai performa terbaik di website anda.

Anda juga bisa melihat keyword gap antara anda dan competitor anda. Site Explorer juga dimanfaatkan untuk melihat perkembangan backlink, perkembangan organic keyword, dan konten apa yang sangat perform di website anda.

Kok Ahrefs Gratis, bagaimana yang sudah Berlangganan?

Ini Bedanya! Perbedaan paling utama dari ahrefs berbayar & ahrefs gratis adalah terletak di kepemilikan website. Jika website tersebut bukan milik anda, maka anda tidak dimungkinkan atau tidak bisa melihat isi dari site explorer website itu, otomatis tidak dapat melihat top page, top keyword, backlink profile dari website orang lain tersebut. 

Nah, di ahrefs versi gratis ini, yaitu ahrefs webmaster tools, anda tidak dimungkinkan melakukan kegiatan keyword research menggunakan keyword explorer miliknya ahrefs, sebab dengan keyword explorer ahrefs ini sangat powerfull dan untuk menggunakannya, anda harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Beberapa keuntungan ahrefs webmaster tools untuk yang berlangganan:

Keyword Ranking Top 20

Anda mendapatkan upgrade dari yang sebelumnya hanya bisa melihat top 10 keyword di site explorer, kini anda bisa melihat top 20 keyword di site explorer!

Unlimited Projects

Anda bisa merasakan fitur Unlimited Projects ini, dengan syarat akun anda yang terdaftar di ahrefs sama dengan akun anda di google search console yang isinya website klien dan telah diverifikasi.

Additional Budget Limit Crawl

Sebab versi gratis hanya mendapatkan budget limit crawl sebanyak 5.000 pages per project setiap bulan, maka hal itu juga didapatkan untuk pelanggan ahrefs versi berbayar. Apabila budget limit anda 10.000, maka anda akan mendapatkan budget limit tambahan sebanyak 5000, terapi budget tersebut hanya bisa untuk project yang sudah verified oleh search console.

Sekian pembahasan seputar Cara Menggunakan Ahrefs Secara Gratis, Semoga Bermanfaat.

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.