Berita Nasional Terpercaya

Ini 8 Indikator SEO

0

BERNAS.ID – Dalam melakukan SEO (Search Engine Optimization) terdapat  beberapa indikator utama, agar dapat mengoptimalkan halaman website anda serta dapat bersaing dan mendapat posisi terbaik di halaman depan pencarian.

Berikut ini penjelasan beberapa indikator tersebut:

1. Menentukan Topik Konten

Hal terpenting dari sebuah halaman website adalah menentukan topik yang ingin anda kuasai. Agar bisa mendapatkan konten yang menarik dengan trafik yang besar, maka sebaiknya untuk melakukan keyword research terlebih dahulu supaya mendapatkan informasi secara lebih detail dan yang relevan dengan bisnis anda.

2. Menentukan Search Intent

Indikator berikutnya ialah dengan menentukan search intent terlebih dahulu. Search intent sendiri adalah pembagian kata kunci berdasarkan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Terdapat 4 macam search intent, meliputi:

a. Informational, ini untuk kebutuhan ketika memberikan berbagai informasi topik secara luas.

Baca Juga : Cara Menggunakan Ahrefs Secara Gratis

b. Navigational, ini untuk mengarahkan kata kunci pada nama perusahaan / branding langsung.

c. Commercial Investigation, ini untuk kebutuhan yang bersifat komersial & membandingkan dua produk.

d. Transactional, adalah kata kunci yang digunakan untuk kebutuhan dan meningkatkan nilai konversi bisnis.

3. Membuat Struktur Konten

Selanjutnya membuat struktur konten yang baik dan sesuai dengan prinsip penulisan artikel yang baik. Kebanyakan orang akan menggunakan prinsip 5W + 1H. 

Tidak lupa untuk membuat heading structure, menambah gambar, video dan infografis lainnya untuk menunjang konten yang telah anda buat.

4. Struktur URL

Indikator ini juga harus diperhatikan yaitu pembuatan struktur URL yang benar dan sesuai dengan topik yang dibahas. Dan pastikan juga untuk membuat slug atau permalink yang mengandung keyword utama dari halaman konten website anda.

5. Penggunaan SSL/TLS

Sejak tahun 2014 lalu, Google telah memprioritaskan website yang selalu menggunakan SSL/TLS. Dengan adanya SSL akan bisa meningkatkan keamanan data pengguna sebab telah dienkripsi ketika proses transfer data yang dilakukan pada website anda. 

Sertifikat SSL adalah (Secure Socket Layer), ini sangatlah penting dalam mengoptimalkan website anda. Cara untuk mengetahui apakah website anda mempunyai SSL/TLS atau tidak ialah dengan cara melihat URL website anda. 

Jika masih menggunakan HTTP, maka website anda sudah dipastikan tidak mempunyai SSL/TLS. Tetapi apabila mempunyai bukti sertifikat pasti URL anda akan berawalan HTTPS.

6. Menambahkan Meta Tags

Indikator yang berikut adalah menambahkan meta title dan description. Hal ini sangat penting karena untuk membantu Google didalam mengenali halaman website anda. 

Dalam pengerjaannya juga terdapat banyak aturan penting yang harus diperhatikan, yang mana tidak boleh menuliskan meta title dan description dalam jumlah yang banyak.

7. Menambahkan Backlink

Semakin banyak backlink yang anda dapatkan, maka Google akan menganggap website anda mempunyai kredibilitas yang sangat tinggi. Harus dipastikan backlink yang didapatkan berasal dari blog atau website yang berkualitas. 

Jadi maksud dari backlink adalah situs link website yang anda miliki akan berada pada website lain dan menjadi bentuk rekomendasi terhadap situs anda, dimana ini berpengaruh kepada kekuatan dan kepopuleran halaman website anda.

8. Mengoptimalkan Kecepatan Website

Untuk indikator terakhir ini, merupakan hal yang terpenting juga untuk dilakukan. Sejak tahun 2018 Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading website baik pada desktop maupun mobile termasuk di dalam salah satu indikator SEO. 

Semakin cepat website anda, maka semakin baik pula performa website anda maka semakin mudah untuk mendapatkan ranking pada halaman pencarian di search engine.

Sekian pembahasan tentang indikator SEO, Semoga Bermanfaat.

 

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.