Berita Nasional Terpercaya

Kekuatan Anchor Text dalam SEO

0

BERNAS.ID – Anchor text adalah nama teknis untuk sebuah kata atau beberapa kata yang digunakan dalam tautan dari satu halaman itu ke halaman web lainnya (menghubungkan halaman antar halaman dalam bacaan artikel). 

Biasanya anchor text sering ditulis dengan kata “Klik Di Sini”. Tetapi akan lebih baik dan bagus lagi jika anchor text ditulis seperti ini “Rumah Murah” daripada ditulis klik disini. Anchor text seperti ini: “Klik Di Sini” biasanya diabaikan oleh Google untuk tujuan  peringkat. Tetapi anchor text seperti “Rumah Murah” lebih baik dan bagus digunakan sebab bisa membantu dalam mendapatkan peringkat untuk halaman web anda, karena halaman yang ditautkan ke frasa pencarian Kata kunci/keyword 'Murah'.

Google menggunakan anchor text untuk tujuan peringkat, apalagi mengandung kata kunci pada anchor text tersebut dan bukan menggunakan kata klik di sini. Meskipun rasio Anchor Text dianggap penting oleh banyak SEO untuk peringkat di Google, namun tetap memperhatikan aturan yang ditetapkan google.

Baca Juga : Cara Riset Keyword

SEO telah meneliti jutaan hasil pencarian dan menemukan rasio anchor text biasanya untuk situs web peringkat teratas. 

Apakah rasio anchor text ini kunci utama untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dan menghindari penalti? Pendiri Google, Sergey Brin dan Lawrence Page menulis makalah penelitian pada tahun 1998 yang menggambarkan pendekatan PageRank inovatif Google. 

Makalah penelitian tersebut berjudul, The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine. Makalah penelitian menjelaskan logika menggunakan anchor text untuk tujuan peringkat: “Teks yang mengandung tautan diperlakukan secara khusus di mesin telusur kami. Sebagian besar mesin telusur mengaitkan teks tautan dengan laman tempat tautan itu berada. Selain itu, kami mengaitkannya dengan laman yang dituju pada tautan tersebut.”

Dalam kutipan berikut, di mana pendiri Google menggunakan kata “hits”, yang mereka bicarakan adalah kata kunci yang ditemukan di dalam halaman web. Kami memperhitungkan hits dari anchor text dan dokumen PageRank.

Menggabungkan semua informasi ini ke dalam sebuah peringkat itu sulit. Kami merancang fungsi peringkat kami sehingga tidak ada faktor tertentu yang dapat terlalu berpengaruh. 

Pertama, pertimbangkan yang paling sederhana case: kueri satu kata. Untuk menentukan peringkat dokumen dengan kueri satu kata, Google melihat daftar sasaran dokumen untuk kata itu. Google menganggap setiap klik sebagai salah satu dari beberapa jenis yang berbeda (judul, anchor text, URL, teks font besar, teks biasa font kecil, dan lainnya), yang masing-masing memiliki bobot jenisnya sendiri. 

Bobot jenis membentuk vektor yang diindeks menurut jenisnya. Google menghitung jumlah klik dari setiap jenis dalam daftar sasaran. Kemudian setiap hitungan diubah menjadi hitungan besar. Hitungan bobot meningkat secara linier dengan hitungan pada awalnya tetapi dengan cepat berkurang sehingga lebih dari hitungan tertentu itu tidak akan membantu.

Sekian pembahasan Kekuatan Anchor Text dalam SEO, Semoga Bermanfaat.

 

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.