Berita Nasional Terpercaya

Ajang Penghargaan Musik Kpop Bergengsi MAMA 2021 Segera Digelar

0

Bernas.id – MAMA atau Mnet Asian Music Awards adalah ajang penghargaan musik Kpop bergengsi yang dipelopori oleh agensi hiburan Korea CJ ENM. Mama biasanya ditayangkan di stasiun televisi lokal Korea Selatan, Mnet.

Dari sejarahnya, ajang MAMA pertama kali digelar pada tahun 1999 yaang saat itu masih diberi nama Mnet Music Video Festival. Lalu di tahun 2014, ajang tersebut berganti nama menjadi Mnet KM Music Video Festival dan berubah lagi menjadi “Festival Musik Mnet KM” pada tahun 2006.

Lalu di tahun 2009, ajang tersebut muncul dalam format baru dan berganti nama lagi menjadi “Mnet ASIAN MUSIC AWARDS”.

Setelah tahun  2010, ajang MAMA juga disiarkan di Macau, Singapura, dan Hong Kong dan bermetamorfosa menjadi ajang penghargaan musik global, bukan hanya musik Kpop saja.

Pada tahun 2017, upacara penghargaan MAMA diadakan di Vietnam, Jepang, dan Hong Kong.Lalu  di tahun 2018, MAMA diadakan di tiga lokasi berbeda di Asia dalam rentang waktu seminggu yaitu Korea, Jepang, dan Hong Kong. Hal ini membuat ajang MAMA menjadi salah satu acara penghargaan musik terbaik di Asia.

MAMA 2021

Pada tahun ini, ajang MAMA akan digelar pada 11 Desember mendatang. MAMA 2021 akan dipandu oleh salah satu artis Kpop paling ikonik, yaitu  Lee Hyori.

Pada 3 November 2021, MAMA mengumumkan daftar nominasinya melalui live streaming di YouTube. Artis Kpop yang masuk dalam nominasi MAMA di tahun 2021 antara lain BTS, IU, LISA dan ROSÉ BLACKPINK, KAI EXO, BAEKHYUN, dan D.O., KANG DANIEL, AESPA, ITZY, ENHYPEN, TXT, DAY6, NCT 127, SEVENTEEN, TWICE, dan masih banyak lainnya.

Band asal Inggris Coldplay juga masuk nominasi dalam MAMA 2021 berkat single berjudul 'My Universe,' yang merupakan hasil kolaborasi dengan idol grup Kpop BTS.

Kriteria Penilaian MAMA

Tahun ini, hanya dua kategori yang penilaiannya ditentukan secara total melalui voting yaitu kategori  Worldwide Icon of the Year dan Worldwide Fans' Choice Top 10. Proses voting untuk kategori tersebut sudah dibuka sejak tanggal 4 November dan ditutup pada 11 Desember 2021.

Berdasarkan data tertulis yang diterima Bernas.id, para penggemar Kpop di seluruh dunia bisa turut serta dalam voting melalui media sosial twitter dengan menge-Tweet tagar #MAMAVOTE dan #namaartis yang masuk daftar nominasi. 

Sementara itu, pemenang penghargaan Artist of the Year, Song of the Year, dan Album of the Year akan ditentukan berdasarkan penilaian juri, penjualan album fisik, data musik digital, dan sejenisnya. Berikut indikator penilaian dalam ajang MAMA 2021:

Kategori Artist of the Year dan Artist Category Awards

  • 40% penilaian juri
  • 20% kinerja digital
  • 20% penjualan album fisik.
  • 10% video musik
  • 10% platform musik global

Kategori Song of the Year dan Song Genre Category Awards

  • 40% penilaian juri
  • 30% kinerja digital
  • 10% penjualan album fisik
  • 10% video musik
  • 10% platform musik global

Kategori Album of the Year

  • 40% penilaian juri
  • 10% kinerja digital
  • 40% penjualan album fisik
  • 10% platform musik global.

Acara penganugerahan MAMA 2021 juga akan disiarkan secara live melalui akun twitter @MnetMAMA. Untuk membantu para penggemar memperingati penghargaan tahun 2021, Twitter akan menyediakan emoji khusus untuk tagar #2021MAMA, #MAMAVOTE, dan #Stanbot.

Tahun 2020 silam, ajang MAMA berhasil mencapai puncak trending topik di twitter seluruh dunia an di 68 pasar termasuk Amerika Serikat, Jepang, Brasil, Inggris, dan Thailand. 

Lebih dari 126 juta orang menge-tweet topik mengenai ajang MAMA sejak awal voting untuk kategori “Worldwide Fans' Choice” MAMA hingga 6 Desember, hari #2020MAMA. Ajang MAMA 2021 juga diharapkan mengikuti kesuksesan yang sama. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.