Berita Nasional Terpercaya

Vaksinasi Dosis Kedua di Sleman Terus Digencarkan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kabupaten Sleman sedang menggencarkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua agar melebihi target seperti vaksinasi dosis pertama. Saat ini, untuk dosis kedua sudah mencapai 72 persen. Diketahui, Dinas Kesehatan Sleman menargetkan kekebalan komunal tercapai pada akhir November 2021.

Kustini Sri Purnomo pun meninjau langsung program vaksin dosis kedua Covid-19 di di Masjid Agung Gamping Sleman. Ia juga tak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Saya imbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya karena saat ini Sleman masih menerapkan PPKM level 2,” tuturnya, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga Pemerintah Tambah Stok Vaksin Percepat Vaksinasi Jelang Nataru

Bupati Sleman mengatakan peninjauan langsung yang dilakukan juga sebagai salah satu upaya untuk memotivasi masyarakat agar ikut vaksinasi. “Kami ingin melihat secara langsung prosesnya dan memberikan dukungan dan motivasi kepada masyarakat agar tidak takut untuk divaksin,” ujarnya.

Ia mengatakan vaksinasi dosis kedua akan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten melalui kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat. “Vaksin dosis kedua ini akan terus digencarkan,” katanya.

Baca Juga Forum CSR Vaksinasi Ribuan Warga Ngemplak dan Kalasan Sleman

Diketahui, penularan virus Covid-19 dari Klaster Takziah di Sedayu, Bantul meluas sampai ke tiga kabupaten lain di Yogyakarta seperti Sleman, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Hasil tracing per 5 November 2021 menemukan 69 orang warga Sleman positif Covid-19 dari klaster takziah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama memaparkan data wilayah sebaran pasien, yaitu di 6 Kapanewon. Ia menyebut temuan kasus terbanyak di Godean dengan 31 orang yang positif.

Untuk di Kapanewon Gamping, lanjut Cahya, tercatat 16 kasus. Lalu, di Moyudan tercatat 9 kasus, kemudian di Minggir 6 kasus, serta di Seyegan tercatat 6 kasus. Di Ngaglik tercatat 1 kasus dan di Depok tercatat 1 kasus. 

“69 warga Sleman itu, terdiri dari 47 laki-laki dan 22 perempuan. Saat ini, mereka sudah isolasi di Isoman dan Isoter,” ucapnya, Sabtu (6/11/2021).

Ia mengingatkan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, 5M. “Pakai masker, kurangi mobilisasi yang tidak penting, dan menghindari kerumunan,” tuturnya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.