Berita Nasional Terpercaya

12,8 Juta UMKM Akan Mendapatkan Banpres Produktif

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah menargetkan 12,8 juta UMKM akan mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BLT UMKM sebesar Rp 1,2 juta.

Eddy Satriya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan BLT UMKM ke 12,7 juta pelaku UMKM.

Menurutnya, masih ada 100.000 pelaku UMKM yang ditargetkan untuk mendapatkan BLT UMKM masing-masing Rp 1,2 juta.

Baca Juga : Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Via Handphone

Penyaluran Banpres produktif ini akan dilakukan hingga pertengahan November 2021. “Rencana pertengahan November ini,” ujar Eddy, Jumat (5/11/2021).

Eddy menyampaikan, bahwa penerima BLT UMKM harus memenuhi kualifikasi agar bisa mendapatkan bantuan. Diantaranya adalah harus berkewarganegaraan Indonesia (WNI) ditandai dengan memiliki KTP, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM, dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, dan pegawai BUMN.

“Jadi nanti memang ada verifikasinya. Setelah mendaftar baru dicek apakah benar-benar layak atau tidak,” terang Eddy.

Baca Juga : Cara Mendaftar, CEK Penerima, dan Pencairan  BLT UMKM Tanpa Antre

Dia menambahkan, pelaku UMKM yang belum memiliki rekening masih bisa tetap mendaftar. Sebab, nantinya pelaku UMKM yang dinyatakan berhak menerima bantuan akan dibuatkan rekening oleh salah satu bank penyalur.

Adapun lembaga penyalurnya di tahun ini telah ditambah dari semula hanya Bank BRI dan BNI, kini ditambah dengan Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan PT Pos. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.