Berita Nasional Terpercaya

Peringati Hari Pahlawan, RAPI Sleman Tekankan Nasionalisme dengan Ziarah

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kusumanegara Yogyakarta, Rabu 10 November 2021, jam 08.00 WIB. 

Ziarah ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan RAPI Sleman dalam rangka memperingati sekaligus 3 hari bersejarah, yaitu hari Sumpah Pemuda, HUT RAPI yang ke-41 dan Hari Pahlawan.

Hadir dalam acara ziarah segenap Pengurus Daerah RAPI DIY, Ketua Dewan Pembina dan Penasehat Organisasi Daerah RAPI DIY, Agus Sulistiyono JZ12AY, anggota DPPOD Hj. Yani Saptohudoyo JZ12BYS, Dulbali JZ12 JGG, serta Ketua RAPI DIY, Nurdi Antoro JZ12GNI. 

Baca Juga : Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Acara diawali dengan Upacara Penghormatan dengan peserta lebih dari 80 orang, dilanjutkan tabur bunga. Sebagai pembuka tabur bunga dilakukan secara bersama-sama pengurus RAPI, dilanjutkan anggota RAPI, dimulai dari makam Panglima Besar Jenderal Sudiman diteruskan ke makam pahlawan nasional lainnya. 

Ketua RAPI Sleman, Untung Sukaryadi JZ12XUS yang memimpin Upacara Ziarah dan Penghormatan kepada Pahlawan Nasional, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya ziarah adalah untuk menjadikan segenap anggota RAPI dimanapun berada dapat meneladani semangat juang para Pahlawan Nasional dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan NKRI.

Untung  menambahkan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional akan mendorong pada anggota RAPI, semakin tertanam rasa kebangsaan dan nasionalime yang tinggi. “Sehingga semakin rela berkorban demi bangsa dan negara. Meneladani dari Panglima Besar Jenderal Sudirman berjuang karena naluri, tidak berpikir tentang prestasi. Itulah nilai-nilai yang akan ditanamkan untuk relawan RAPI saat ini,” ujarnya.

Baca Juga : Peringati Hari Pahlawan, Selebgram Hits Jogja Daniel Cahya Saputra Tabur Bunga di TMP Kusumanegara

Dalam acara ziarah ini hadir pula perwakilan dari Pengurus RAPI Lokal Kecamatan seluruh Kabupaten Sleman. Juga hadir Ketua RAPI Daerah Istimewa Yogyakarta, Nurdi Antoro JZ12GNI, yang juga menyampaikan dorongan moral kepada anggota RAPI.

“Keluarga RAPI DIY, mengapresiasi suksesnya kegiatan ziarah ini, juga mengharapkan agar tauladan ngaluhur leluhur pejuang kemerdekaan ini dapat ditanamkan dalam manifestasi masa kini sebagai relawan, baik kemanusiaan kebencanaan sosial budaya saat ini. Tetap semangat untuk meneruskan jejak para pahlawan,” jelas Nurdi Antoro, yang baru 2 bulan ini menjabat sebagai Ketua RAPI DIY. 

Nurdi menambahkan, bahwa anggota RAPI ditekankan untuk mengambil suri tauladan dari para pahlawan, termasuk Panglima Jenderal Sudirman, dengan segala rekam jejaknya kepahlawanannya. 

Selain ziarah, Pengurus RAPI DIY juga  berdiskusi dengan Yayasan Keluarga Besar Panglima Besar Jenderal Sudirman di ruang pertemuan Pengelola Taman Makam Pahlawan Nasional Kusumanegara. 

Kesempatan ini pula, dimanfaatkan oleh Sekjen Yayasan, Sulistiyono menyampaikan tanggapan dengan terselenggaranya kegiatan dari RAPI ini.

“Kedepan perlu ditingkatkan untuk kepedulian kepada pahlawan nasional, terutama Panglima Besar Jenderal Sudirman, dengan bentuk Napak Tilas Perjuangan. Ini penting karena dari sanalah kita akan memahami kerasnya perjuangan,” ujar Sulistiyono

Selain kegiatan Napak Tilas, Sulistiyono juga akan berusaha mengkolaborasikan RAPI dengan kelompok masyarakat lainnya, seperti mahasiswa, TNI untuk bersama-sama menjadikan kegiatan pengenalan pahlawan nasional sebagai agenda rutin. “Hal ini demi melestarikan kepedulian semangat kebangsaan,” imbuhnya. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.