Berita Nasional Terpercaya

6 Beasiswa untuk Kuliah di Universitas Cambridge, Cocok Buat Lanjut Kuliah di Inggris

0

Bernas.id – Beasiswa kuliah di University of Cambridge untuk tahun ajaran 2022 hingga 2023 kembali dibuka. Pendaftaran beasiswa Universitas Cambridge fully funded tersebut dilakukan secara online.

Sebagai informasi Universitas Cambridge adalah universitas terbaik di dunia yang bisa kalian jadikan pilihan untuk kuliah di Inggris.

Sebagai salah satu universitas di Inggris yang bergengsi, banyak orang yang ingin mendapatkan beasiswa untuk kuliah di University of Cambridge. Bagi Anda yang juga ingin melanjutkan kuliah di University of Cambridge, berikut informasi beasiswa dan seputar kuliah di Universitas Cambridge:

Tingkat Penerimaan Universitas Cambridge

Tingkat Penerimaan Penerimaan di University of Cambridge sebesar  21%. University of Cambridge dianggap sebagai universitas di Inggris yang sangat selektif dan selalu masuk peringkat universitas terbaik di dunia.

Selain itu, universitas Cambridge menerima beberapa dari puluhan ribu mahasiswa dari berbagai belahan dunia yang ingin melanjutkan studi di universitas di Inggris tersebut. Tahun lalu saja, University of Cambridge menerima lebih dari 17.000 aplikas namun hanya 3.490 yang diterima.

Di University of Cambridge, sekitar lima mahasiswa bersaing memperebutkan satu tempat di setiap program kursus. Untuk mengakomodasi siswa-siswa cerdas yang, meskipun menunjukkan nilai akademik yang luar biasa dengan kursi di program kursus yang mereka inginkan, Universitas Cambridge menerapkan sistem daftar tunggu.

Semua keputusan terkait penerimaanUniversity of Cambridge berada di tangan staf di Kantor Penerimaan di Cambridge Colleges. Para siswa tidak memiliki kontribusi untuk ditempatkan di daftar tunggu maupun daftar siswa yang diterima. 

Sejarah University of Cambridge

University of Cambridge berlokasi di Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, tepatnya 80 mil dari utara kota London. University of Cambridge berdiri pada tahun 1209, ketika para sarjana dari Oxford bermigrasi ke Cambridge untuk menghindari kerusuhan dengan warga kota.

Untuk menghindari kemungkinan masalah, pihak berwenang di Cambridge hanya mengizinkan para sarjana di bawah pengawasan seorang master untuk tetap tinggal di kota tersebut. 

Universitas Cambridge terkenal dengan bangunannya yang unik, bahkan didalamnya terdapat Kapel King's College, gedung fakultas sejarah yang dirancang oleh James Stirling dan Gedung Cripps di St John's College.

Di sisi akademik, Universitas Cambridge memiliki lebih dari 100 perpustakaan, yang menampung lebih dari 15 juta buku secara total. Universitas Cambridge juga memiliki sembilan museum seni, ilmiah, dan budaya yang terkenal di dunia seperti Kettle's Yard dan Museum Fitzwilliam, yang terbuka untuk umum sepanjang tahun, serta kebun raya.

Dengan reputasi keunggulan akademik dan nilai-nilai ilmiah, University of Cambridge sering menempati peringkat di antara universitas paling top di dunia untuk pengajaran, penelitian, dan pandangan internasional.

Universitas Cambridge telah berhasil mendidik matematikawan, ilmuwan, politisi, pengacara, filsuf, penulis, aktor, dan kepala negara terkemuka. Sembilan puluh delapan pemenang Nobel dan 15 perdana menteri Inggris pernah tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Cambridge. Salah satu alumni Universitas Cambridge yang terkenal antara lain ilmuwan Francis Crick dan Frederick Sanger.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Inggris, Bisa Jadi Referensi untuk Lanjut Studi

Beasiswa Universitas Cambridge

University of Cambridge memberikan ratusan beasiswa kepada mahasiswanya setiap tahun baik berdasarkan prestasi maupun kebutuhan. Selain itu, beasiswa dari Universitas Cambridge ada yang  didanai penuh (fully funded) dan parsial. Berikut daftar beasiswa bergengsi yang ditawarkan oleh University of Cambridge:

1. Rowan Williams Cambridge Studentship

The Rowan Williams Cambridge Studentship adalah program yang didirikan oleh Cambridge Trust untuk mendukung siswa yang menghadapi hambatan berat untuk datang belajar di Universitas Cambridge. Beasiswa ini bersifat fully funded yang tersedia untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Komponen beasiswa yang ditawarkan mencakup biaya kuliah dan pemeliharaan, yang dalam beberapa kasus, juga akan membantu biaya dimuka siswa seperti seperti biaya perjalanan, biaya visa dan biaya kesehatan imigrasi. 

Syarat pendaftaran beasiswa

Agar memenuhi syarat, pelamar harus memenuhi syarat berikut:

  • diterima di Universitas Cambridge untuk gelar apapun;
  • berasal dari daerah ketidakstabilan atau zona konflik;
  • menjadi, atau pernah, menghadapi risiko diskriminasi, penganiayaan, penderitaan, kekerasan, atau pelanggaran hak asasi manusia lainnya.
  • Pelamar tidak perlu memiliki status Pengungsi.

2. Cambridge International Scholarship

Beasiswa bergengsi ini ditawarkan kepada pelamar yang berasal dari negara selain Inggris atau Irlandia, dalam program studi apapun di program S3 Universitas Cambridge. Beasiswa diberikan berdasarkan kemampuan akademik dan potensi penelitian, hasil ujian , dan referensi.

Situasi keuangan pelamar tidak mempengaruhi seleksi Komponen beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah, Tunjangan tahunan (cukup untuk satu orang), dan Biaya Kesehatan Imigrasi.

3. Vice-Chancellor’s Awards

Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang mengambil gelar PhD dan memiliki nilai prestasi terbaik. Komponen beasiswa yang diberikan antara lain biaya kuliah dan tunjangan pemeliharaan.

Pelamar yang ingin memulai PhD mereka di tahun akademik berikutnya harus mendaftar sebelum 2 Desember 2021 atau 6 Januari 2022, tenggat waktu mana yang sesuai untuk program studi Anda. Seleksi beasiswa ini melibatkan aspek kualifikasi akademik, referensi dan potensi penelitian. Situasi keuangan pelamar tidak mempengaruhi pemilihan pemenang beasiswa.

Baca juga: Informasi Kuliah di Inggris: Beasiswa, Universitas Terbaik, hingga Tips Lolos Seleksi

4. Cambridge Masters Studentships

Setiap tahun, Universitas Cambridge menawarkan sejumlah Cambridge Masters Studentships untuk memungkinkan pelamar dengan nilai tertinggi untuk studi pascasarjana selama satu tahun dengan total beasiswa mencapai £ 12.000 atau Rp 229 juta.

Pelamar untuk studi Magister akan memenuhi syarat untuk beasiswa terlepas dari status biaya mereka, dan dapat mendaftar untuk studi Magister dalam program studi apa pun. Pelamar yang telah memperoleh, atau akan lulus dengan, kualifikasi tingkat Master atau PhD tidak diperbolehkan mendaftar program beasiswa ini.

5. Chevening/Cambridge Scholarship

Beasiswa ini tersedia untuk pelamar yang mengambil program magister dari negara-negara di mana Beasiswa Chevening diberikan. Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global pemerintah Inggris, yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office dan organisasi mitra.

Beasiswa diberikan kepada pelajar berprestasi dengan potensi kepemimpinan, untuk mengambil program Master selama satu tahun di universitas-universitas Inggris, termasuk Universitas Cambridge. Komponen beasiswa yang diberikan antara lain biaya kuliah, biaya pembuatan visa, tunjangan tahunan, dan masih banyak lagi.

6. Commonwealth Scholarship

Commonwealth Scholarship adalah program internasional dari pemerintah Inggris untuk warga negara Persemakmuran. Commonwealth Scholarship menyediakan beberapa jenis beasiswa seperti berikut:

  • Beasiswa Persemakmuran (Cambridge) PhD atau Master (untuk pelamar dari negara berkembang Persemakmuran)
  • Beasiswa PhD Commonwealth Split-site (untuk pelamar dari negara berkembang Persemakmuran)
  • Commonwealth Shared Cambridge Scholarship untuk program master.

Nah, itulah enam beasiswa untuk kuliah di Universitas Cambridge. Program beasiswa tersebut bisa kalian coba sebagai alternatif beasiswa LPDP yang jadi idaman banyak pelajar Indonesia untuk kuliah di Luar negeri. Ada banyak jenis beasiswa yang bisa kalian coba untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, termasuk Universitas Cambridge.

Karena itu, keterbatasan biaya tak akan menjadi kendala kalian untuk mewujudkan impian. Untuk lulus pendaftaran kuliah di Inggris, Anda juga bisa menyimak artikel berikut Ingin Kuliah di Inggris dan AS, Simak 4 Tips Berikut

Leave A Reply

Your email address will not be published.