Berita Nasional Terpercaya

Peneliti Sebut Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Paslon Pilpres 2024

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Banyak pihak menduga duet Prabowo Subianto dan Puan Maharani di 2024 tidak akan hanya menjadi wacana di pilihan presiden 2024. Dugaan itu semakin menguat setelah keduanya melakukan pertemuan didampingi Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri di Istana Kepresidenan, Rabu (17/11/2021).

Wasisto Jati, peneliti Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan, pertemuan Prabowo dan Puan membuka potensi Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno untuk duet pasangan calon presiden dan wakil presiden. “Ada potensi Ganjar-Sandi menjadi paslon potensial yang diusung oleh partai-partai besar dan menengah,” katanya, Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga Sahabat Ganjar Dideklarasikan di Yogyakarta

Menurutnya, Ganjar merupakan kader partai yang memiliki tingkat elektabilitas yang cukup tinggi dibanding Puan dari partai berlambang banteng. Sedangkan, Sandiaga di Gerindra juga memiliki kondisi serupa Ganjar apalagi sempat mendampingi Prabowo menjadi calon wakil presiden pemilu 2019. “Wacana Prabowo-Puan yang semakin menguat, tidak mungkin keduanya akan dibajak oleh partai besar lain,” ucapnya.

Menurut Wasisto, skenario Prabowo-Puan ini memunculkan dua tafsir skenario. Skenario pertama, pasangan Prabowo-Puan memang merupakan harga mati sehingga menutup peluang Ganjar untuk maju dari PDIP. “Skenario kedua, Prabowo tidak punya cawapres alternatif sehingga dipasangkan dengan Puan,” katanya.

Baca Juga Relawan Pendukung Puan Maharani Capres 2024 Deklarasi dari Yogyakarta

Wasis memprediksi Pemilu 2024 hanya akan ada dua poros koalisi karena sistem pemilu serentak tidak memungkinan para parpol peserta pemilu saling menjajaki koalisi. Ia juga meyakini pada Pemilu 2024, para paslon penting memiliki popularitas sebagai alat katrol elektabilitas.

“Hal tersebut tentu masih sebatas prediksi awal karena tidak menutup kemungkinan dinamika menjelang 2024 berubah. Dinamika berjalan karena politik tidak mengenal kata 'ajeg' dalam komitmen,” tukasnya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.