Berita Nasional Terpercaya

Inspirasi Konsep dan Desain Cafe Outdoor yang Trendi

0

Bernas.id – Menilik sejarah yang ada, cafe sebenarnya sudah ada sejak abad 18 saat para pedagang dan penjelajah mengenalkan kopi ke Inggris. Secara bahasa, cafe berasal dari bahasa Perancis, cafe yang bermakna coffee atau kopi. Kala itu bisnis cafe menjamur di Eropa dengan kopi sebagai komoditasnya. Sementara itu, eksistensi cafe baru tampak di Indonesia pada tahun 1878 dengan nama Tek Sun Ho. Sama halnya dengan cafe di Eropa, Tek Sun Ho pun menyajikan kopi.

Perkembangan zaman mempengaruhi kultur cafe. Cafe yang semula hanya menyajikan menu kopi, perlahan menyediakan menu makanan lain selayaknya restoran. Selain itu, cafe yang tadinya hanya digunakan sebagai tempat bersinggah beralih fungsi menjadi tempat berbagai kegiatan. Cafe menjadi trend baru yang menjadi bagian dari gaya hidup. Oleh karena itu, cafe semakin berbenah, baik dalam menyuguhkan aneka kudapan atau memberikan visualisasi (desain) cafe yang menarik.

Salah satu desain cafe yang menyedot perhatian adalah desain outdoor. Cafe outdoor memiliki konsep ruang terbuka sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati kesegaran udara dan pemandangan di sekitar cafe.

Daftar Isi :

  1. Desain Cafe Outdoor
  2. Tips Membuka Cafe Outdoor
  3. Cafe Outdoor Trendi

Baca juga: Inspirasi Cafe Minimalis dengan Tema dan Desain Kekinian

Desain Cafe Outdoor

Cafe Outdoor Ala Rumahan

Tak dipungkiri bahwa bisnis cafe dapat menghasilkan profit yang menjanjikan. Hal ini tentu menggugah minat seseorang untuk membangun kafe tapi tidak semua orang memiliki modal yang besar. Desain cafe outdoor ala rumahan ini hadir sebagai solusi alternatif bagi bisnis kafe dengan budget minimal.

1. Unfinished Cafe Outdoor

Unfinished Cafe Outdoor

Daya tarik utama dari desain ini terletak pada bangunan yang seolah belum diselesaikan. Batu bata pada tembok dibiarkan terpampang tanpa dilapisi semen. Selain itu, tembok bata dibangun dengan tinggi yang berbeda dengan konsep atap terbuka. Hal ini bagus untuk sirkulasi udara dan memberikan kesan luas. Unfinished Cafe Outdoor dapat dibangun di belakang rumah atau memanfaatkan sisa lahan di sekitar rumah.

2. Cafe Outdoor Rumah Bambu

Cafe Outdoor Rumah Bambu

Penggunaan bambu pada desain ini dimaksudkan untuk memberikan kesan natural. Bambu dapat diaplikasikan pada bilik dapur cafe maupun meja bar minimalis. Kemudian meja dan kursi pengunjung cafe dapat diletakkan di sekitaran bilik bambu sehingga memudahkan proses pemesanan.

3. Simple Cafe Outdoor

Simple Cafe Outdoor

Halaman rumah yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk membuat cafe sederhana. Bangunan cafe cukup dibangun satu petak yang difungsikan untuk penerimaan transaksi sekaligus pembuatan pesanan. Selanjutnya, pengunjung disediakan tempat duduk di luar cafe untuk bersantai. Pemilihan material kayu untuk meja dan kursi serta ornamen lain dapat dipilih sebagai penguat kesan sederhana namun tetap menarik pada Simple Cafe Outdoor.

Cafe Outdoor Expo Lampu 

Cafe Outdoor Expo Lampu 

Desain cafe outdoor yang satu ini mengedepankan tampilan cafe dengan tata cahaya yang berasal dari lampu hias. Cafe Outdoor yang mengeksplorasi lampu paling cocok dibuka pada sore hingga malam hari agar permainan lampunya semakin terasa. Cafe outdoor jenis ini biasanya dibuka di area taman. Lampu hias dapat digantungkan pada pohon-pohon dan diatur mengelilingi meja pengunjung.

Cafe Outdoor Modern Minimalis

Cafe Outdoor Modern Minimalis

Konsep minimalis modern lada cafe outdoor ditekankan pada penggunaan warna dan pola untuk menampilkan kesan ceria. Misalnya menggunakan bentuk kursi panjang untuk pengunjung serta memakai pola Chevron untuk eksterior cafe

Cafe Outdoor Industrial

Cafe Outdoor Industrial

Desain industrial menonjolkan tampilan sederhana dan apa adanya. Kesederhanaannya tampak dari penggunaan meja beton tanpa pelapis apapun yang disandingkan dengan kursi tinggi material besi atau kayu. Selain itu, lantai kafe pin dibiarkan tanpa pelapis agar senada dengan mejanya. Dekorasi industrial cafe outdoor didapatkan dari tanaman yang diatur sedemikian rupa untuk memperoleh kesan fresh.

Baca juga: Container Cafe dengan Desain Menjadi Daya Tarik Unik di Indonesia

Tips Membuka Cafe Outdoor

Tips Membuka Cafe Outdoor

1. Pilih lokasi yang tepat

Cafe outdoor tidak cocok dibangun di lokasi yang berdebu dan panas karena menghilangkan kenyamanan pengunjung. Solusinya, cafe outdoor di lokasi yang panas dapat dibangun di atas gedung bertingkat dan dibuka pada sore hingga malam hari. Pengunjung dapat menikmati sensasi sunset pada sore hari dan tata lanskap  perkotaan pada malam harinya. Cafe outdoor memungkinkan dibangun di dataran tinggi karena udaranya sejuk dan pemandangannya indah.

2. Perhatikan konsep penataan cafe 

Sebelum membuka cafe outdoor hendaknya perhitungkan model meja dan kursi serta penataannya. Selain meja dan kursi, perhatikan juga ruang gerak bagi pengunjung dan pelayan cafe. Jangan sampai mobilitas terganggu dan mengurangi kenyamanan pengunjung.

3. Pilih furniture sesuai konsep cafe 

Furniture cafe berasal dari berbagai bahan. Ada yang dari kayu, besi, plastik, atau material lainnya. Selain menyesuaikan furniture dengan konsep cafe, perlu juga mempertimbangkan daya tahan material berhubung cafe outdoor rentan terkena sinar matahari dan hujan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, cafe outdoor dapat dilengkapi dengan ornamen payung atau kanopi.

4. Menjaga kebersihan 

Kebersihan menjadi faktor penting dalam keberhasilan sebuah cafe. Oleh karena itu, perlu dibuat penjadwalan kebersihan rutin. Pemilik cafe outdoor juga perlu menyediakan perlengkapan kebersihan bagi pengunjung, seperti wastafel dan hand sanitizer.

Baca juga: Desain Cafe di Rumah Sederhana Ini Layak Anda Tiru untuk Memulai Usaha

Cafe Outdoor Trendi

Mengunjungi cafe outdoor dapat membuat pikiran semakin fresh berkat visualisasi yang disajikan. Di bawah ini adalah contoh cafe outdoor yang bisa dikunjungi:

Odysseia

Odysseia

Meski berada di pusat kota Jakarta, Odysseia menyuguhkan cafe outdoor yang bernuansa asri dengan air terjuan buatan dan pepohonan. Berlokasi di Pacific Palace, kafe ini memiliki menu andalan kemangi cake.

Level Up

Level Up

Berlokasi di hamparan tanah yang luas, Level Up cocok digunakan untuk garden party. Di samping itu, tanaman hijau yang mengelilingi cafe memberikan hawa sejuk dan menenangkan. Level Up Cafe terletak di Jl Stadion I, Karangbawang, Banyumas.

Hause Rooftop

Hause Rooftop

Hause Rooftop memberikan pemandangan kota Dengan suasana asri. Di are cafe terdapat banyak bunga yang tumbuh subur di dalam pot. Pengunjung yang datang ke Hause Cafe akan dimanjakan dengan suasana yang tenang dan segar. Kafe ini terletak di Lantai 6 MD Place Building, Jakarta.

Baca juga: Desain Cafe yang Instagramable Paling Diburu Generasi Milenial

Leave A Reply

Your email address will not be published.