Berita Nasional Terpercaya

Teknologi Chatbot Mempermudah Sektor BFSI

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sektor BFSI (Perbankan, Layanan Finance, dan Asuransi) biasanya memiliki proses transaksi yang panjang sehingga seringkali membingungkan nasabah. Pada akhirnya, berhenti di tengah jalan dan memilih tidak melanjutkan transaksi.

Di era digital seperti saat ini, solusi yang paling tepat untuk memangkas waktu pada proses transaksi menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Salah satu contoh teknologinya adalah chatbot.

Berdasarkan data dari IBM, tingkat kemampuan chatbot untuk menjawab pertanyaan berulang (repetitive question) mencapai angka 80%. Chatbots Magazine juga menyebutkan bahwa penggunaan chatbot dapat memangkas biaya hingga 30%.

Baca Juga Konektivitas Internet Mudahkan Milenial Akses Teknologi Finansial

Perusahaan teknologi Indonesia, PT Widya Informasi Nusantara (Widya Wicara), ingin memfasilitasi lembaga keuangan seperti perusahaan perbankan, layanan finance,dan perusahaan asuransi dalam menciptakan sistem layanan yang lebih singkat, efektif dan efisien. Selain mengembangkan teknologi Speech to Text (STT), Text to Speech (TTS), Widya Wicara juga mengembangkan produk chatbot dengan nama Chatbot Widya Wicara.

Chatbot Widya Wicara merupakan chatbot pintar berbasis teknologi artificial intelligence (AI) dan dilengkapi dengan Natural Language Processing (NLP). Dukungan dari kedua teknologi tersebut membuat Chatbot Widya Wicara mampu memahami dan menganalisis input yang diberikan oleh pengguna, sehingga Chatbot akan mampu, memberikan jawaban yang relevan. Selain itu, teknologi-teknologi tersebut juga menjadikan Chatbot Widya Wicara dapat berinteraksi dengan pengguna secara natural layaknya manusia biasa.

Baca Juga 6 Alasan Kenapa Nasabah Bank Harus Memiliki Internet Banking

Tak hanya itu saja, Chatbot Widya Wicara juga memiliki berbagai keunggulan lain. Di antaranya mampu memberikan respon dengan cepat dan tepat, sehingga nasabah tak perlu dibuat lama menunggu. Chabot juga mudah diintegrasikan dengan berbagai platform pesan instan, seperti WhatsApp, Line, maupun Telegram, mampu melayani nasabah seharian penuh, mampu menjangkau lebih banyak nasabah dengan jaringan yang luas, mampu memberikan rekomendasi yang sesuai bagi setiap nasabah, dan masih banyak lagi keunggulan serta manfaat lainnya.

Linawati selaku Direktur PT Widya Informasi Nusantara menyampaikan, Chatbot Widya Wicara dikembangkan untuk menambah product skill serta menunjang kebutuhan di bidang banking, financial, service, dan insurance. “Kita juga melihat kebutuhan chatbot di market yang semakin meningkat di bidang Banking, Financial, Service, dan Insurance (BFSI). Prospek teknologi chatbot akan terus meningkat, karena simplifikasi di sisi human resource, serta bisa meningkatkan efisiensi dan customer satisfaction,” tuturnya.

Dengan melihat semua keunggulan dan manfaat yang ditawarkan oleh Chatbot Widya Wicara, tak perlu ragu lagi untuk memilih produk ini sebagai solusi dalam hal mempersingkat proses transaksi demi meningkatkan kepuasan nasabah. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.