Berita Nasional Terpercaya

Pemkot Jogja Temukan Empat Siswa PTM Positif COVID-19

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Jogja menemukan empat peserta didik yang menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) berstatus positif COVID-19. Keempat peserta didik itu semuanya berasal dari satu sekolah. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Jogja, Budhi Santoso Asrori menjelaskan, setalah mendapat temuan ini, proses PTM di sekolah yang bersangkutan dihentikan sementara.

“Kami hentikan selama lima hari. Seluruh pembelajaran kembali dialihkan ke sistem daring,” kata Budi, Jumat (26/11/2021). 

Baca juga: Pemkot Jogja Gelar Tes Acak COVID-19 Sekolah

Terkait hal ini, Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan, empat kasus positif COVID-19 ini ditemukan saat swab PCR acak di sekolah-sekolah tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. 

Empat temuan kasus positif COVID-19 ini dari sampling sebanyak 1.015 peserta didik dari 14 sekolah. Setelah menemukan kasus, ada tindak lanjut berupa pelacakan dan pemeriksaan terhadap orang-orang kontak erat. Pelacakan menyasar 59 orang. 

Baca juga: Vaksinasi Covid untuk Anak, DPRD Kota Jogja Siap Mengawal untuk Selamatkan Generasi Bangsa

“Testing dilakukan sejak Kamis (25/11). Dan dari pemantauan sementara, 70 persen kontak erat menunjukkan hasil negatif,” kata Heroe.

Ia menambahkan, dari laporan terakhir, empat peserta didik yang positif COVID-19 dalam kondisi baik. Seluruhnya tidak mengalami gejala sakit. Keempat peserta didik juga sudah divaksinasi. Penyebab terpaparnya COVID-19 masih dalam penelusuran. 

“Ada yang orang tuanya berada di luar daerah dan baru datang ke Jogja. Ada juga siswa yang orang tuanya mengalami COVID-19 pada Juli, sehingga kemungkinan masih ada sisa cangkang virus yang terdeteksi karena CT-nya tinggi, 37,” kata Heroe. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.