Berita Nasional Terpercaya

Telkom University Kukuhkan 3.543 Wisudawan/Wisudawati yang Digelar Secara Daring

0

BANDUNG, BERNAS.ID – Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya Periode I Tahun Akademik 2021/2022 diselenggarakan pada Sabtu, 27 November 2021. 

Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi saat ini, wisuda Telkom University dilaksanakan secara daring, melalui Zoom, dan disiarkan langsung di kanal Youtube Telkom University. 

Pada kesempatan kali ini Rektor Tel-U Prof. Adiwijaya mengukuhkan 3.543 wisudawan dari 31 program studi, diantara 40 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University. 

Baca Juga : Universitas Mahakarya Asia Wisuda 228 Mahasiswa dari Prodi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika

Setelah melalui prosesi pelantikan ini, para wisudawan akan bergabung dengan Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) dengan jumlah alumni sebanyak 63.303 orang dan tersebar di 30 negara, antara lain Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekistan, Tajikistan, dan Timor Leste. 

Menurut Dr. Anisah Firli ketua panitia pelaksanaan wisuda periode I, wisuda daring kali ini mengusung tema “Semangat Baru”. Melalui ungkapan tersebut, Telkom University ingin memberikan dukungan kepada seluruh wisudawan untuk menumbuhkan semangat baru dalam melangkah ke kehidupan selanjutnya.

“Perjuangan kalian dalam menempuh pendidikan tinggi saat ini telah usai, dengan semangat baru yang kita gaungkan melalui wisuda ini, diharapkan para wisudawan/wisudawati terus bersemangat dan optimis dalam melangkah kepada kehidupan selanjutnya, walaupun saat ini kondisi pandemi masih berlangsung tapi mimpi yang kalian punya harus terus diperjuangkan hingga nantinya dapat tercapai,” jelasnya.

Baca Juga : Lulusan yang Baik Memiliki Indikator Siap Masuk Dunia Kerja

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya dalam sambutannya merasa bangga kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya di Telkom University.

“Selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati, di tengah pandemi ini tetap bersemangat menyelesaikan kewajibannya sebagai mahasiswa sehingga bisa melaksanakan wisuda, walaupun wisuda kali ini berbeda, semoga tidak menyurutkan semangat kita untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa kita tercinta ini,” ujarnya. 

Prof. Adiwijaya menyampaikan, di tahun 2021 ini Telkom University menargetkan menjadi perguruan tinggi dengan mengedepankan Research University dengan memiliki International Research Quality Excellence.

“Sebagai perguruan tinggi yang tiga tahun berturut-turut (2018, 2019 dan 2020), memperoleh Anugerah Widyapadhi sebagai perguruan tinggi terbaik dalam management inovasi, Tel-U juga sejak 2019 penelitian Telkom University telah masuk ke dalam Klaster Mandiri, yakni klaster Tertinggi,” tuturnya.

Saat ini Telkom University telah terakreditasi Unggul, dimana Tel-U menjadi PTS pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi Unggul, di mana sebelumnya Tel-U telah terakreditasi A di tahun 2016. 

Telkom University juga telah mendapat predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut (2019 dan 2020) oleh Kemenristekdikti.

Untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Tel-U telah mempersiapkan 3 jalur Work Ready Program (WRAP). Melalui program tersebut mahasiswa bisa memilih untuk lulus dengan keahlian yang berbeda-beda, yakni Researchship (dengan penelitian), Internship (dengan magang di Industri) dan Entrepreneurship (dengan membangun usaha baru).

“Dari WRAP tersebut mahasiswa bisa memilih apakah nanti menjadi lulusan yang ahli dalam bidang penelitian untuk menjadi dosen, atau lulusan yang bergabung dalam dunia industri, dan menjadi seorang wirausaha,” katanya.

Prof. Adiwijaya menyebut, prestasi baru yang Telkom University raih yakni, Telkom University berhasil meraih penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI Award) tahun 2021, dari Badan Standardisasi Nasional (BSN), dimana penghargaan ini diberikan kepada Telkom University atas upayanya dalam memberikan mutu standar pendidikan di Indonesia yang baik.

Berdasarkan kategori peringkat yang ditetapkan, Telkom University berhasil meraih penghargaan SNI 2021 pada peringkat perak.

Dia menambahkan, SNI Award merupakan sebuah pemberian penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia bagi organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten, berkinerja tinggi, memiliki kemampuan mengelola dinamisasi perubahan dan melakukan transformasi yang diperlukan secara tepat.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami (Telkom University) untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia melalui standar standar yang telah ditetapkan baik nasional maupun Internasional, saat ini kami (Tel-U) menerapkan Standar ISO 21001: 2018 yang merupakan sistem manajemen organisasi pendidikan yang disesuaikan dari SNI ISO 9001: 2015. Standar ini disusun khusus untuk sektor pendidikan dalam memberikan kualitas pendidikan yang bermutu,” ungkapnya.

Selain itu, Telkom University juga masuk menjadi top 8 Universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Ranking serta menjadi peringkat 500 besar dunia dalam kategori Emerging Economies University.

“Khusus untuk bidang Computer Science kita menduduki peringkat ke-4 serta peringkat ke-6 untuk bidang engineering dari Times Higher Education World University Ranking, untuk seluruh PT di Indonesia. Serta di bulan ini Telkom University baru saja memperoleh rangking SDGs Impact Kategori Affordable & Clean Energy kita mendapat ranking #18 Dunia dan Kategori Clean Water & Sanitation kita mendapat ranking #7 Dunia,” katanya.

Melalui sambutannya Prof. Adiwijaya berpesan kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang sedang berbahagia saat ini, bahwa tagline Telkom University sebagai pencetak pemimpin masa depan merupakan sebuah komitmen untuk menghasilkan generasi yang well educated bagi bangsa. Oleh karena itu dalam menghadapi perubahan teknologi yang pesat saat ini.

“Ada 3 hal yang harus dilakukan di antaranya adalah Kreativitas dan Inovasi harus menjadi habit sehingga tidak hanya bisa menggunakan teknologi tetapi bisa memanfaatkan teknologi untuk mengakselerasi solusi untuk mengatasi problem-problem yang ada. Selain itu, kita juga harus terus mampu mengevaluasi dan mengintrospeksi diri sehingga bisa melakukan continuous improvement dalam rangka mewujudkan pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Selanjutnya, jangan lupa apa yang kita lakukan harus selalu comply dengan norma dan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Melalui 3 parameter tersebut, ke depan lulusan Telkom University bisa dikatakan well educated.

“Dengan demikian Telkom University melalui sumber daya manusia yang hadir tetap menjadi yang terbaik dan berkontribusi dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.