Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Berbagai Jenis Hipnoterapi di Dunia

0

BERNAS.ID – Profesi hipnotis kini semakin diperlukan untuk membantu penyembuhan seperti kecanduan. Bahkan, profesi ahli hipnotis kini sudah masuk Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) tahun 2014.

Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) yang berdiri pada 2014 juga menjadi mitra Kementerian Kesehatan untuk memberikan rekomendasi pengurusan izin praktik hipnoterapi di seluruh Indonesia.

Namun, perlu diketahui perbedaan hipnotis atau hipnosis dan hipnoterapi. Mengutip dari GoodTherapy, ada tiga platform utama untuk hipnosis:

  • Hipnosis yang digunakan untuk hiburan. Hipnosis atau hipnotis ini kerap disajikan di acara televisi
  • Hipnosis yang dilakukan oleh individu terlatih untuk membantu orang lain, seperti menghentikan kecanduan merokok, mengatur berat badan, atau mengatasi masalah tidur
  • Hipnosis yang dilakukan oleh praktisi kesehatan mental berlisensi atau hipnoterapis sebagai salah satu alternatif pengobatan dengan terapi atau konseling.

Baca Juga: Hipnosis: Definisi, Sejarah, Cara Kerja, dan Manfaat bagi Kesehatan

Hipnosis berkaitan dengan kondisi pikiran, sementara hipnoterapi adalah terapeutik yang menggunakan hipnosis. Seorang hipnoterapis yang terlatih, berlisensi, dan/atau bersertifikat profesional mampu menangani masalah kesehatan mental seperti fobia, demam panggung, gangguan makan, dan kondisi medis tertentu.

Setiap masalah memerlukan tindakan terapi yang berbeda, mulai dari penggunaan hipnoterapi tradisional hingga modern. Lalu, apa saja jenis-jenis hipnoterapi? Berikut 9 jenis hipnoterapi seperti dikutip dari heal.me dan Hypnotc:

Clinical Hypnotherapy 

Hipnoterapi klinis adalah jenis hipnoterapi yang dilakukan di lingkungan medis seperti rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya di mana pasien dirawat secara medis.

Hipnoterapi ini biasanya dipakai untuk mengatasi sakit seperti nyeri, masalah kulit, melahirkan, gangguan psikoseksual, dan masalah kesehatan lainnya.

Suggestion Hypnotherapy

Hipnoterapi sugesti dianggap sebagai jenis hipnoterapi yang pertama dan tradisional. Sebenarnya, semua jenis hipnoterapi memiliki tindakan memberi sugesti setelah pasien memasuki kondisi hipnosis.

Namun, fokus utama dari jenis hipnoterapi ini adalah sugesti langsung. Contoh sugesti langsung adalah: Anda akan berhenti merokok.

Ericksonian Hypnotherapy

Istilah hipnoterapi Ericksonian diambil dari seorang psikiater dan ahli hipnotis asal Amerika Serikat yang dianggap sebagai tokoh kunci dalam hipnoterapi modern, Milton H Erickson. 

Jenis hipnoterapi ini menggunakan tiga metode destruktif:

  • Saran tidak langsung
  • Metafora
  • Bercerita atau storytelling

Hipnoterapi Ericksonian apabila dilakukan dengan benar akan sangat efektif, meski harus disesuaikan dengan setiap individu klien atau pasien dan cenderung mengandalkan kemampuan bawaan terapis untuk menilai jenis intervensi yang dibutuhkan.

Contoh sugesti yang tidak langsung dalam hipnoterapi Ericksonian adalah: Anda mungkin ingin mendiskusikan alternatif untuk merokok jika Anda memang siap melakukannya.

Hypno-psychotherapy

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), psikoterapi adalah cara pengobatan dengan menggunakan pengaruh (kekuatan batin) dokter atas jiwa (rohani) penderita, dengan cara tidak menggunakan obat-obatan, tapi dengan metode sugesti, nasihat, hiburan, hipnosis, dan sebagainya.

Pengertian lain dari psikoterapi adalah penggunaan teknik psikologi yang terdiri atas behavioristik, kognitif, humanistik, dan psikoanalisis.

Baca Juga: Kisah Avifi Arka Perjuangkan Hipnotis sebagai Profesi Mulia dan Memberi Manfaat Positif

Hipno-psikoterapi biasanya digunakan untuk pasien yang ingin memperoleh manfaat dari metode psikoterapi sekaligus hipnoterapi. Biasanya, seorang hipno-psikoterapis menempuh pendidikan tinggi dalam psikoterapi dan psikologi, serta mengikuti pelatihan dan sertifikasi dalam hipnoterapi.

Cognitive Hypnotherapy

Jika alasan mengapa Anda mencari hipnoterapi bukan untuk mengubah perilaku tapi karena merasa buntu secara mental, hipnoterapi kognitif bisa menjadi jalan keluarnya. Tujuan dari hipnoterapi kognitif adalah untuk membantu mengubah sesuatu yang dirasakan dan pola pikir.

Salah satu cara yang dilakukan oleh seorang hipnoterapis ini adalah dengan membantu menyelaraskan alam bawah sadar seseorang dengan alam sadarnya. Pada intinya, hipnoterapi ini dapat menyelaraskan pikiran masa lalu dengan masa kini untuk menciptakan koneksi yang lebih besar dengan realita.

Hipnoterapi kognitif membantu pasien untuk memperbarui keyakinan pada tingkat bawah sadar sehingga mereka mulai berpikir tentang berbagai hal secara berbeda.

Hipnoterapi kognitif biasanya menggabungkan banyak metode, seperti terapi penerimaan dan komitmen atau acceptance and commitment therapy (ACT), terapi perilaku kognitif atau cognitive behavioral therapy (CBT), dan rational emotive behavior therapy (REBT).

Past Life Regression

Jika Anda meyakini reinkarnasi dan ingin mengingat kenangan dari kehidupan masa lalu? Atau Anda ingin tahu bagaimana kehidupan lampau dapat memengaruhi hidup Anda hari ini? Hipnoterapi regresi kehidupan lampau atau past life regression bisa menjadi jawabannya.

Setelah mengalami “kenangan kehidupan di masa lalu”, beberapa orang berupaya untuk menganalisi masalah mereka sendiri dan mengapa hal itu bisa terjadi. Tak jarang, tujuan terapi ini untuk memotong ikatan atau menghilangkan hubungan dengan kehidupan lampau yang tidak membantu pada kehidupan sekarang.

Seorang terapis yang menggunakan metode ini tidak harus meyakini reinkarnasi, tapi cukup dengan menghormati kepercayaan klien akan hal tersebut. Beberapa hipnoterapis meyakini kehidupan masa lalu adalah metafora untuk perubahan.

Hypnoanalysis

Kalau penasaran kenapa saat ini Anda melakukan sesuatu atau memiliki kebiasaan tertentu? Atau mungkin Anda “kepo” apa penyebab dari peristiwa yang Anda alami atau ada hal yang ingin Anda ubah?

Hipnoanalisis atau analitis hipnoterapi (analytical hypnotherapy) bertujuan untuk menjawab semua pertanyaan Anda itu melalui seorang hipnoterapis. Hipnoterapis akan membantu Anda menemukan “akar penyebab” dari semua akibat yang terjadi. Terapis juga membantu klien menemukan “insight” dalam diri mereka, yang biasanya sudah ada namun belum disadari secara langsung oleh klien.

Self-Hypnosis

Hipnoterapi ini cocok untuk kaum rebahan yang tidak suka bepergian bahkan untuk mengikuti sesi terapi. Self-hypnosis bisa dilakukan sendiri di rumah dengan media YouTube atau audio.

Saat ini, banyak aplikasi atau bahkan hipnoterapis yang menyediakan file audio untuk Anda dengarkan di rumah. Namun, self-hypnosis masih dapat dilakukan meskipun Anda telah mengikuti sesi hipnoterapi secara langsung.

Neuro-Linguistic Programming (NLP)

Masih banyak jenis hipnoterapi atau teknik lain yang dipakai oleh hipnoterapis, salah satunya Neuro-Linguistic Programming atau NLP. Mengutip dari NLP Indonesia, NLP adalah  teknologi yang mempelajari struktur internal seseorang dan bagaimana struktur tersebut bisa didesain untuk tujuan yang bermanfaat bagi orang tersebut.

Baca Juga: Kisah Fauzan Asmara Bantu Sesama Temukan Kebahagiaan Melalui Hipnoterapi

Dalam NLP, setiap perilaku mempunyai struktur internal yang mendukungnya. Sederhananya, neuro adalah cara berpikir, lingustik adalah bahasa, dan programming adalah berbagai program atau strategi dalam berpikir dan berperilaku.

NLP bertujuan membuat kehidupan seseorang lebih bahagia karena lebih menikmati hidup dan memiliki tujuan yang jelas, mampu mengelola diri dan lebih cerdas secara emosional, dan meningkatkan produktivitas, dan sebagainya.

Semua jenis hipnoterapi tersebut dapat diterapkan, tergantung pada kebutuhan masing-masing klien. Seorang hipnoterapis mungkin akan melakukan perubahan sedikit pada sesi hipnoterapi menyesuaikan dengan jenis hipnoterapi yang dipilih.

Menurut PKHI, terapan hipnotis yang saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia seperti Hypnoterapist (penyembuhan), Hypno Parenting (pola asuh orang tua), Stage & Street Hypnosis (hiburan seperti di Televisi atau Media Sosial), Forensic Hypnosis (untuk para praktisi dan penegak hukum), Hypno Selling (teknik menjual), Hypno Motivation, Hypno Birthing (melahirkan tanpa rasa sakit), Medical Hypnosis (mental anestesi, khitan tanpa sakit, cabut gigi tanpa sakit), dan sebagainya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.