Berita Nasional Terpercaya

Omicron Lebih Mudah Menginfeksi Ulang Penyintas Covid-19

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Varian Omicron saat ini mendominasi jenis virus corona di Afsel. Dari 74 persen sampel virus merupakan varian Omicron.

Berdasarkan analisis laporan infeksi mencakup 2,7 juta orang di Afrika Selatan sejak awal pandemi, termasuk 35 ribu orang yang didiagnosis Covid-19 lebih dari sekali, peneliti di Afrika Selatan menemukan bukti varian Omicron lebih mudah menginfeksi kembali penyintas Covid-19 (orang yang pernah terkena Covid-19).

“Kami sekarang mengalami peningkatan risiko infeksi ulang yang melebihi pengalaman kami sebelumnya,” kata peneliti dari Universitas Stellenbosch, Juliet Pulliam,  Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga Varian Omicron Diduga Sudah Masuk ke Indonesia

Lanjut Juliet, untuk individu yang terinfeksi lebih dari satu kali, sebanyak 14,2 persen mengalami infeksi ketiga pada November 2021. “Banyak infeksi ketiga yang menunjukkan terkait penularan varian Omicron,” ujarnya.

Meski demikian, peneliti menyebut masih diperlukan lebih banyak data untuk mengetahui pengaruh varian omicron terhadap infeksi ulang. “Bukti tingkat populasi menunjukkan bahwa varian Omicron dikaitkan dengan kemampuan substansial untuk melawan kekebalan dari infeksi sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga Bupati Sleman Imbau Warganya Waspada Covid Omicron

Sebaliknya, peneliti menyebut tidak ada bukti epidemiologis di seluruh populasi tentang pelepasan kekebalan yang terkait dengan varian Beta atau Delta. Para ahli pun menilai dengan temuan tersebut kemungkinan infeksi alami tidak akan membantu membangun kekebalan kelompok. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.