Berita Nasional Terpercaya

Presiden Minta Booster Vaksin Covid Dimulai Januari 2022

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyuntikan dosis ketiga (booster) dimulai pada bulan Januari 2022. Suntikan booster akan diberikan bagi warga yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19. Namun, belum bisa dipastikan terkait booster vaksin Covid-19 berbayar atau gratis.

Baca Juga Kemenkes: Vaksinasi Booster Berbayar Masih Wacana

Kepastian vaksin booster ketiga bulan Januari 2022 disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Menurutnya, saat ini Pemerintah mulai menyiapkan skema penyuntikan dosis ketiga vaksin virus corona (Covid-19) untuk bulan Januari 2022 nanti.

“Kegiatan booster vaksinasi dipersiapkan bulan Januari merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Kebijakan tersebut akan diumumkan selekas mungkin sebelum penyuntikan dilaksanakan,” kata Airlangga dalam jumpa pers daring di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca Juga Masyarakat Indonesia Akan Divaksin Booster Maret 2022

Lanjut tambahnya, booster vaksin Covid-19 akan dilakukan melalui dua skema. Pertama, Pemerintah menyiapkan vaksinasi khusus bagi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Kedua, Pemerintah akan menyiapkan skema bagi masyarakat yang bukan PBI. “Kami sedang akan finalkan terkait vaksin berbasis PBI dan non-PBI. Ini akan diatur dengan permenkes dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya.

Diketahui, Pemerintah memutuskan untuk menyuntik vaksin Covid-19 secara gratis bagi 181,5 juta orang penduduk untuk menuntaskan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19. Target itu kemudian bertambah menjadi lebih dari 200 juta penduduk setelah vaksinasi diperluas ke usia remaja dan anak. Pemerintah menargetkan penyuntikan rampung akhir 2021. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.