Berita Nasional Terpercaya

HUT IKG ke 51 Tahun, Semangat Membangun Omah Budaya Ikatan Keluarga Gunungkidul

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Bertempat di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) beserta Badan Penghubung Daerah DIY memggelar rangkaian HUT IKG ke 50 tahun.

Dalam kegiatan tersebut hadir Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta beserta isteri dan didampingi rombongan berjumlah 27 dari berbagai unsur di Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul. Selain itu juga hadir Kepala Banhubda DIY  Nugrohoningsih, perwakilan Korcam dan Korwil IKG.

Rangkaian dari perayaan HUT IKG ke 50 diawali dengan BPH IKG menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT), yang memiliki tujuan utama yakni melakukan evaluasi program IKG selama setahun berjalan dan menyepakati serta menguatkan program IKG kedepannya. 

Baca Juga : Gubernur DIY Meresmikan Balai Budaya Girikerto Turi Sleman

Puncak perayaan HUT IKG ke-50 dimeriahkan oleh pagelaran wayang kulit bersama Banhubda DIY dengan lakon Mbangun Bale Puro Kencono (Omah IKG), dengan dalang Ki Catur Benyek Kuncoro.

Ketua Umum IKG Drs. Edy Sukirman, MM dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Pemerintat Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Banhubda DIY yang senantiasa bersama membuat program untuk kemajuan IKG, Gunungkidul dan Yogyakarta.

Baca Juga : Abhiseka Candi Prambanan Terus Digelar, Diharapkan Bisa Jadi Perayaan Tingkat Internasional

Lebih jauh Ketua Umum IKG juga melaporkan progres pembangunan Omah Budaya IKG yang saat ini sudah mulai dibangun dan kedepannya diharapkan menjdi tempat untuk bersikaturahmi, berdiskusi dan merencanakan ragam kegiatan untuk kemajuan IKG, Gunungkidul dan DIY.

Sekretaris Daerah Provinsi DIY diwakili Kepala Banhubda DIY Nugrohoningsih menyampaikan, apresiasi atas apa yang diraih IKG selama 51 tahun ini dan diharapkan IKG makin maju dan makin menguatkan semangat paseduluran saklawase.

Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dalam sambutannya mengharapkan, di usia IKG yang setengah abad lebih ini, semoga semakin dapat memberikan manfaat positif dan besar bagi warga IKG dan juga warga Gunungkidul secara umum.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menitipkan harapan berupa dukungan IKG dalam tiga hal, yakni dukungan untuk memajukan dan menguatkan ekonomi kerakyatan di Gunungkidul, dukungan rintisan investasi di Gunungkidul, serta dukungan pengembangan pariwisata di Gunungkidul.

“Saya titipkan 3 hal kepada IKG yakni ayo bersama kita dorong kemajuan ekonomi kerakyatan, investasi, dan pariwisata di Gunungkidul,” jelas Sunaryanta. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.