Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Capai Tujuan Bisnis di Tengah Imbas Pandemi Covid-19

0

Bernas.id – Pandemi Covid-19 ini telah membuat berbagai sektor kelimpungan, termasuk sektor bisnis. Karena itu, dibutuhkan adaptasi dan berbagai langkah strategis agar pandemi tidak membuat sektor bisnis menjadi limbung. Terlambat melakukan adaptasi, maka bisnis pun terancam ambruk. Buktinya, tak sedikit perusahaan raksasa yang harus gulung tikar  diterpa pandemi ini.

Imbas pandemi ini akan terus berlanjut di tahun 2022 dan memaksa bisnis untuk beradaptasi dengan cepat, baik dari segi operasional maupun upskilling SDM. Oleh karenanya, banyak perusahaan dipaksa berintrospeksi untuk mengoptimalkan efisiensi serta performa SDM guna mencapai target bisnis yang sempat tersendat. 

Maka dari itu, peran tim HR dalam menjembatani kesiapan SDM dan business goals pun menjadi semakin krusial. Evolusi peran HR sebagai strategic business builder tidak dapat dipungkiri lagi memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan bisnis di berbagai kondisi. Dengan kata lain, peran HR akan menjadi sangat penting dalam “rollercoaster” bisnis yang kita hadapi tahun depan.

Berdasarkan data tertulis yang didapatkan Bernas.id dari EngageRocket, sebuah platform employee experience untuk membantu pimpinan organisasi dan tim HR dalam mengambil keputusan berbasis data, menyatakan bahwa diperlukan 5 tren penting serta area-area yang perlu menjadi titik fokus bagi perusahaan di tahun yang akan datang. Berikut 5 tren penting yang harus menjadi titik fokus bagi perusahaan di tahun 2022:

Implementasi agile working dalam organisasi

Bisnis akan mengalami transformasi yang lebih pesat lagi pada 2022. SDM pun akan dituntut untuk meningkatkan produktivitasnya dengan cara bekerja yang lebih agile. Imbasnya, tim HR dituntut untuk mampu memantau dan mendeteksi perubahan yang terjadi dalam organisasi, baik di level mikro maupun makro.

Tuntutan ini secara tidak langsung akan memunculkan kebutuhan baru bagi tim HR untuk menerapkan sistem yang dapat memantau kinerja, pendapat, serta kesiapan SDM secara otomatis.

Baca juga: 7 Tips Bagi Bisnis untuk Menyimpan Informasi Konfidensial dengan Aman

Ekspektasi yang lebih tinggi untuk meningkatkan performa perusahaan

Karyawan dari seluruh lapisan organisasi dituntut untuk meningkatkan kinerja mereka serta menguasai ilmu dan kemampuan terbaru yang mungkin di luar lingkup pekerjaan yang selama ini mereka jalani, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih bernilai bagi perusahaan.

Di sini, peran HR adalah untuk memantau level kontribusi setiap individu dan tim, serta bertindak cepat jika ada individu atau tim tertentu yang menunjukkan 'gejala burnout'.

Akselerasi kesiapan karyawan untuk meningkatkan efektivitas kerja

Manajemen lean berfokus pada perubahan organisasi dalam menghadapi tantangan bisnis saat ini maupun di masa depan. Kontribusi HR semakin dibutuhkan dalam menentukan kebijakan perusahaan.

HR dapat membantu pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan aspek perusahaan dan karyawan, di mana aspek perusahaan berfokus pada pertumbuhan bisnis dan aspek karyawan berfokus pada produktivitas dan kesejahteraan.

Transformasi lean management dalam organisasi

Manajemen lean berfokus pada perubahan organisasi dalam menghadapi tantangan bisnis saat ini maupun di masa depan. Kontribusi HR semakin dibutuhkan dalam menentukan kebijakan perusahaan.

HR dapat membantu pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan aspek perusahaan dan karyawan, di mana aspek perusahaan berfokus pada pertumbuhan bisnis dan aspek karyawan berfokus pada produktivitas dan kesejahteraan.

Pemberdayaan kehadiran karyawan menjadi value creator bagi organisasi

Sejalan dengan meningkatnya level produktivitas, tiap-tiap karyawan dituntut untuk memberikan kontribusi lebih kepada organisasi. Namun, hal ini tidak berarti tanggung jawab pertumbuhan bisnis dibebankan kepada karyawan sepenuhnya.

Perusahaan juga harus ikut berperan dalam proses pemberdayaan ini, misalnya lewat program pelatihan ulang, peningkatan keterampilan, dan peningkatan kapabilitas.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.