Berita Nasional Terpercaya

Peserta BPJS Kategori Lansia Gratis Vaksin Booster

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah akan melakukan penyuntikan dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19 pada Januari 2022 dengan dua skenario. Skenario pertama, vaksin booster Covid-19 untuk para lanjut usia (lansia) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan gratis karena dibiayai negara.

Jumlah vaksin booster Covid-19 yang dibiayai APBN sebanyak 83,1 juta, sedangkan jumlah vaksin booster Covid-19 non-APBN yang dibutuhkan sebanyak 125,2 juta.

Baca Juga Presiden Minta Booster Vaksin Covid Dimulai Januari 2022

Budi Gunadi, Menteri Kesehatan mengatakan lansia kategori kelompok yang rentan setelah tenaga kesehatan sehingga prioritas mendapatkan vaksin booster. “Untuk vaksinasi lansia dan PBI [Penerima Bantuan Iuran] nonlansia, akan ditanggung negara,” tutur Budi saat hadir secara daring dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (14/12/2021).

Untuk skenario yang kedua, Budi mengatakan seluruh warga nonlansia yang tidak ikut BPJS Kesehatan akan membayar jika melakukan vaksin booster Covid-19. “Membuka kesempatan bagi perusahaan farmasi untuk mengimpor vaksin dan menjualnya ke masyarakat. Yang sudah diberikan menerima dua dosis diberikan akses dan pilihan lebih banyak untuk vaksin booster,” ujarnya.

“Harga batas atas dari layanan dari vaksin booster yang nonAPBN akan ditentukan pemerintah,” imbuhnya.

Baca Juga Masyarakat Indonesia Akan Divaksin Booster Maret 2022

Budi berharap kedua skenario itu bisa melahirkan keseimbangan di pasar dan masyarakat karena memiliki banyak pilihan untuk mengakses vaksin booster Covid-19. “Booster ini kita berikan dengan basis risiko, yaitu orang-orang lansia, sebab di seluruh dunia booster ini dibagikan berbasis risiko, yaitu sesudah nakes tenaga kesehatan diberikan ke lansia,” tuturnya.

Budi mengatakan, penyuntikan vaksin booster Covid-19 tidak dilakukan di Puskesmas dan KKP karena akan fokus mengejar penyuntikan vaksin Covid-19 dosis satu dan dua.

Diketahui, Pemerintah telah memutuskan untuk menyuntik vaksin Covid-19 secara gratis bagi 181,5 juta orang penduduk untuk menuntaskan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19. Target itu bertambah menjadi lebih dari 200 juta penduduk setelah vaksinasi diperluas ke usia remaja dan anak.(jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.