Berita Nasional Terpercaya

OJK Belum Putuskan Pencabutan Moratorium Izin Pinjol

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku belum bisa menentukan pencabutan moratorium atau pemberhentian sementara pendaftaran perusahaan fintech P2P lending (pinjaman online/pinjol).

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan, masih mengevaluasi seluruh pinjol yang terdaftar dan berizin. Saat ini, jumlah pinjol legal sudah mencapai 104 perusahaan.

“Kami lihat perkembangan, kami evaluasi kembali. Sekarang, sudah banyak (jumlah pinjol legal). Evaluasi dulu dari sisi keamanan dan lain-lain,” ungkap Nurhaida, Sabtu (18/12/2021).

Dari 104 pinjol legal yang tercatat di OJK, menurutnya hanya 101 perusahaan yang sudah mendapatkan status berizin. Sementara, tiga perusahaan lainnya masih dalam status terdaftar.

Tiga nama pinjol tersebut, antara lain PT Kas Wagon Indonesia, PT Mapan Global Reksa, dan PT Pintar Inovasi Digital.

Baca juga: Pahami 5 Hal Ini Supaya Tak Terjebak Tipu Daya Pinjol Ilegal

Lebih lanjut Nurhaida menjelaskan sudah banyak pinjol yang mengantre untuk mendaftarkan perusahaannya di OJK. Tapi, wasit sektor jasa keuangan ini belum bisa memberikan kepastian pencabutan moratorium.

“(Moratorium) dicabut setelah kondisi sudah lebih jelas baru dibuka lagi. Tidak bisa menentukan kapan, karena begitu dibuka nanti (pinjol yang daftar) langsung banyak,” terang Nurhaida.

Baca juga: AFTECH Tegaskan Komitmen dalam Mengatasi Pinjol Ilegal Melalui Upaya Kolaboratif

Pada Oktober 2021 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan OJK menyetop sementara penerbitan izin untuk pinjol. Moratorium dimaksudkan untuk meminimalisir penyalahgunaan atau tindak pidana dalam pinjol. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.