Berita Nasional Terpercaya

Indonesia Health Tourism Luncurkan Alat Cek Jantung Portabel “WeCardio”, Apa Keunggulannya?

0

BERNAS.ID – Dengan bentang alam yang indah, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengelolaan wisata medis. Bahkan, Indonesia ditargetkan menjadi destinasi wisata medis terbesar di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Indonesia diharapkan masuk dalam daftar 40 besar destinasi wisata medis dunia. Untuk meraih posisi tersebut, sejumlah pihak menjalin kerja sama, salah satunya melalui Indonesia Health Tourism (IHS).

Pada Selasa (21/12/2021) di Jakarta, Aladin Travel dari MNC Group dan para dokter dari berbagai spesialisasi mengadakan Pra Opening IHT dengan tema Professional Meets Local Wisdom.

Baca Juga: Dibutuhkan Nutrisi Tepat untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Kelainan Jantung Bawaan

Acara ini juga mampu mengolaborasi para pelaku industri pariwisata dan industri kesehatan untuk mengembangkan industri wisata medis di Tanah Air.

Pada momen Pra Opening IHT ini juga meluncurkan WeCardio, produk inovatif berupa alat Elektrokardiogram atau EKG portabel. Alat keluaran PT Kolosal Mitra Terpercaya (KOMITE) itu mampu merekam dan mengevaluasi irama jantung yang bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.

“Alat ini dapat dilakukan secara pribadi kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja baik di rumah maupun saat melakukan perjalanan,” demikian tertulis dalam siaran pers yang diterima Bernas.id.

Alat EKG portabel tersebut termasuk ringan dan ringkas karena ukurannya yang kecil dengan berat 33 gram. WeCardio juga sangat mudah digunakan karena bisa digunakan hanya dengan menjepit alat dengan kedua tangan.

Hasil rekaman langsung dapat disimpan di smartphone sebagai data pendukung untuk telekonsultasi dengan dokter. Alat ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

Sebagai informasi, WeCardio telah memperoleh izin edar dari Kementerian Kesehatan. Keunggulan lainnya, WeCardio menyertakan garansi dengan layanan purna jual resmi yang bisa didapat melalui berbagai akun resmi PT Komite di berbagai marketplace atau toko online.

Baca Juga: Waspada, 250 Juta Orang Menjadi Penderita Penyakit Jantung

Lalu, apa saja fitur-fitur unggul yang tersedia di WeCardio?

  • Fitur yang tersedia mencakup pemeriksaan Aritmia
  • Variabilitas detak jantung (HRV-Heart Rate Variability)
  • Monitoring EKG 24 jam dengan tingkat akurasi tinggi

“Berbagai keunggulan dan fungsinya menjadikan WeCardio sebagai produk yang penting untuk dimiliki setiap keluarga agar kondisi jantung dapat termonitor dengan baik sehingga dapat memperkecil risiko serangan jantung dan stroke,” lanjut pernyataan dalam siaran pers.

Mengembangkan Wisata Medis

Peluncuran WeCardio merupakan awal dari serangkaian acara IHT Event Series, sebuah program yang diinisiasi oleh AladinTravel by Mister Aladin dan Mediate bekerja sama dengan PT Trimegah Wisata Medis Indonesia .

Ketua Asosiasi Wisata Medis Indonesia (AWMI) Dr. dr Taufik Jamaan menyebutkan kerja sama dengan industri pariwisata sangat penting dilakukan untuk mengembangkan wisata medis di Tanah Air dengan biaya efektif bagi pasien.

“Sehingga wisatawan lokal maupun internasional yang menjalani perawatan medis, dapat menikmati keindahan alam dan fasilitas kesehatan di salah satu tujuan wisata populer di Indonesia,” ujarnya.

Joneka Kandou, Corporate Sales Director Aladin Travel by Mister Aladin, mengatakan rangkaian acara IHT akan digelar secara berkelanjutan untuk mendorong kemajuan industri pariwisata dan medis.

Dengan begitu, kepercayaan masyarakat terhadap institusi dan pelayanan medis di Indonesia dapat meningkat. Hal tersebut tentu saja akan memberi nilai tambah pada perekonomian nasional.

Baca Juga: Apakah Manusia Bisa Tahan Tanpa Denyut Jantung 1 Detik Saja

“Ini tentunya membutuhkan keterlibatan banyak pihak baik pemerintah maupun swasta untuk menempatkan posisi Indonesia sebagai destinasi pilihan wisata medis dunia,” katanya.

Acara Grand IHT rencananya akan diadakan di Bali pada 2022, mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung. IHT diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan untuk mengembangkan wisata medis di Tanah Air.

Leave A Reply

Your email address will not be published.