Berita Nasional Terpercaya

3 Prediksi Besar Perkembangan Cryptocurrency di 2022

0

Bernas.id – Teknologi blockchain dan mata uang kripto semakin berjaya pada tahun 2021, dengan total kapitalisasi pasar aset kripto melintasi angka US$2 triliun. Pada tahun ini, perusahaan tradisional seperti Microstrategy, PayPal, dan Tesla juga membuat langkah besar untuk masuk ke dalam kripto. Ini mendorong nilai kripto mencapai level tertinggi sepanjang masa, karena jumlah penggunanya yang melonjak.

Menjelang akhir tahun 2021, para pemimpin industri kripto membagikan analisisnya mengenai beberapa tonggak utama tahun ini dan tema-tema utama serta tren yang harus diperhatikan di tahun mendatang. Berikut penjelasannya, dilansir di Forkast:

Daftar Isi :

  1. DeFi jadi arus utama dan regulator ikut berperan aktif
  2. Metaverse dibangun, penggunaan NFT berkembang
  3. Bangkitnya DAO yang mengubah cara hidup kita

Baca juga: Pentingnya Mengenal Crypto Mining, Khususnya Penambangan Bitcoin

1. DeFi menjadi arus utama dan regulator ikut berperan aktif

Adopsi kripto melonjak pada tahun 2021 dengan jumlah pengguna kripto berlipat ganda di paruh pertama tahun ini. Banyak juga investor institusional menambahkan mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum ke neraca keuangan mereka. Peluncuran ETF Bitcoin Futures yang sangat dinanti-nantikan di Amerika Serikat dipandang sebagai momen penting bagi industri. Ini karena ETF Bitcoin Futures ini memberikan legitimasi dan jaminan bahwa kelas aset ini akan tetap ada.

Keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang diluncurkan pada tahun 2020, melanjutkan lintasannya yang meroket tahun ini. DeFi, di mana pengguna dapat melakukan transaksi keuangan secara langsung satu sama lain menggunakan kontrak pintar tanpa perlu perantara, memiliki potensi untuk membawa manfaat ekonomi dan sosial bagi dunia yang tidak memiliki rekening bank dengan memungkinkan mereka untuk memiliki rekening tabungan dan memperoleh pinjaman yang seharusnya tidak tersedia dapat mencapai mereka.

Industri DeFi masih dalam masa pertumbuhan, tetapi beragam layanan keuangan dari manajemen aset, pertanian hasil atau pinjam meminjam, pertukaran terdesentralisasi, derivatif, dan stablecoin di blockchain telah berkembang pada tahun 2021. Nilainya meningkat dari US$22 miliar pada awal tahun menjadi lebih dari US$250 miliar yang terkunci di seluruh protokol DeFi, menurut data DeFi Llama.

Bersamaan dengan semakin populernya DeFi, penipuan dan pencurian di seluruh platform DeFi juga melonjak, naik 600% dari US$1,5 miliar pada tahun 2020 menjadi lebih dari US$10,5 miliar tahun ini, menurut Elliptic, sebuah perusahaan analitik data blockchain.

Akan tetapi, regulator masih bergulat dengan cara menangani DeFi, terutama karena mungkin tidak ada perantara yang dapat diidentifikasi dengan jelas untuk mengatur dalam protokol yang benar-benar terdesentralisasi yang beroperasi pada kontrak pintar. Adanya regulator yang berperan aktif dalam mengakomodasi teknologi baru dinilai dapat menjadi kekuatan positif dalam membangun pasar kripto sebagai pusat aktivitas DeFi yang aman secara global. Tentunya hal ini akan dapat membantu mengurangi tingkat kejahatan keuangan.

Danny Chong, salah satu pendiri dan CEO Tranchess, pelacak aset yang meningkatkan hasil, mengharapkan standar yang lebih definitif untuk diamati lintas batas karena lembaga keuangan semakin menjelajah ke aset kripto. Ia menilai hal ini akan membuat DeFi lebih ramah arus utama dan memudahkan DeFi untuk lebih berkembang. 

“Pada gilirannya, kita akan melihat peningkatan institusi TradFi yang mengadopsi kripto, bersama dengan protokol baru, rantai, solusi penskalaan lapisan-2, dan peningkatan teknologi,” kata Chong.

Chong mengharapkan konvergensi keuangan tradisional dengan kripto untuk mempercepat melalui investasi dan merger dan akuisisi, dan perusahaan kripto menjangkau khalayak arus utama melalui kesepakatan sponsor.

Baca juga: Metaverse dan Prospek Dunia Masa Depan

2. Metaverse dibangun, penggunaan NFT berkembang 

Tahun 2021 telah menjadi tahun untuk token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Harga US$69 juta adalah jumlah yang menggiurkan yang dijual oleh sebuah karya seni NFT oleh seniman digital Beeple berjudul “Everydays: The First 5000 Days” dalam lelang Christie pada bulan Maret. Penjualan NFT tahun ini hingga minggu pertama Desember, berjumlah lebih dari US$11,8 miliar, meningkat 17.700% dibandingkan tahun 2020, menurut Nonfungible.com.

Opensea, pasar NFT terbesar di dunia, melampaui angka US$10 miliar dalam volume perdagangan kumulatif di bulan November. Raksasa pembayaran Visa ke McDonald's China adalah di antara banyak merek dan perusahaan yang telah melompat ke NFT.

Helen Hai, kepala Binance NFT, melihat NFT sebagai kelas aset dan alat untuk melibatkan penggemar dan kolektor dan adopsi akan mendapat dorongan besar tahun depan, dan tren avatar NFT (koleksi gambar profil PFP) akan terus berlanjut.

Selain seni dan koleksi, game blockchain play-to-earn seperti Axie Infinity dan Alien Worlds semakin populer saat ini. Bermain Axie Infinity dan membiakkan Axies yang lucu berubah dari hiburan yang menyenangkan selama pandemik menjadi sumber pendapatan bagi para gamer, khususnya di Filipina.

NFT, DeFi, dan game play-to-earn juga menyatu. Binance pada bulan Oktober meluncurkan lengan Initial Game Offering (IGO) baru bagi pelanggan untuk berinvestasi dalam proyek NFT game. Dengan munculnya “GameFi,”, Hai memprediksi bahwa pengembang free-to-play tradisional akan masuk ke game blockchain. 

“Genre game ini tidak akan didorong oleh pengembang asli kripto lagi, tetapi kita akan melihat pengembang/penerbit besar memasuki ruang pada akhir tahun depan,” kata Hai.

Hai memperkirakan pasar tradisional seperti musik, tiket, hiburan akan terganggu oleh NFT di tahun mendatang, termasuk kemungkinan partisipasi pendapatan melalui kontrak pintar yang melibatkan semua konstituen rantai nilai seperti komposer, artis, musisi, produser, dan kolektor. 

Meskipun untuk saat ini NFT sebagian besar adalah gambar statis, Hai memprediksi untuk melihat NFT dinamis terintegrasi dengan peristiwa dunia nyata seperti data cuaca atau data saham. Ini tentunya akan berdampak pada perkembangan NFT.

Rachel Mayers, VP produk di Circle, sepakat bahwa kasus penggunaan untuk NFT akan terus meledak. “Merek dan pembuat konten hanya memperkuat perilaku komunitas loyalitas dalam hal memberi penghargaan kepada NFT, mendistribusikan konten, melakukan pembelian, semuanya akan menjadi NFT berikutnya tahun depan,” jelas Mayers.

Zach Burks, CEO dan pendiri pasar NFT Mintable, memperkirakan bahwa solusi lapisan-2 seperti Immutable X, platform penskalaan NFT di Ethereum, akan membuka banyak aktivitas untuk NFT. NFT diprediksi akan masuk dalam kehidupan sehari-hari kita yang akan datang dari berbagai merek yang biasa kita pakai. 

“Merek-merek besar akan mengeksplorasi dengan NFT dalam beberapa cara dan bentuk,” kata Burks. 

Menurutnya dengan banyaknya orang-orang baru yang datang dan membeli ETH akan menyebabkan ETH menjadi deflasi, dan berdampak ke pasar yang bullish. Kemudian lebih banyak orang bergabung lalu keluar yang mengakibatkan kripto masuk ke pasar bearish.

Metaverse juga merupakan tema utama menuju 2022. Rebranding perusahaan Facebook menjadi “Meta” dan berencana untuk menjadi besar di metaverse sebagai platform sosial virtual membawa kata tersebut ke arus utama. Ini juga mengirimkan harga token metaverse terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain seperti Decentraland dan The Sandbox melonjak.

Yat Siu, ketua eksekutif dan salah satu pendiri Animoca Brands, membayangkan masa depan metaverse sebagai yang terbuka yang dibangun di atas konsep kepemilikan digital sejati yang sebenarnya, yang terdiri dari banyak blockchain (lapisan 1 dan 2) dengan interoperabilitas melalui jembatan. Metaverse masih dalam tahap pengguna awal, dan Siu memperkirakan pertumbuhan besar dari jutaan pengguna saat ini menjadi ratusan juta.

Skirmantas Januškas, CEO dan salah satu pendiri DappRadar, menjelaskan bahwa tahun 2020 adalah 'Tahun DeFi,' 2021 adalah 'Tahun NFT,' dengan game bisa dibilang mencuri sorotan selama kuartal terakhir. 

“Ketika ketiga kategori ini bertemu, tahun 2022 tidak diragukan lagi akan menjadi 'Tahun Metaverse,' dengan platform yang mendukung dan membantu menavigasi paradigma yang kompleks, lintas rantai, dan lintas kategori ini muncul ke permukaan,” ujarnya.

Baca juga: Apa Itu Non-Fungible Token (NFT)? Kenali Crypto Unik Ini!

3. Bangkitnya DAO yang mengubah cara hidup kita

DAO, kependekan dari decentralized autonomous organizations atau organisasi otonom yang terdesentralisasi, telah muncul sebagai struktur organisasi untuk mengelola aset token digital, penggalangan dana, dan memfasilitasi tata kelola yang transparan. 

“DAO cenderung memiliki dampak besar pada adopsi produk Web3,” tulis Carra Wu dan Chris Dixon dari perusahaan modal ventura a16z dalam posting blog baru-baru ini.

DAO telah disebut-sebut sebagai mekanisme tata kelola alternatif untuk struktur dewan tradisional di perusahaan dan cara baru bagi perusahaan kripto untuk go public. Banyak aplikasi DeFi, seperti Uniswap, Aave dan MakerDAO, diatur oleh DAO, yang menyediakan mekanisme untuk pengembangan protokol dan manajemen perbendaharaan melalui kontrak pintar yang dijalankan sendiri di blockchain. Saat ini ada US$13 miliar aset yang dikelola di DAO, menurut data DeepDAO.

Di Amerika Serikat, negara bagian Wyoming mengesahkan undang-undang awal tahun ini untuk memberikan status hukum DAO sebagai perseroan terbatas (LLC). Negara bagian tersebut adalah rumah bagi CityDAO, sebuah perusahaan yang diorganisir sebagai DAO dengan misi menciptakan kota-kota blockchain di dunia nyata. 

Tim CityDAO telah membeli sebidang tanah seluas 40 hektar di sudut jauh Wyoming dan berencana untuk membeli lebih banyak properti di masa depan. Setiap bidang tanah adalah NFT yang dapat dimiliki secara kolektif oleh DAO secara kolektif atau oleh individu.

DAO juga telah dibentuk untuk tujuan investasi. BitDAO, yang menggembar-gemborkan dirinya sebagai salah satu DAO terbesar di dunia, dibentuk untuk berinvestasi di DeFi. Ini menyelesaikan penjualan pribadi senilai US$230 juta yang dipimpin oleh Peter Thiel, Founders Fund, Pantera Capital dan Dragonfly Capital awal tahun ini dan perbendaharaan BitDAO saat ini memiliki aset kripto senilai lebih dari US$3 miliar, menurut situs web BitDAO.

PleasrDAO dibentuk awal tahun ini oleh sekelompok pemimpin DeFi, kolektor NFT, dan seniman digital untuk membeli Uniswap V3 NFT seniman digital Pplpleasr. Sejak saat itu, DAO terus mengakuisisi lebih banyak karya seni digital dan pada bulan Juli memperoleh pinjaman sebesar US$3,5 juta dengan C.R.E.A.M. Iron Bank dari Finance menggunakan beberapa NFT bernilai tinggi sebagai jaminan.

Baru-baru ini, ConstitutionDAO berkumpul untuk mencoba membeli salinan Konstitusi AS edisi pertama milik pribadi terakhir di lelang Sotheby pada bulan November. ConstitutionDAO gagal dalam usahanya dan mengalami akibat yang kacau, tetapi pembentukannya mendorong DAO menjadi berita utama dan kesadaran publik.

Spencer Graham, Manajer Produk DAOhaus, platform tanpa kode untuk meluncurkan dan melayani DAO, mengharapkan lanskap DAO menjadi matang dalam hal segmen atau jenis DAO yang lebih terdefinisi dengan baik, bersama dengan berbagai jenis peralatan DAO yang berfokus untuk mendukung masing-masing DAO.

“Lebih banyak DAO akan dapat menggunakan voting on-chain karena layer 2 seperti Arbitrum, Optimism, ZKsync, dan Starknet menawarkan biaya gas yang lebih murah,” kata Graham.

Menurutnya, hal ini akan menciptakan peluang bagi lebih banyak DAO untuk terbentuk tanpa bergantung pada dewan eksekutif multisig, menurunkan hambatan bagi lebih banyak orang untuk menyatukan aset mereka dalam DAO.

Tujuan khusus dan DAO berbasis identitas yang didorong oleh nilai dan kepentingan komunitas mereka hanya akan menjadi lebih umum, seperti halnya kolaborasi antara DAO. Analis lain memprediksi dunia di mana DAO akan memiliki bagian satu sama lain dan gerakan DAO sendiri akan menjadi terlalu besar untuk gagal, tetapi dengan dampak yang jauh lebih baik dan lebih adil.

“DAO akan mendapatkan daya tarik dalam kasus penggunaan dunia nyata, mulai dari kolektif yang bekerja bersama menuju desentralisasi kekayaan intelektual secara terbuka dan demokratis (VitaDAO), penghobi yang mengoordinasikan perjalanan dan acara (yaitu GnarCollective), hingga organisasi dan identitas yang memilih untuk menyatukan di sekitar penyebab tertentu (yaitu VoizDAO),” prediksi Namik Muduroglu, koordinator ekosistem di PrimeDAO.

Lebih banyak alat untuk DAO diharapkan menjadi area pertumbuhan utama pada tahun 2022. Saat itulah DAO telah mencapai tahap kedewasaan di mana masalah skalabilitas berada. Di sini, perangkat DAO, yang dipelopori oleh kolaborasi DAO-ke-DAO (D2D) akan bersinar.

“Kolaborasi D2D akan memungkinkan semua pemangku kepentingan yang terlibat untuk berpartisipasi dan berkembang menggunakan primitif on-chain tanpa kepercayaan yang selaras dengan nilai-nilai Web3,” kata Muduroglu.

Baca juga: Tiga Kripto Terbaik dan Terburuk Selama 2021, Ada Dogecoin dan Solana 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.