Berita Nasional Terpercaya

Meski Gagal Juara, Timnas Indonesia Tinggalkan Kesan Positif bagi Menpora

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Timnas  Indonesia meninggalkan kesan positif setelah berjuang dalam turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2020.

Kesan positif yang ditinggalkan timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 kemudian meningkatkan optimisme dalam diri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Walau belum meraih gelar juara, timnas Indonesia yang diperkuat banyak pemain muda, mampu mengukir sejumlah catatan impresif. Setelah berjuang dari fase grup hingga final, anak-anak asuh Shin Tae-yong menjadi tim tersubur dengan catatan 20 gol.

Indonesia juga mampu menumbangkan sejumlah tim tangguh seperti Malaysia (fase grup) dan tuan rumah Singapura (semifinal).

Skuad Garuda pun berhasil menahan imbang Vietnam (fase grup) dan Thailand (final leg kedua).

Hasil inilah yang kemudian meningkatkan optimisme dalam diri Menpora Zainudin Amali. Ia yakin timnas Indonesia akan memiliki masa depan yang menjanjikan setelah menunjukkan perkembangan pesat pada Piala AFF 2020.

Baca juga: Begini Kata Wapres Terkait Kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura

“Pemain yang bermain di Piala AFF 2020 ini sebagian besar adalah pemain muda, dan saya lihat di bawah pelatih Shin Tae-yong mereka memiliki perkembangan yang luar biasa,” kata Menpora Amali, Sabtu (1/1/2022).

“Jadi, saya tetap optimistis terhadap masa depan mereka bersama timnas,” imbuhnya.

Menpora juga menunjukkan kepercayaan penuh terhadap kepemimpinan pelatih Shin Tae-yong yang ia nilai memiliki menu latihan komplet.

“Shin Tae-yong melatih secara komprehensif, bukan hanya taktik, strategi, tetapi fisik, mental, dan kerja sama tim juga,” sambungnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia telah merampungkan perjuangan pada pergelaran Piala AFF 2020 yang berlangsung secara terpusat di Singapura sejak 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Perjuangan timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 berakhir setelah merampungkan partai puncak kontra Thailand.

Adapun final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia dan Thailand itu digelar dengan sistem dua leg pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022).

Hasilnya, Indonesia takluk dengan agregat 2-6 dari skuad Gajah Perang, julukan timnas Thailand.

Pada leg pertama, Indonesia takluk 0-4. Lalu, mereka mampu memberi perlawan dan meraih hasil imbang 2-2 ketika melakoni leg kedua.

Baca juga: Timnas U-19, Wujud Asa Sepakbola Indonesia di Pentas Dunia

Hasil tersebut menggagalkan upaya Indonesia yang mengincar gelar pertama dalam ajang Piala AFF. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.