Berita Nasional Terpercaya

Karir Edinson Cavani, Bomber Berpengalaman Manchester United

0

BERNAS.ID- Masa depan Edinson Cavani, penyerang Manchester United masih menjadi salah satu topik hangat yang dibicarakan hingga saat ini. Sejak kedatangannya dari Paris Saint-Germain pada musim 2020/21, Edinson Cavani selalu jadi pilihan utama ujung tombak United. Namun, seiring dengan kepulangan Ronaldo ke Old Trafford, dikabarkan mulai mengeser posisinya.

Baca Juga: Puncaki Klasemen Sementara Serie A, Ini Daftar Lengkap Pemain Inter Milan Terupdate

Pria kelahiran 14 Februari 1987 di Salto, sebuah kota terbesar kedua setelah Montevideo Uruguay, memiliki nama lengkap Edinson Roberto Cavani Gomez. Ia terlahir dari ayah seorang pesepak bola, Luis Cavani dan seorang ibu bernama Berta Gómez. Cavani terkenal karena kemampuan mencetak gol yang produktif dan olah bolanya yang mengesankan. Selain itu, ia juga dikenal sebagai sosok striker yang  tak kenal lelah bekerja naik turun membantu pertahanan dan menyerang saat dibutuhkan.

Daftar Isi :

  1. Tentang Edinson Cavani
  2. Karir Edinson Cavani 
  3. Berkembang di Klub Kaya Raya Paris Saint-Germain 
  4. Manchester United Punya Catatan Buruk Pemain Asal Uruguay
  5. Catatan Karir Klub Sepak Edinson Cavani

 

Tentang Edinson Cavani

Nama Lengkap : Edinson Roberto Cavani Gomez

Tempat Lahir : Salto, Uruguay

Tanggal Lahir : 14 Februari 1987

Nama Pasangan : Jocelyn Burgardt

Kebangsaan : Uruguay

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : Luis Cavani (Ayah) dan Berta Gómez (Ibu)

Klub Saat Ini: Manchester United

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 21 Penyerang

Tinggi Badan : 184 cm

Instagram: @cavaniofficial21

 

Karir Edinson Cavani 

Bomber dengan tinggi 184 cm ini sudah cukup lama melalang buana berkarier di kompetisi sepak bola Eropa. Edinson Cavani sama seperti pemain pada umumnya, ia memulai karir sepak bolanya merangkak dari akademi klub lokal di negaranya bernama Danubio FC.

Karier juniornya dimulai pada musim 2000/ 05, sebelum ia merasakan bermian di karier seniornya pada musim 2005/07. Di skuad utama Danuboi, Cavani mampu mencatatkan sebanyak 25 penampilan dan mencetak 10 gol. Semusim ia berkarir di tim utama, ia kemudian memutuskan hijrah ke eropa setelah dipinang klub berjuluk Il Rosanero, US Palermo pada Januari 2007. Di US Palermo, Cavani dikontrak hampir selama empat setengah musim. Selama kurun waktu tersebut Cavani mampu menampilkan sebanyak 109 penampilan dan sukses mencetak 37 gol dalam 117 pertandingan yang ia jalani.

Baca Juga: Hampir Pensiun Dini Akibat Dibekap Cidera Parah, Ini Cerita Bek Sayap Luke Shaw yang Bangkit 

Karir Cavani di negeri Pizza menanjak setelah musim 2010/ 13, Cavani bermain untuk SSC Napoli. Cavani yang saat itu bersama Palermo memiliki penampilan apik sehingga menarik perhatian dari klub Italia SSC Napoli. Napoli awalnya ingin memakai jasa  sang bomber pada bursa transfer musim panas 2010 degan opsi peminjaman selama satu tahun.

Pasca masa pinjaman Cavani berakhir, Napoli memutuskan untuk menjadikan dirinya sebagai penyerang permanen baginya pada musim 2011/12. Bersama Partenopei SSC Napoli, Cavani menjelma sebagai sosok striker yang haus  gol. Total dari 104 penampilan yang telah dijalani ia mampu mencetak 78  gol selama dua musim.

 

Berkembang di Klub Kaya Raya Paris Saint-Germain 

Berkat performa impresifnya tersebut, Cavani kemudian direkrut klub kaya raya asal Perancis, Paris Saint-Germain pada musim panas 2013. Karir Cavani selama berseragam PSG pun bergelimang trofi. Di sana ia mampu mengemas  enam gelar juara Ligue 1 selama tujuh musim. Selama tujuh musim tersebut, jika ditotal ia telah menyarangkan 200 gol dalam 310 pertandingan di semua kompetisi.

Baca juga: Profil Karir Pesepak Bola Muda Berbakat Man United, Jadon Sancho

Pada bursa transfer musim panas tahun lalu 2020, Manchester United sukses mendaratkan striker berpengalaman tersebut ke Old Trafford dengan status free transfer alias gratis. Cavani tak memperpanjang kontraknya bersama PSG. Masuknya Cavani ke United kala itu, jadi perbincangan hangat. Pasalnya, berlabuhnya Cavani ke United hampir di pengujung penutupan jendela transfer. Kedatangan itu juga dianggap sebagai transfer asal tampung oleh United. Ditambah The Red Devils punya catatan buruk pemain asal Uruguay sebelumnya.

 

Catatan Buruk Manchester United bagi Pemain Asal Uruguay

Sebelum Cavani bergabung, Manchester United sempat merekrut dua pesepak bola yang berasal dari Uruguay. Sosok pertama persepak bola yang direkrut pada 2002 tersebut adalah Diego Forlan. Dua tahun mengisi di Setan Merah, Forlan hanya mampu sumbangkan 17 gol dari 98 penampilan di semua kompetisi. Kemudian, 11 tahun berselang Man United merekrut pemain asal Uruguay juga.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Pembelian Bek Termahal Harry Maguire, Ini Karir Bek Tanguh yang Dibeli United

Pada 2013  rekrutan anyar United asal Uruguay itu bernama Guillermo Varela dari Penarol. Bek kanan kelahiran Montevideo, bersama United sudah empat musim di United. Meski cukup lama bersama The Red Devils, sebagian besar waktu Varela  hanya dialokasikan sebagai pemain pinjaman bagi klub lain. Varela sempat dipinjamkan ke tim muda Real Madrid dan Eintracht Frankfurt. Jika dihitung, Varela cuma mencatatkan 11 penampilan bareng The Reds Devils sebelum akhirnya ia pulang kampung ke Penarol.

Namun berlahan, keraguan itu sedikit terpatahkan, lantaran kini penampilan Cavani di United cukup menjanjikan. Sejauh ini, sejak kedatangannya di Old Trafford pada 2019/ 20 Cavani telah mencetak 19 gol serta menyumbang enam assist dari  49 pertandingan di semua kompetisi. Pundi-pundi gol Cavani masih bisa bertambah. Kini bersama David De Gea dkk, kini dirinya juga menjadi rekan tim Cristiano Ronaldo untuk mempersembahkan prestasi terbaik bagi Manchester United.

Sementara karir di tim nasional Uruguay sejak debutnya pada 2008, pemain The Red Devils ini telah menyumbangkan 126 Caps dan 53 Goals bagi tim nasional La Celeste di semua kompetisi.

Baca Juga: Sempat Jual Pemain Guna Kurangi Beban Finansial, Ini Daftar Pemain Barcelona di Musim Ini

 

Catatan Karir Klub Sepak Bola Edinson Cavani

Karier klub:

2005/ 07 – Danubio FC

2007/ 11 – US Palermo

2010/ 11 – Napoli (Pinjaman)

2011/ 13 – Napoli

2013/ 20 – Paris Saint-Germain

2020-sekarang – Manchester United

Karier timnas: 

2008-sekarang – Uruguay

Baca juga: Sempat Tidak Akur dengan Ronaldo, Ini Catatan Karir Mason Greenwood

Leave A Reply

Your email address will not be published.