Berita Nasional Terpercaya

Pelatih Timnas Shin Tae Yong Dapat Perintah Khusus dari Jokowi Usai AFF

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku mendapatkan perintah dari Presiden Joko Widodo untuk mulai memikirkan Piala Dunia U-20 2023. Shin Tae-yong menyebut Presiden Jokowi menyampaikan perintah tersebut tidak lama setelah Piala AFF 2020 berakhir.

Setelah Piala AFF 2020, Shin Tae-yong yang juga menangani timnas Indonesia kelompok umur akan menghadapi jadwal padat sepanjang 2022.

Piala AFF U23, SEA Games, Asian Games, hingga Piala AFF adalah beberapa turnamen atau kompetisi yang akan berlangsung pada 2022.

Di tengah jadwal padat tersebut, Shin Tae-yong juga diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk mulai memikirkan persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

“Kami sudah berjuang dengan sangat baik (di Piala AFF 2020),” kata Shin Tae-yong dikutip dari salah satu media Korea Selatan, Yonhap, Rabu (5/1/2022). 

“Saya diminta berkonsentrasi mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 dari sekarang,” imbuhnya.

Piala Dunia U20 sendiri seharusnya digelar pada 2021 dengan Indonesia menjadi tuan rumah. Namun, pandemi COVID-19 membuat Piala Dunia U20 pada 2021 dibatalkan. 

Walau demikian, status tuan rumah tetap diberikan kepada Indonesia pada penyelenggaraan edisi 2023.

Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga RI menyebut target Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 tidak hanya menjadi penyelenggara yang baik melainkan juga harus berprestasi.

Atas dasar itu, Zainudin Amali memastikan Pemerintah Indonesia akan memberi dukungan penuh kepada Shin Tae-yong.

Zainudin Amali sangat yakin Shin Tae-yong mampu membentuk timnas U20 Indonesia yang kompetitif.

Baca juga: Begini Kata Wapres Terkait Kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura

Sebab, Shin Tae-yong adalah pelatih berpengalaman dan sudah mulai memahami karakter pemain-pemain Indonesia.

Hal itu disampaikan Zainudin Amali pada akhir Desember 2021.

“Shin Tae-yong adalah pelatih yang dipilih PSSI. Kami sangat mendukung pilihan federasi,” kata Zainudin Amali.

“Kita semua tahu Shin Tae-yong adalah mantan pelatih yang pernah mengantar timnas Korea Selatan mengalahkan Jerman pada Piala Dunia 2018. Semua orang tahu bagaimana kekuatan Jerman. Saat ini, pemain-pemain timnas Indonesia sudah mulai berkembang setelah dilatih Shin Tae-yong,” ucap Zainudin Amali.

“Shin Tae-yong sudah mengerti tentang karakter pemain Indonesia. Para pemain juga sudah mulai ada chemistry (rasa saling terhubung satu sama lain) dengan Shin Tae-yong. Itulah sebabnya, kita tetap mempertahankan Shin Tae-yong.  Shin Tae-yong tetap menjadi pelatih timnas Indonesia karena kita sedang bersiap menghadapi Piala Dunia U-20 2023,” tambah Zainudin.

Baca juga: Meski Gagal Juara, Timnas Indonesia Tinggalkan Kesan Positif bagi Menpora

Terdekat, Shin Tae-yong harus mempersiapkan timnas U23 Indonesia.

Sebab, Skuad Garuda Muda dijadwalkan mengikuti Piala AFF U-23 2022 yang akan dihelat di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang.

Timnas U23 Indonesia selaku juara bertahan nantinya akan bersaing dengan Malaysia, Myanmar, dan Laos, di Grup B Piala AFF U-23 2022. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.