Berita Nasional Terpercaya

Disperindag Sleman Tawarkan Berbagai Fasilitas agar UMKM Bangkit di Masa Pandemi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman turut memberikan kemudahan dengan berbagai fasilitas agar UMKM Sleman tetap bertahan di masa Pandemi Covid-19. Tak dipungkiri Pandemi Covid-19 selama dua tahun menghantam berbagai sektor ekonomi, tak terkecuali UMKM. 

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan di masa pandemi Covid-19 selama dua tahun, Sleman tidak menyerah, khususnya untuk UMKM ada beberapa program unggulan. “Kita fasilitasi kepada UMKM dan terbukti membawa manfaat dan kebangkitan bagi UMKM,” tuturnya, Senin (10/11/2022).

“Kami memfasilitasi selama ini tidak ada pameran untuk UMKM. Kami fasilitasi virtual expo yang bisa dimanfaatkan teman-teman UMKM di slemanexpo.com,” imbuhnya.

Baca Juga Disperindag Sleman Gelar Pameran Produk IKM Secara Virtual

Ia juga menyebut adanya pelatihan-pelatihan yang menunjang, salah satunya marketing digital secara online di Rumah Kreatif Sleman. “Ada 2000 UMKM yang tergabung dan mendapatkan kelas bintang di dalam digital marketing. Bintang satu, bintang dua, bahkan bintang sempurna yang mempunyai FB, IG, dan semua medsos,” ujarnya.

“Kita juga punya dua galeri offline, Galeri Upakarti dan Galeri Dekranasda. Bagi teman-teman UMKM di wilayah di wilayah Sleman ke kantor kami untuk berdiskusi lebih lanjut,” imbuhnya.

Selain itu, Mae juga mengatakan dinas juga menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi untuk berkolaborasi memajukan UMKM Sleman. “Jadi Sleman juga punya satu slogan, Borong Bareng. Mari warga masyarakat Sleman memborong bareng produk UMKM Sleman,” katanya.

“Itu yang harus diambil peluangnya oleh UMKM. Syaratnya tidak boleh menyerah dan minder. Produk UMKM Sleman luar biasa bahkan sampai Malaysia dan Rusia. Yakin pandemi ada kemanfaatan dan yakin pasti ada jalan,” imbuhnya.

Baca Juga Bupati dan Wakil Bupati Kunjungi Disperindag dan Dinkop UMKM Sleman

Ia pun mengajak teman-teman UMKM yang masih kurang dalam pemasaran, produksi, dan kualitas bisa berkolaborasi dengan Disperindag Sleman untuk nanti difasilitasi bersama stakeholder lain, akademisi, dan praktisi yang lain. “Kami siap mendampingi UMKM,” ujarnya.

Sebelumnya,Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sleman bertemu dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo untuk berbicara banyak hal terkait kerjasama. Misalnya, usulan Digital Marketing yang perlu didorong untuk UMKM diterima dengan baik Bupati Sleman. Kadin Sleman pun diharapkan akan lebih berperan dan berpartisipasi di Sleman.

Turut hadir menemui rombongan Kadin Sleman, Budiharjo Asekda Bidang Pembangunan, Heru Saptono Staf Ahli Bupati, Eka Priastana Putra, Sekretaris Dinas Pariwisata Sleman, dan jajaran lain. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.