Berita Nasional Terpercaya

Kemenag Dukung Hukuman Mati Pemerkosa 13 Santri

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi mendukung hukuman mati untuk pemerkosa 13 santri, Herry Wirawan (HW). Selain itu, ia juga mendukung hukuman kebiri untuk HW.

Ia berharap dengan tuntutan hukuman mati dan kebiri  bisa memberikan efek jera kepada HW dan pelaku pelecehan seksual lainnya. “Saya beri dukungan penuh pada penegak hukum atas tuntutan terhadap tersangka pidana Herry Wirawan sesuai dengan keinginan masyarakat,” tuturnya, Selasa (12/1/2022).

Baca Juga Dakwaan Jaksa Menyebutkan Herry Beri Bisikan Halus untuk Hipnotis Santriwatinya

Lanjut tambahnya, hukuman terberat bagi pelaku pelecehan seksual memang harus diberikan. Harapannya, ke depan, lingkungan pendidikan bisa aman dan terbebas dari tindakan asusila.

Selain itu, menurut Zainut lingkungan pendidikan terutama di pondok pesantren harus bersih dari tindakan pelecehan seksual dan asusila sehingga menimbulkan iklim belajar yang nyaman bagi santri dan santriwati.

“Pesantren sebagai lembaga pendidikan harus bersih, harus terhindar dari perilaku-perilaku yang tidak baik apalagi tindak asusila,” ucap dia.

Baca Juga Kajati Jabar Turun Langsung Menjadi JPU terkait Kasus Pencabulan HW

Zainut juga mengaku pihaknya terus melakukan pengawasan dan investigasi di pondok pesantren untuk mencegah tindakan pelecehan seksual terulang kembali. “Menag langsung memberikan instruksi kepada jajarannya untuk melakukan investigasi agar kita mendapatkan data dan pendalaman untuk langkah mitigasi. Kami juga terus lakukan evaluasi,” tutur dia.

Sebelumnya terdakwa Herry Wirawan dituntut hukuman mati dan kebiri oleh jaksa penuntut umum. Herry dinyatakan bersalah telah melakukan tidnakan pencabulan terhadap 12 santriwati di Bandung. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.