Berita Nasional Terpercaya

4 Strategi Digital Marketing bagi UMKM: Murah tapi Butuh Konsistensi

0

Strategi pemasaran bagi UMKM terasa sebagai sesuatu yang mahal dan menghabiskan banyak uang. Apalagi sejak pandemi Covid-19, pemasaran jadi sesuatu yang harus terus berinovasi untuk menghasilkan profit. Kabar baiknya, terdapat sejumlah strategi pemasaran yang terjangkau, tidak menguras kantong, dan membantu UMKM mengembangkan bisnisnya. 

Akan tetapi untuk bisa menjalankan sejumlah strategi digital marketing ini, dibutuhkan lebih banyak waktu dan usaha. Oleh karena itu, konsistensi dan seberapa telaten Anda sebagai pelaku UMKM sangat dibutuhkan di sini.  Maka, inilah 4 strategi pemasaran yang terjangkau untuk bisnis kecil Anda:

 

1. Buat kampanye hashtag merk bisnis

Kampanye hastag dapat mendorong kesadaran akan penyebab atau topik konten tertentu. Apalagi bila hashtag itu bersifat unik dan memberi kesadaran merek ke produk Anda. Salah satu contoh mudahnya adalah kampanye tagar yang dijalankan merek Sogan Batik Jogja di Instagram. Brand batik ini memakai hashtag #soganbatik di tiap unggahannya. Plus, ditambahkan hashtag tertentu untuk kategorisasi produk bajunya, seperti #Shahabi_dress.

Untuk membedakan tagar bisnis Anda dengan tagar lain yang lebih umum digunakan, pastikan menyertakan sebagian dari nama bisnis Anda atau frasa yang mengarah ke identitas/nilai bisnis. Parameter tagar ini harus cukup spesifik sehingga mudah dikenali tetapi cukup luas sehingga audiens merasa terhubung dan ingin terlibat.

Baca juga: Ternyata Digital Marketing Butuh Teknik Kepemimpinan yang Tidak Biasa

2. Libatkan pengikut media sosial Anda

Keterlibatan mungkin merupakan unsur terpenting di media sosial. Tayangan konten saja tidak akan menghasilkan peluang signifikan dan pastinya tidak akan membantu menambah audiens. Sebagian besar algoritma media sosial meningkatkan akun yang secara aktif mendorong partisipasi di antara pengikut mereka. Karenanya, memprioritaskan keterlibatan akan menguntungkan bisnis Anda dalam berbagai bentuk.

Baca juga: 4 Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pemasaran Digital

Dalam kebanyakan kasus, strategi ini biasanya meliputi:
A. Evaluasi konten media sosial saat ini
B. Mengidentifikasi peluang topik/jenis konten yang mampu memancing keterlibatan follower
C. Membuat kampanye tertentu yang memang mendorong keterlibatan secara khusus

Dalam praktiknya nanti, sejumlah keterlibatan follower media sosial berupa:
A. Berkomentar
B. Menandai seorang teman
C. Meng-klik tautan
D. Memberi like dan membagi kiriman

Sejumlah contoh aktivitas di media sosial yang mampu memancing follower untuk terlibat adalah:
A. Membuat kuis
B. Mengadakan give away
C. Memberi sebagian informasi

Strategi digital marketing yang efektif dan tepat akan menghasilkan profit. Sumber: unsplash

Strategi digital marketing yang efektif dan tepat akan menghasilkan profit. Sumber: unsplash

3. Bermitra dengan micro-influencer

Jika Anda ingin menghasilkan brand awarenss dan memasarkan bisnis Anda ke audiens baru, kampanye mikro-influencer mungkin menjadi solusi yang tepat.

Mikro-influencer adalah orang-orang yang secara alami mendukung bisnis UMKM Anda dan ingin bekerja sama untuk memperkuat pemasaran ke audiens yang lebih luas. Strategi pemasaran mikro-influencer biasanya menghasilkan peluang keuntungan yang tinggi. Karenanya, kerja bersama mikro-influencer ini bisa menghasilkan hasil positif bila dijalankan dengan efektif.

Biaya kampanye dengan micro-influecer sangat bervariasi. Penentu harganya adalah berapa jumlah follower-nya dan bagaimana performa media sosialnya. Setelah Anda menemukan influencer yang cocok, selalu usahakan berdiskusi dan bernegosiasi untuk membicarakan topik seputar anggaran, parameter penilaian, dan hasil.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis Kamu

4. Mulai pemasaran video

Pemasaran dengan konten video adalah salah satu media paling signifikan untuk melibatkan audiens sekaligus mempromosikan bisnis Anda. Sebuah survei tahun 2021 ke para pelaku digital marketing dan pemilik usaha kecil menemukan bahwa 74% orang mengatakan video merupakan investasi marketing yang menghasilkan profit lebih baik daripada konten foto/gambar.

Sebuah video marketing yang terencana baik dan efektif akan menghasilkan obrolan di media sosial sehingga mampu menghasilkan keterlibatan dan pengenalan merek. Dalam sebuah video pemasaran yang baik dan efektif, Anda wajib menghadirkan produk, membagikan testimoni konsumen, atau menonjolkan merek dengan cara yang unik.

Beberapa perusahaan besar memiliki anggaran pemasaran video yang luar biasa banyak. Fakta tersebut bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang untuk menghasilkan strategi pemasaran video yang efektif. Cukup gunakan smartphone dan beberapa aksesori murah, Anda dapat membuat video berkualitas tinggi.

Semua strategi digital marketing di atas punya dua kesamaan, yaitu semuanya terjangkau, dan semuanya membutuhkan lebih banyak waktu serta usaha. Strategi pemasaran di atas memang sebagai alternatif dari bentuk pemasaran produk yang menghabiskan banyak uang. Kabar baik lainnya, sejumlah tools dan alat untuk digital marketing dapat membantu Anda membuat strateginya jadi lebih efektif dan sederhana.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.