Berita Nasional Terpercaya

PLN Krisis Batu Bara, 4 Kargo Gas Alam Cair Batal Diekspor

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, sejumlah  kargo gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) yang semula diperuntukan ekspor, dialihkan untuk memenuhi kebutuhan pembangkit PT PLN (Persero).

Sebagai informasi, keandalan pasokan listrik dari PLN sempat terancam, akibat terjadinya krisis batu bara sebagai bahan bakar pembangkit perusahaan pelat merah itu.

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Arief S. Handoko menjelaskan, pada tahun ini pihaknya telah telah menyiapkan sebanyak 58 kargo LNG yang ditujukan untuk kebutuhan PLN.

Baca juga: Perusahaan yang Tak Pasok Batu Bara ke Dalam Negeri Bakal Kena Penalti

“Ini terdiri dari 13 kargo Bontang, kurang lebih sisanya dari Tangguh 45 kargo,” kata dia, Selasa (8/1/2022).

Meski demikian, untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan bakar pembangkit PLN pada awal tahun ini, SKK Migas melakukan penyesuaian terhadap 4 kargo LNG yang diperuntukan ekspor.

“Untuk menutupi kekurangan batu bara ini, kita merubah jadwal pengiriman ekspor, kurang lebih ada 4 kargo. Bukan kita batalkan, kita reschedule, dialihkan ke PLN,” tutur Arief.

Terkait dengan pengalihan tersebut, Arief menjelaskan, pihaknya tengah melakukan pembahasan dengan para pembeli semula, dengan tujuan tidak dikenakan pinalti.

Baca juga: Pemerintah Hentikan Pembangunan Proyek PLTU Batu Bara?

Ia memastikan, nantinya ke-4 kargo LNG tersebut akan dikirim dengan melakukan penjadwalan ulang.

“Jadi pembatalan kargo itu sebetulnya bisa diartikan pengalihan kargo yang tadinya diekspor masuk untuk memenuhi kebutuhan PLN yang sangat urgent ini,” ucap dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.