Berita Nasional Terpercaya

Sleman Berikan Tondo Tresno untuk Korban Erupsi Semeru di Lumajang

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kabupaten Sleman menyalurkan sejumlah bantuan ke Lumajang untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Selain uang tunai, bantuan berupa sembako, pakaian, alat ibadah, alat kebersihan, perlengkapan bayi, dan lainnya.

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan diterima oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, di Pringgitan, Pendopo Kabupaten Lumajang, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga Bupati Lumajang Perintahkan Tangkap Pria yang Tendang Sesajen di Semeru

Bupati Sleman, Kustini mengatakan bantuan yang diberikan tersebut sebagai tanda cinta dari Sleman untuk masyarakat Lumajang. “Kedatangan kami beserta rombongan ini bertujuan untuk menyampaikan bantuan sebagai Tondho Tresno dari masyarakat Sleman kepada saudaranya di Lumajang,” tuturnya.

Ia menyebutkan bantuan yang diberikan Pemkab Sleman berupa donasi dengan total sebesar Rp.899.664.505. Dari jumlah tersebut, lebih dari 523 juta rupiah telah disalurkan terlebih dahulu. Adapun sisanya sebesar 374 juta rupiah lebih diserahkan secara langsung kepada Bupati Lumajang.

Lebih lanjut, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sleman yang dikumpulkan melalui beberapa pihak, seperti KORPRI Kabupaten Sleman, Lazismu, Laziznu, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sleman, Baznas Sleman, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sleman, Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

“Kami berharap bantuan kami yang tidak seberapa ini dapat meringankan beban saudara-saudara kami, warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Kustini.

Baca Juga Bangkitkan Semangat Korban Erupsi Semeru, PKHI Berikan Bantuan Hipnoterapi

Sementara Wakil Bupati Lumajang, Indah mengucapkan terima kasih sekaligus mengaku terharu dengan bantuan yang diberikan Pemkab Sleman. Terlebih saat ini Pemkab Sleman sendiri tengah menghadapi status siaga Gunung Merapi. 

“Saya terharu. Karena Sleman sendiri sedang siaga Merapi tapi masih sempat menjenguk kami di Lumajang,” ucapnya.

Pemberian bantuan ini dilakukan oleh Bupati Sleman beserta rombongan yang berjumlah 33 orang, diantaranya terdiri dari Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, kepala BPBD, beberapa kepala bagian, pengurus KORPRI Sleman, BAZNAS Sleman dan PMI Sleman.

Rombongan Bupati Sleman juga sempat meninjau lokasi bencana erupsi yang ada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Lalu dilanjutkan dengan mengunjungi dan sekaligus memberikan bantuan secara langsung kepada para pengungsi di barak pengungsian di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.