Berita Nasional Terpercaya

Penyandang Disabilitas di Pakem Berterima Kasih karena Diberi Bantuan Sesuai Kebutuhan

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sejumlah penyandang disabilitas dari berbagai usia menerima bantuan dari Balai Antasena Magelang, Kemensos RI di Kantor Kapanewon Pakem, Sleman, Jumat (21/1/2022). Bantuan yang diserahkan berupa sejumlah sepeda motor roda tiga, alat bantu dengar, dan kursi roda.

Sumarno Sri Wibowo, Kepala Balai Antasena Magelang, Kemensos RI mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud hadirnya Pemerintah untuk penyandang disabilitas. “Salah satu upaya Pemerintah konsern terhadap pemberdayaan penyandang disabilitas. Salah satunya, kita berikan akses,” tuturnya.

Lanjut tambahnya, misal untuk bantuan sejumlah sepeda motor roda tiga, nanti akan dipakai penyandang disabilitas untuk meneruskan usahanya menjahit, usaha ekpedisi, usaha sayuran, dan usaha kelontong. Sepeda motor roda tiga ini ditujukan untuk penyandang disabilitas fisik, amputasi kaki karena mereka tidak bisa memakai sepeda motor yang normal. “Harapannya mereka memberdayakan diri sendiri, minimal keluarga dan masyarakat sekitar,” katanya.

“Harapannya bantuan ini akan menjadi modal berwirausaha untuk ikut dalam pembangunan,” imbuhnya.

Baca Juga Disabilitas Tinah dan Tijah, Warga Pakem Sleman, Akan Kolaborasi Merawat Sepasang Kambing

Pak Bowo, sapaan akrabnya, mengatakan nanti pihaknya juga akan melakukan pendampingan terhadap penerima bantuan penyandang disabilitas, bagaimana menjalankan usaha. Pendampingan melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). “Selain itu, ketika terjadi kesulitan pengoperasionalan, mereka bisa mengontak balai untuk membantu. Kalau ada kerusakan alat, silakan juga menghubungi balai, nanti akan dibantu memperbaiki,” tuturnya.

Ani Martanti, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman mengatakan penyerahan bantuan merupakan bukti sebuah komunikasi penting untuk dibangun. “Ketika di masyarakat ada yang membutuhkan seperti saudara kita yang disabilitas, kita harus saling berkomunikasi melalui TKSK, Dukuh, Panewu, dan Lurah,” tuturnya.

“Kegiatan ini semoga bisa berjalan terus  sehingga saudara kita yang disabilitas ini bisa lebih beruntung dengan bantuan ini,” imbuhnya.

Baca Juga 31 Anak Korban Covid-19 di Cangkringan Sleman Terima Bantuan Sosial

Ani menyampaikan bantuan ini awalnya dari komunikasi jejaring masyarakat sehingga bisa memberikan informasi. “Kalau itu layak kita perjuangkan, kita akan upayakan berikan bantuan,” ucapnya.

Sukasno (50), warga Cepit Pakem Sleman, salah satu penerima bantuan sepeda motor roda tiga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas bantuan yang diberikan. “Terima kasih ini sangat membantu sekali. Semoga usaha menjadi maju dan bermanfaat bagi semua orang,” ujarnya.

Ia mengatakan sudah melakoni usaha jahitnya selama 15 tahun di rumah. “Dengan kendaraan ini, harapannya kalau sepi, saya bisa keliling. Tambahan lain bisa jualan kopi,” pungkasnya. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.