Berita Nasional Terpercaya

7 Mobil Listrik Ini Ternyata Buatan Indonesia

0

BERNAS. ID- Jauh sebelum mobil-mobil listrik luar negeri datang ke Indonesia, anak-anak bangsa justru pernah berhasil membuat kendaraan ramah lingkungan ini. Kita selayaknya patut bangga, karena ternyata industri dalam negeri kita mampu memproduksi mobil listrik buatan Indonesia yang tak kalah dari negara lain.

Kehadiran mobil-mobil listrik di Indonesia sendiri, selain sebagai terobosan mobil masa depan yang diklaim ramah lingkungan, kehadirannya juga sebagai warna baru desain dan  futuristiknya kini juga tidak kalah menarik.

Namun masih banyak yang tidak menyangka bahwa Indonesia juga mampu membuat mobil listrik. Beberapa deretan mobil listrik berikut ini pernah dibuat di dalam negeri.

Baca juga: Mercedes-Benz Beri Kemudahan Pelanggan di Bogor Melalui Mobile Service Clinic dan Test Drive untuk Masyarakat

Daftar Isi :

  1. Mobil Listrik Tucuxi
  2. Mobil Listrik Gendhis
  3. Mobil Listrik Ahmadi
  4. Mobil Listrik Si Elang
  5. Mobil Listrik Evina
  6. Bus Listrik Ahmadi
  7. Mobil Listrik Selo

 

 

Mobil Listrik Tucuxi

mobil listrik indonesia Tuxuci

 

Pada awal tahun 2012, muncul mobil listrik bernama Tucuxi. Mobil listrik ini merupakan mobil listrik generasi pertama buatan anak negeri. Danet Suryatama adalah sosok di balik munculnya mobil listrik generasi pertama di Indonesia ini.

Danet sendiri merupakan  alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan University of Michigan. ia juga pernah merancang  mobil listrik sport serupa dengan mengandeng mobil sport asal Eropa.

Mulai dari body, dan desain kabin, sampi model pewarnaanya, Tucuxi ini mirip sekali dengan mobil kenamaan, supercar Bugatti.  Tuxuci sendiri berarti lumba-lumba. Maka tak ayal  desain mobil listrik ini lonong terkesan  lebih mirip seperti lumba-lumba.  

Meski Mobil listrik generasi pertama, kapasitas mesin motor listriknya cukup besar bertenaga 268 daya kuda. Mobil  ini mampu melaju hingga kecepatan  maksimal hingga 200 kilometer per jam dengan jarak tempuh maksimal hingga 400 kilometer. Namun sayangnya sampai saat ini, belum ada tindak lanjut  terkait produksi massal mobil Tuxsuci ini.

Baca juga: Menperin Usul Mobil di Bawah Rp 250 Juta Bebas PPnBM

Mobil Listrik Gendhis

mobil listrik gendhis

 

Satu tahun kemudian muncul mobil listrik dalam negeri yang diberi nama Gendhis. Gendhis adalah mobil listrik premium dengan tipe MPV yang dirancang dengan kapasitas tujuh orang. Mobil listrik Gendhis pertama kali diperkenalkan saat event bergengsi APEC 2013 di Bali.

Mobil listrik berjenis minibus yang bentuknya hampir serupa dengan mobil Alphard ini merupakan buatan Ricky Elson dan tim. Gendhis ini hasil modifikasi Bengkel Kupu-kupu malam  asal Yogyakarta. Memiliki fitur pintu mobil model sliding door, yang memudahkan para penumpang untuk keluar-masuk.

Namun cukup disayangkan, mobil berbahan bakar biodiesel ini masih dalam bentuk prototype dan belum ada rencana untuk diproduksi massal dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Pemerintah Masih Kaji Usulan Insentif PPnBM Mobil Baru Diperpanjang

Mobil Listrik Ahmadi

mobil listrik ahmadi

Unik sekali bukan namanya. Ternyata memang mobil listrik Ahmadi ini hasil buatan Dasep Ahmadi bersama tim di PT Sarimas Ahmadi Pratama di Depok. Dasep Ahmadi sendiri merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Meski bentuknya sangat mungil hampir mirip dengan Hyundai Atoz , Mobil listrik Ahmadi mampu melaju dengan kecepatan hingga 80 km/jam dan dapat menempuh jarak maksimal 130 km. Mobil listrik ini sempat diperkenalkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, yang dulu menjabat pada tahun 2012.

Baca juga: Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Berikut Tips untuk Mengatasinya

 

Mobil Listrik Si Elang

 mobil listrik si elang

 

Dari kebanyakan produsen mobil listrik diproduksi industry kenamaan indonesia, tapi tidak dengan yang satu ini.  Yang menarik dari mobil listrik  ini malah dibuat oleh sekelompok mahasiswa lho. Ya mahasiswa pun tidak mau kalah dalam pembuatan mobil listrik. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar Magelang juga mampu mengembangkan mobil listrik ramah lingkungan yang diberi nama Si Elang.

Mobil ini dirakit dengan mesin penggerak motor listrik bertenaga 350 watt. Si Elang juga memiliki kecepatan maksimal hingga 40 km/jam. Namun, mobil listrik Si Elang belum layak untuk diperjualbelikan karena masih perlu pengembangan lebih lanjut. Sebab baterai mobil listrik ini hanya mampu bertahan 3 jam saja.

Baca juga: Luhut Tantang Wuling Jual Mobil Listrik di Indonesia Tahun 2022

Mobil Listrik Evina

mobil listrik evina

Dasep Ahmadi kembali merancang mobil listrik Evina pada 2013. Namanya merupakan singkatan dari Electric Vehicle Indonesia. Ahmadi merancang mobil listrik Evina dengan desain city car dengan lima pintu yang cocok dijadikan sebagai mobil perkotaan.

Beberapa kompartemen pendukung seperti motor listrik berkekuatan 20 kWh dan baterai lithium-ion berkapasitas 21 kWh dikirim langsung dari Amerika Serikat dipasangkan dalam rangka yang diklaim mampu menghasilkan daya tenaga mobil listrik ini hanya 50 horsepower. Evina ini juga mampu menjangkau jarak terjauh 135 km.

Baca juga: Rekomendasi Mobil MVP untuk Anda Miliki

Bus Listrik Ahmadi

mobil listrik indonesia

Tidak hanya mobil listrik saja yang pernah dibuat di Indonesia, jenis mobil angkutan umum seperti bus listrik pun pernah diproduksi pada tahun 2013 silam. Ditenagai 132 sel baterai lithium ferophospat berdaya 150 kwh, bus ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 220 kw atau setara 294 daya kuda dengan kecepatan maksimal bus listrik ini bisa mencapai 80 km/jam.

Pengujian pertama yang dilakukan PT Sarimas Ahmadi Pratama kala itu, mengendarainya dari Bandung melalui Puncak dan sampai ke Cibinong. Ngomong – ngomong harga, bus Listrik Indonesia ini masih sangat mahal, harga yang dipatok bus ini mulai Rp. 1.2 Miliar.

Baca juga: Mana Mobil Keluarga 100 Jutaan Yang Layak Dibeli?

Mobil Listrik Selo

 

Selanjutnya mobil listrik yang cukup bomming kala itu mobil listrik Selo. Selo sendiri juga buah karya Ricky Nelson pada 2013. Menariknya dari Selo selain canggih desainnya juga keren. Selo terlihat mirip mobil kenamaan asal pabrikan Italia, Lamborghini. Tak hanya itu, soal dapur pacu, Selo ditenagai 182 daya kuda dan torsi maksimal 130 kw.

Butuh berapa waktu untuk mengisi baterai Selo? Untuk mengisi baterai mobil listrik Selo hanya membutuhkan waktu 4 jam. Ketika terisi penuh mobil Selo ini diklaim mampu menempuh perjalanan hingga hingga 250 kilometer.

Baca juga: Merek Mobil Terbaik di Indonesia, Sejarah Hingga Eksistensinya

Leave A Reply

Your email address will not be published.