Berita Nasional Terpercaya

RSPAU Hardjolukito Terus Siaga Antisipasi Lonjakan Omicron

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – RSPAU dr S Hardjolukito terus siaga untuk antisipasi ancaman lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron. Meskipun sejak dua minggu lalu, sudah nol atau zero pasien Covid-19.

Kepala RSPAU dr S Hardjolukito, Marsekal Pertama TNI dr Mukti Arja Berlian, SpPD, SpKP mengatakan, rumah sakitnya 100 persen sudah siap menangani pasien Covid-19 sejak jauh-jauh hari. “Tetap harus siap. Kami siapkan 100 bed khusus pasien Covid-19 termasuk ventilator dan peralatan yang lain,” tuturnya, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga Dua Pasien Terkonfirmasi Omicron Meninggal Dunia, Ini Kata Kemenkes

Lanjut tambahnya, kesiapan terus dilakukan karena kultur orang Jogja yang memiliki filosofi “Mangan Ora Mangan Asal Kumpul”. Menurutnya, kultur seperti ini sangat rawan untuk penularan Omicron. “Gejalanya memang tidak terlalu berat, tapi cepat menular dibandingkan Delta. Masyarakatnya guyub, Jogja paling lama hilangnya dari Covid-19 waktu itu, padahal lainnya sudah pada hilang,” katanya.

Ia juga menyampaikan, rumah sakitnya sudah memiliki regulator sendiri untuk produksi oksigen yang per hari bisa memproduksi 60 tabung oksigen. “Oksigen produksi sendiri, InsyaAllah cukup untuk pasien,” ucapnya.

Baca Juga Jokowi Minta Warga Jauhi Kerumunan karena Ada Lonjakan Omicron

“Kami juga memiliki tim Covid-19 sendiri dan sudah siap menangani, mulai masuk dari IGD khusus, penanganan khusus, dan masuk ke ruangan khusus,” imbuh Mukti. 

Ia pun mengimbau agar seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi Covid-19 varian Omicron. “Imbauan, tetap prokes sampai kapan pun untuk mencegah penularan,” pungkasnya.

Perkembangan situasi Covid-19 di DIY per hari Minggu tanggal 23 Januari 2022, tercatat ada penambahan kasus terkonfirmasi sebanyak 8 kasus sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 157.126 kasus.

Distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 menurut domisili wilayah kabupaten dan kota, yaitu Kota Yogyakarta: 2 kasus, Kabupaten Bantul: 1 kasus, Kabupaten Kulon Progo: 1 kasus, Kabupaten Gunungkidul: 0, dan kasus Kabupaten Sleman: 4 kasus. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.