Berita Nasional Terpercaya

Profil Fabinho, Si Pemain Serba Bisa Lini Belakang Liverpool

Habis masa peminjaman di Madrid,  musim 2013 Fabinho kemudian melanjutkan karir sepak bolanya ke Prancis sebagai pemain pinjaman lagi.

0

BERNAS. ID –  Kemenangan 3-0 Liverpool di Anfield pada pertandingan pekan ke 22 gelaran Liga Premier Inggris tak lepas dari permainan apik yang ditujukan gelandang bertahan mereka, Fabinho. Melalui sumbangan gol dari Fabinho memanfaatkan umpan Trent Alexander-Arnold, Liverpool sukses raih poin penuh di Laga melawan Brentford pada (16/1/2022).

Dalam pertandingan itu, sosok  pemain asal Brasil bersama Jordan Henderson sukses mengawal lini tengah Liverpool dengan statistik penguasaan bola yang  cukup dominan. Dalam pertandingan tersebut mqereka menguasai 74 persen penguasaan bola. Lantas bagaimana sepak terjang Fabinho dalam karir sepak bolanya? Simak profil dan sepak terjang seorang  Fabinho berikut ini.

Daftar Isi :

  1. Tentang Fabinho
  2. Perjalanan Karir Sepak Bola Fabinho
  3. Gemilang Sebagai Pemain Pinjaman di AS Monaco
  4. Masuk Radar Pembelian Jurgen Klopp
  5. Pemain Belakang yang Serba Bisa

Tentang Fabinho

Nama Lengkap : Fábio Henrique Tavares

Tempat Lahir : Campinas, Sao Paulo, Brasil

Tanggal Lahir : 23 Oktober 1993

Nama Pasangan : Rebeca Tavares

Kebangsaan : Brasil

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : João Roberto Tavares (Ayah) dan Rosangela Tavares (Ibu)

Klub Saat Ini: Liverpool

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 3 Gelandang Bertahan

Tinggi Badan : 188 cm

Nama Instagram: @fabinho

Perjalanan Karir Sepak Bola Fabinho

Lahir dengan nama lengkap Fábinho Henrique Tavares pada tahun 23 Oktober 1993, ia mengawali karir profesional sebagai pemain sepak bola di klub akademi Rio Fluminense. Fabinho kemudian pergi dari sana dan mulai bermain untuk Rio Ave di Portugal pada Juni 2012. Tapi hari hari dilewati Fabinho di Rio Ave dengan jalan yang tak mulus. Di sania a tak punya banyak menit  bermain tim utama. Atas kondisi tersebut, ia kemudian dipinjamkan ke klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Baca Juga: Karir Penyerang Liverpool Diogo Jota yang Dulu Sukses di Wolves

Dengan kesepakatan peminjaman selama semusim, ia bermain di Real Madrid Castilla musim 2012-13, ia tampil 30 kali untuk tim B mereka dan mengakhiri musim dengan penampilan senior di La Liga sebagai pemain pengganti melawan Malaga di Santiago Bernabeu.

Habis masa peminjaman di Madrid,  musim 2013 Fabinho kemudian melanjutkan karir sepak bolanya ke Prancis  sebagai pemain pinjaman lagi. Kali ini ia bermain untuk As Monaco selama dua musim. Berkat penampian impresifnya sebagai pemain pinjaman, manajemen klub berjuluk Les Rouge et Blanc itu akhirnya setuju untuk mempermanenkannya pada musim 2015.

Gemilang Sebagai Pemain Pinjaman di AS Monaco

Di Monaco Fabinho dengan cepat menjadi andalan tim, ia membuat 35  penampilan di musim pertamanya. Musim  Keduanya  berseragam AS Monaco, Fabinho memainkan  131 pertandingan. Di musim kedua itu, Fabinho dan kawan kawan  mampu menjadi pemuncak Ligue 1, mereka unggul delapan poin dari PSG dan AS Monaco mencatatkan 100 golnya.

Baca Juga: Dikenal Rajin Umroh, Ini Karir Pesepakbola Paul Pogba Si Gelandang Berbakat Milik Man United

Puncak karir Fabinho di Monaco, kala mampu mematahkan dominasi  juara PSG dan memenangi Ligue 1 Prancis di musim 2016/ 17. Pada musim selanjutnya  Monaco akhirnya mampu merangsek masuk di Liga Champions.

Total selama lima musim bermain di AS Monaco, Fabinho telah melakoni 233 kali pertandingan. Meski Fabinho bukan sebagai striker, namun dapat mencetak 31 gol. Pada musim panas yang sama, ia juga terpilih dalam seleksi masuk sebagai pemain tim nasional Brasil untuk pertama kalinya, yang akan  bermain di Copa America.

Masuk Radar Pembelian Jurgen Klopp

Sosoknya  yang tinggi dan atletis di tengah lapangan, serta kelincahan membawa bola, akhirnya  pemain berusia 24 tahun itu menarik minat pelatih Liverpool, Jurgen Klopp merekrutnya jadi bagian punggawanya pada 28 Mei 2018.

Fabinho diikat kontrak jangka panjang dengan nilai transfer sebesar 39 juta poundsterling. Selain sebagai gelandang bertahan, ia juga mampu memainkan peran di salah satu posisi sebagai full-back. Fleksibilitas mendominasi lini tengah Fabinho menjadi modal Liverpool mampu konsisten bermain di klasemen atas Premier League.

Baca Juga: Setelah Merelakan Griezmann Pulang ke Atletico Madrid, Ini Daftar Rekrutan Baru Pemain Andalan Barcelona 

Seperti umumnya pemain baru,  musim pertama Fabinho harus bersabar karena  tidak mendapat menit bermain yang cukup di Anfield. Barulah, ia membuat start pertamanya dalam pertandingan Piala Liga melawan Chelsea di akhir musim. Debutnya di musim pertama Liverpool, Fabinho ikut atas raihan  suksesnya Liverpool berhasil menjuarai Piala Liga Champions UEFA 2018/ 19.

Sedangkan ia memulai liga di Premier League  pertamanya di Huddersfield pada 19 Oktober. Fabinho tampil di semua kecuali dua dari 29 pertandingan tersisa, mencetak gol pertamanya untuk klub saat pesta kemenangan 4-0  pada Boxing Day melawan Newcastle.

Pemain Belakang yang Serba Bisa

Fleksibilitas yang ia miliki menjadi opsi Jurgen Klopp merotasinya sebagai full back kala menggantikan Virgil Van Dijk yang diskors melawan Bayern Munich fase grup Liga Champions.  Musim selanjutnya Fabinho terus tampil mengesankan bersama The Reds, Liverpool pada musim 2019/20.

Tak jarang ia mampu menjadi pemecah kebuntuan dengan tendangan kerasnya. Yang paling diingat adalah ketika ia  mampu membuat tembakan jarak jauh dalam pertandingan krusial melawan Manchester City di Anfield, di mana ia memimpin lini tengah dan dalam kemenangan 3-1.

Baca Juga:  Ini Cerita Karir Sosok CR7 yang Sukses Antarkan Portugal Juara Piala Eropa

Selama 2020/21 Fabinho banyak memainkan sejumlah pertandingan sebagai center bek, karena beberapa nama cedera. Ia juga sempat menepi dalam beberapa pertandingan karena cedera otot pada Februari.

Pasca sembuh ia mulai memainkan posisi idealnya  sebagai gelandang menjelang akhir musim. Kini pemain berkepala plontos itu telah memperpanjang masa baktinya di Liverpool dengan menandatangani kontrak baru di musim panas yang membuatnya tetap di klub hingga 2026.

Leave A Reply

Your email address will not be published.