Berita Nasional Terpercaya

Profil De Bruyne, Sosok Playmaker Berbakat Manchester City

Bersama The Citizen, sejauh ini Kevin de Bruyne sudah menyumbangkan 2 gelar Premier League, 1 trofi piala FA dan 3 Piala Liga.

0

BERNAS.ID – Nama Kevin De Bruyne cukup diperhitungkan sebagai playmaker terbaik eropa. De Bruyne merupakan  pemain sepak bola asal Belgia yang saat ini merumput sebagai playmaker di klub Liga Inggris, Manchester City. Drongen, Ghent, Belgia merupakan tempat lahir sang pemain pada 28 Juni 1991 silam. De Bruyne sendiri merupakan putra dari pasangan Herwig De Bruyne dan Anna De Bruyne.

Meski lahir di Belgia, Kevin banyak menghabiskan masa kecilnya melalang buana dari Inggris hingga Afrika. Hal tersebut ia jalani karena sang Ibunya berasal dari Inggris yang lahir di Afrika, serta sang ayah yang memiliki perusahaan minyak yang tersebar di beberapa negara.

Baca juga: Profil Fabinho, Si Pemain Serba Bisa Lini Belakang Liverpool

Daftar Isi :

  1. Tentang Kevin De Bruyne
  2. Awal Karir Kevin De Bruyne Sebagai Pesepak Bola
  3. Debutnya Karirnya Dimulai di Racing Genk
  4. Menjalani Musim Sebagai Pemain Pinjaman Werder Bremen
  5. Sosok Playmaker Kreatif Manchester City

Tentang Kevin De Bruyne

Nama Lengkap : Kevin De Bruyne

Tempat Lahir : Drongen, Ghent, Belgia

Tanggal Lahir : 28 Juni 1991

Nama Pasangan : Caroline Lijnen

Kebangsaan : Belgia

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : Herwig De Bruyne (Ayah) dan Anna De Bruyne (Ibu)

Klub Saat Ini: Manchester City

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 17 Gelandang Serang

Tinggi Badan : 181 cm

Nama Instagram: @ kevindebruyne

Baca juga: Thiago Alcantara, Kini Karir dan Performanya Menurun di Liverpool

Awal Karir Kevin De Bruyne Sebagai Pesepak Bola

Saat berusia empat tahun, Kevin mulai menggemari permainan sepak bola. Lazimnya anak yang tumbuh dari keluarga berada dan sadar pendidikan, ia memulai karir sepak bola di  sekolahnya yang terletak di Drongen. Saat usianya genap 12 tahun De Bruyne bergabung dengan Gent pada  tahun 2003.

Dua musim ia habiskan di sana setelh itu di tahun saat usianya menginjak 14 tahun, Kevin lalu bergabung dengan akademi sepakbola Racing Genk dan mulai memiliki beberapa skill dasar untuk mengolah si kulit bundar. Beberapa tahun menempa diri di akademi tersebut, kemampuan Kevin sudah menyita banyak perhatian media di sana.

Meski lahir dari keluarga kaya raya, Kevin tak cukup mendapat dukungan dari orang tua untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Tak ayal kondisi itu yang menuntutnya tetap bertahan hidup dengan hanya mengandalkan uang yang didapat dari bermain bola di klub Belgia itu.

Baca juga: Profil Diogo Jota Dan Karir Sepak Bolanya yang Berliku

Memulai Debut Karirnya di Racing Genk

Kerja kerasnya selama menjadi pemain tim Racing Genk Junior membuahkan hasil, karena pada tahun 2008, ia berhasil masuk skuad senior untuk bermain di dalam skema line up utama Racing Genk.

Lima bulan berlalu, tepat pada pada 9 Mei 2009, ia memulai berkesempatan memainkan debut profesionalnya saat melawan RSC Charleroi di kompetisi Liga Belgia. Kemudian pada 7 Februari 2010, De Bruyne mencetak gol pertamanya untuk klub. Ia berhasil mengamankan tiga poin untuk Genk dalam kemenangan tipis 1-0 kala bersua Standard Liège.

Musim 2010/11 menjadi momentum keberuntungan bagi karir Kevin De Bruyne. Dalam 32 laga di semua kompetisi, Kevin sukses mengoleksi 16 assist dan 5 gol bagi tim yang dibelanya.

Pada Oktober 2011, Kevin berhasil menorehkan hattrick pertamanya ketika bermain melawan Club Brugge. Kevin sukses mengoleksi 8 gol dalam 28 pertandingan pada musim 2011/12. Karirnya bersama Racing genk berakhir pada tahun 2012 karena klub asal london, Chelsea tertarik menggaetnya. The Blues mengumumkan penandatanganan kontrak De Bruyne, dengan biaya berkisar 7 juta poundsterling.

Akhirnya ia resmi berseragam Chelsea pada bulan Juli 2012 dengan menandatangani kontrak berdurasi lima setengah tahun di Stamford Bridge. Jika ditotal selama bermain di Racing genk dari tahun 2008-2012, De Bruyne telah bermain sebanyak 97 laga dan berhasil mencetak 16 gol.

Baca juga: Alexander Arnold, Si Pencetak Rekor Assist Guiness World Records

Menjalani Musim Sebagai Pemain Pinjaman Werder Bremen

Cerita De Bruyne di klub berjuluk The Blues  itu tak selalu indah. Dikontrak Chelsea rupanya tidak membuat De Bruyne bermain untuk Chelsea. Seperti lazimnya pemain muda di awal karier, ia pun tak banyak mendapat menit bermain akhirnya pada 2 Agustus 2012, Chelsea meminjamkan sang gelandang ke klub Jerman, Werder Bremen. Bermain di Bundesliga performa De Bruyne dianggap cukup sukses karena ia berhasil mencetak 10 gol dalam 33 penampilan.

Setelah menjalani masa pinjaman yang gemilang bersama Werder Bremen, De Bruyne kembali Lagi ke London pada Juli 2013. Debut di liga primer Inggris terjadi pada 18 Agustus kala Chelsea menang 2-0 atas Hull City. Kevin bermain bagi The Blues hanya pada paruh pertama musim 2013/14.

Debutnya berlanjut pada 18 Januari 2014, Kevin kembali merumput ke Jerman dan bermain untuk membela Wolfsburg. Biaya transfer De Bruyne senilai 22 juta Euro atau setara Rp 352 Miliar mampu memboyongnya ke klub tersebut. Di tim tersebut, Kevin mengundang banyak perhatian. Ia bermain apik dan penampilannya semakin berkembang pesat. Masih memberikan prestasi terbaiknya, Kevin berhasil mempersembahkan 10 gol dan 21 assist bagi Wolfsburg Musim 2014/15.

De Bruyne mengakhiri karir di Wolfsburg pada 2015, ia memberikan 1 gelar piala liga jerman dan 1 gelar Piala Super Jerman untuk Wolfsburg. Ia bermain sebanyak 51 kali dan menghasil 13 gol di kompetisi domestik.

Baca juga: Virgil Van Dijk, Karir Bek Liverpool yang Raih Gelar Pesepakbola Terbaik Eropa

Sosok Playmaker Kreatif Manchester City

Setelah bermain apik di Bundesliga, De Bruyne kemudian menarik minat Manchester City untuk merekrutnya di bursa transfer Agustus 2015. De Bruyne resmi berseragam The Citizen setelah  menandatangani kontrak berdurasi enam tahun. Ketika itu, Bandrol yang harus dikeluarkan City untuk memboyongnya  senilai 55 juta euro atau setara Rp 880 Miliar.

Bersama Manchester City, kemampuan Kevin meningkat sangat bagus. Ia kerap mencetak gol dengan tendangan- tendangan kerasnya. Tak jarang ia kerap menjadi bagian penting dalam tiap laga yang dijalani Manchester City.

Kevin De Bruyne kerap meraih gelar Man of the Match dan mampu mencetak banyak gol bagi Manchester City. Prestasinya pun dinilai sangat membanggakan sehingga The Citizen rela untuk memberikan perpanjangan kontrak bagi pemain berbakat asal Belgia itu. Kevin pun resmi tetap dipinang oleh The Citizen hingga 2023 mendatang.

Bersama The Citizen, sejauh ini Kevin de Bruyne sudah menyumbangkan 2 gelar Premier League, 1 trofi piala FA dan 3 Piala Liga.

Tak hanya berprestasi bersama City, Kevin juga menampilkan permainan terbaiknya saat membela tim nasional Belgia. Memulai debutnya saat uji coba melawan Finlandia pada 11 agustus 2010 di usia yang baru menginjak 19 tahun. Hingga kini De Bruyne telah mencatatkan 80 caps bersama timnas Belgia dengan koleksi 21 gol.

Selain sukses sebagai pesepak bola, diketahui  pemain bertinggi 181 cm itu kini juga tengah  merambah ke dunia bisnis. Kini De Bruyne, juga memiliki perusahaan pakaian dengan brand sendiri yang diberi nama KDB Clothing.

Baca juga: Karir Sepak Bola Bintang Liverpool, Sadio Mane, Seorang Anak Imam Masjid

Leave A Reply

Your email address will not be published.