Berita Nasional Terpercaya

Mudahkan Petugas dan Relawan, Damkarmat Kota Jogja Kembangkan Aplikasi Baru

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta tengah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Hidran dan Bak Tandon (SHIBA).

Menurut Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat, aplikasi tersebut dikembangkan untuk memudahkan petugas dan relawan kebakaran untuk menemukan hidran dan bak tandon jika terjadi kebakaran.

“Sementara masih dimanfaatkan untuk internal kami dulu. Tetapi tahun 2022 ini kami bersama dengan Diskominfosan Kota Yogyakarta sedang menyiapkan agar SHIBA ini bisa terintegrasi dengan JSS,” katanya, Senin (24/01/2022).

Ia meneruskan, ketersediaan sarana dan prasarana menjadi satu di antara fokus Damkarmat Kota Yogyakarta. Untuk itu, pihaknya akan memastikan seluruh hidran berfungsi dengan baik.

Pihaknya juga akan memastikan bak tandon juga terisi air. Dengan sarana dan prasarana yang memadai, diharapkan proses pemadaman api saat terjadi kebakaran bisa efektif.

Baca juga: Koordinator Relawan Pemadam Kebakaran Kini Ada di 45 Kelurahan Jogja

Pihaknya sudah melakukan pengecekan hidran dan bak tandon.

“Jika sarprasnya sudah siap, selanjutnya adalah sumber daya manusianya. Saat ini sudah ada 616 relawan kebakaran di masing-masing RW di Kota Yogyakarta,” jelasnya.

Baca juga: Petugas Damkar Kota Yogyakarta Evakuasi Sarang Tawon Dua Kali Sehari

“Kampung yang sudah ada hidran kampungnya juga sudah paham bagaimana penanganan kebakaran. Nah SDM yang sudah ada ini harus terus diasah, supaya kemampuannya tidak hilang,” imbuhnya.

Menurut dia, aplikasi tersebut nantinya juga kan dimanfaatkan oleh masyarakat luas sehingga pemahaman terkait dengan penanganan kebakaran sangat diperlukan.

Selain itu, pihaknya juga mengupayakan agar relawan kebakaran memiliki APAR (Alat Pemadam Api Ringan). 

“Kami pernah menghibahkan APAR ke relawan di RW. Kami akan dorong, supaya relawan kebakaran memiliki APAR. Sebab relawan kebakaran ini menjadi ujung tombak sebelum kami datang,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.