Berita Nasional Terpercaya

5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

0

Bernas.id – Perkembangan zaman diiringi dengan perubahan bidang pekerjaan. Pada zaman dahulu masyarakat menganggap pekerjaan seputar profesi profesional dan pegawai negeri sebagai standar kesuksesan. Namun kini tampaknya profesi wirausahawan semakin mendapat perhatian lebih karena dapat membuka lapangan baru dan secara tidak langsung mendorong pertumbuhan perekonomian suatu negara. Hal ini juga memunculkan universitas jurusan kewirausahaan untuk mencetak profesional muda untuk menjadi pengusaha.

Jurusan kewirausahaan secara umum mempelajari proses identifikasi ide bisnis, konsep bisnis, dan strategi bisnis. Mahasiswa yang memiliki background pendidikan kewirausahaan selain menguasai model bisnis, menguasai pula perumusan ide, rancangan, pendirian bisnis baru, serta pengembangan bisnis yang sudah ada.

Baca juga: Jurusan Sarjana Kewirausahaan UNMAHA, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Penelitian Schumpeter pada 1963 mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah wirausahawan di suatu negara berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Salah satu cara menjadi wirausahawan hebat dapat dilakukan dengan mendalami ilmu kewirausahaan di perguruan tinggi. Ilmu kewirausahaan mengajarkan mahasiswa tentang pengelolaan bisnis serta membentuk ide kreatif dan inovatif dalam berbisnis. Rekomendasi kampus dengan jurusan kewirausahaan terbaik di Indonesia adalah:

Daftar Isi :

  1. Universitas Prasetiya Mulya
  2. Universitas Ciputra
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Surya University
  5. Institut Teknologi Bandung

 

 

Universitas Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya

Dulunya Universitas Prasetiya Mulya dikenal dengan Prasetiya Mulya Business School. Sesuai namanya, kampus ini memang berfokus kepada pendidikan bidang ekonomi dan bisnis. Universitas Prasetiya Mulya memfasilitasi para mahasiswa yang memiliki minat terhadap kewirausahaan melalui program studi Business.

Program Business besutan Universitas Prasetiya Mulya tidak hanya menekankan pada pembelajaran teori. Pada tahun kedua perkuliahan, mahasiswa mulai dibiasakan membangun bisnis melalui proyek kelompok. Selain itu, event Entrepreneur Day yang diselenggarakan Universitas Prasetiya Mulya semakin mengasah jiwa wirausaha para mahasiswa.

Event Entrepreneur Day merupakan pameran bisnis dan ekspo dari produk dan karya para mahasiswa. Bisnis yang dipamerkan benar-benar bisnis yang sudah jadi l, bukan berupa ide semata. Jadi tidak mengherankan apabila lulusan Business Universitas Prasetiya Mulya sudah mampu membangun bisnis sejak di perkuliahan.

Baca juga: Rekomendasi Universitas Jurusan Teknik Industri Terbaik Indonesia

Universitas Ciputra

Universitas Ciputra

Universitas Ciputra terletak di salah satu kota besar yang populer dengan sebaran crazy rich, yaitu Surabaya. Para crazy rich yang tersebar di Surabaya kebanyakan berasal  dari kalangan pengusaha atau wirausahawan yang memiliki bisnis. Bagi yang berkeinginan mengikuti jejak crazy rich sebagai wirausahawan dan memiliki bisnis sendiri dapat dimulai dari mempelajari ilmu kewirausahaan di kampus.

Kota metropolitan Surabaya memiliki Universitas Ciputra yang menjadi salah satu kampus dengan pembelajaran kewirausahaan terbaik di Indonesia. Program studi dalam bidang bisnis yang dibuka oleh Universitas Ciputra adalah Bisnis Kuliner, Bisnis Desain Fashion, Sistem Informasi Bisnis, dan International Hospitality and Tourism Business.

Program studi yang diselenggarakan oleh Universitas Ciputra mengusung konsep perkuliahan dengan mengajarkan para mahasiswa untuk memahami pengetahuan dasar berbagai bidang bisnis. Di samping itu, mahasiswa juga dilengkapi soft skill untuk menunjang entrepreneurship. Universitas Ciputra bertujuan mencetak lulusan yang siap menjadi wirausahawan dan paham ilmu kewirausahaan sehingga tujuan mencetak lulusan yang siap membangung bisnis dan memiliki soft skill yang mumpuni dalam bidang entrepreneurship tercapai.

Baca juga: Daftar Universitas Jurusan Teknik Arsitektur Terbaik

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Program studi business creation di Universitas Bina Nusantara membekali para mahasiswa dengan ilmu kewirausahaan yang dipadukan dengan Information and Communication Technology (ICT). Wirausahawan atau entrepreneur bukan lag seputar pemilik bisnis saja melainkan semakin meluas merujuk pada sosok yang memberikan perubahan nyata melalui bisnis yang dijalankan.

Lulusan program studi business creation Universitas Binus Nusantara bertujuan melahirkan entrepreneur yang kreatif dan inovatif. Di samping itu, lulusan business creation juga mampu melakukan penilaian risiko terhadap segala keputusan diambil, baik dalam bidang bisnis maupun lainnya.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Surya University

Surya University

Surya University memiliki program studi technopreneurship dengan konsep wirausaha dan teknologi. Mahasiswa yang mengikuti program studi technopreneurship berkesempatan untuk menentukan satu konsentrasi perkuliahan, yaitu smart real estate, life science atau Information and Communication Technology (ITC). Konsep ini dikembangkan Surya University untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan teknologi dan bisnis. Tidak selalu bertumpu pada keuntungan saja, mahasiswa program studi technopreneurship juga belajar untuk menjadi sociopreneur.

Baca juga: Daftar Universitas Jurusan Manajemen dan Bisnis Terbaik

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) dengan dua jurusan, yaitu jurusan kewirausahaan dan jurusan manajemen. Jurusan kewirausahaan SBM ITB menitikberatkan para mahasiswa untuk membangun bisnis dari awal. Tahun kedua perkuliahan mahasiswa diminta memilih jurusan perkuliahan. Dalam proses memilih tersebut, mahasiswa harus melalui proses wawancara seputar rencana bisnis yang hendak dibangun.

Para mahasiswa semester pertama ditugasi merancang Business plan. Tugas ini boleh dilakukan secara mandiri atau berkelompok dengan mahasiswa lain yang memiliki passion sama untuk merintis bisnis tertentu. Selanjutnya, rencana bisnis tersebut dijalankan pada semester kedua sekaligus dipantau perkembangannya. Melalui proses pemantauan tersebut, ada bisnis yang berjalan sampai akhir dan ada juga yang berganti bidang bisnis atau partner bisnis.

Sebenarnya kelayakan bisnis yang dijalankan terus dipantau dan dievaluasi pada semester kedepannya. Kemudian, bisnis yang dijalankan selama perkuliahan dijadikan sebagai topik skripsi pada tingkat akhir. Mahasiswa meninjau dan menguraikan seluruh proses yang berlangsung selama berbisnis.

Setiap universitas dengan jurusan kewirausahaan tentunya memiliki kurikulum masing-masing. Hal ini berpengaruh terhadap mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa. Namun umumnya, universitas akan memberikan mata kuliah pengantar dari ekonomi, akuntansi, kewirausahaan, manajemen, sistem informasi, dan perpajakan.

Prospek karir lulusan jurusan kewirausahaan sangat luas. Selain menjadi wirausahawan, lulusan jurusan kewirausahaan dapat juga berkarir sebagai analis pemasaran, pengajar bisnis, auditor publik, manajer investasi, konsultan marketing, dan penyusun strategi online marketing.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.