Berita Nasional Terpercaya

Mau Beli Mobil Listrik Cina? 7 Mobil Ini Bakal Masuk Indonesia

0

BERNAS. ID – Mobil listrik tidak hanya diproduksi dalam satu jenis merk saja. Ada pelbagai macam industri pabrikan yang kini masif memproduksi kendaraan ini, tidak terkecuali pabrikan mobil listrik Cina.

Ya, Cina memang getol memproduksi mobil listrik, selain untuk menyaingi teknologi pabrikan luar kenamaan, juga harga yang ditawarkan terkesan miring untuk pasar dalam negeri. Tentunya bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil listrik asal Cina, jelas perlu mengenali terlebih dahulu kira-kira apa saja jenis mobilnya.

Baca juga: 5 Mobil Listrik Toyota Terbaru yang Dipasarkan di Indonesia

Selain sebagai referensi, ini juga menjadi bahan pertimbangan yang penting, Anda sedikit mengetahui apa saja fungsi serta dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa deretan mobil listrik buatan Cina yang diklaim sebagai bersaing di pasar Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber.

Daftar Isi :

  1. Xpeng P7
  2. Geely Zeekr 001
  3. Nio eT7
  4. Hong Guang Mini EV
  5. Baojun
  6. Nissan Sylphy
  7. Great Wall Motors

 

Xpeng P7

Xpeng P7 adalah mobil listrik bergaya sport dari pabrikan Xpeng Motors. Mobil Xpeng P7 telah dibekali dengan Lidar laser untuk pencitraan, deteksi, dan jangkauan sebagai komponen perangkat keras baru arsitektur penggerak otonom generasi berikutnya.

Mobil listrik Cina ini ditenagai baterai tipis dengan  ketebalan 110mm. Daya yang dihasilkan baterai ini sebesar 80,9 kW per jam dengan kepadatan energi 170 Wh per kilogram. Perusahaan mengklaim pengisian daya selama 10 menit saja  dapat digunakan untuk berkendara sejauh 120 kilometer. Xpeng P7 dipasarkan 229.900 Yuan atau sekitar Rp 497 juta dan belum masuk ke Indonesia.

Baca juga: 7 Mobil Listrik Ini Ternyata Buatan Indonesia

 

Geely Zeekr 001

Zeekr 001 merupakan mobil listrik premium yang dikeluarkan oleh Geely, sebuah produsen mobil terkenal di Tiongkok. Geely juga pemilik perusahaan mobil Volvo dan Lotus.

Zeekr 001 adalah jenis mobil listrik perdana Geely yang diluncurkan dengan merek Zeekr. Dibangun pada platform EV modular Sustainable Experience Architecture (SEA), mobil buatan Cina ini telah diluncurkan oleh Geely tahun lalu.

Berbekal dual motor listrik di dalamnya, Zeekr 001 sanggup menghasilkan output tenaga sebesar 536 hp dengan torsi 767Nm. Zeekr 001 menggunakan baterai dengan daya output 110 kWh, yang mampu menempuh jarak mencapai 643 km. Zeekr 001 sudah mulai dipasarkan di Cina dengan banderol 300.000 Yuan atau sekitar Rp 674 juta.

Baca juga: Menperin Usul Mobil di Bawah Rp 250 Juta Bebas PPnBM

 

Nio eT7

ET7 mobil listrik yang dikembangkan produsen mobil Tiongkok, Nio eT7. Mobil ini pertama kali diluncurkan dalam acara Nio Day, 9 Januari 2021 silam.

Nio ET7telah diproduksi dengan dua model, yakni full electric dan hybrid. Mobil listrik Tiongkok ini dapat menghasilkan output daya sebesar 644 horse power dengan torsi 850 Nm.

Mobil listrik Cina ini ditenagai baterai dengan tiga pilihan kapasitas, 70 kWh, 100 kWh, dan 150 kWh. Baterai dengan kapasitas 70 kWh pada mobil Cina ini mampu menempuh jarak 500 km, 100 kWh dapat menempuh jarak 700 km, dan baterai kapasitas tertinggi 150 kWh dapat menempuh jarak sejauh 1.000 km.

Sensor lidar yang berfungsi sebagai teknologi otonom telah melekat dalam Mobil ET7. Bicara soal harga, Seri Nio ET7 tanpa dilengkapi baterai dibanderol dengan harga 378 ribu Yuan atau berkisar harga Rp 825 juta. Sedangkan ET7 dengan baterai dilego 448 ribu Yuan atau sekitar Rp 978 juta.

Baca juga: Pemerintah Masih Kaji Usulan Insentif PPnBM Mobil Baru Diperpanjang

 

Hong Guang Mini EV

Jika dibandingkan ketiga model mobil listrik di atas,  Hong Guang Mini EV punya model city car dengan body yang mungil dan kompak.

Mobil listrik ini keluaran Wuling yang terinspirasi dari Kei Car Japan. Saat ini, Mini EV mendapatkan pangsa pasar yang luas karena memang harganya yang terbilang terjangku, yakni hanya 28.800 yuan atau sekitar Rp 61 jutaan.

Mobil mungil Wuling Hongguan ini telah ditunjang dengan mesin bertenaga 26 dk dengan dua opsi pilihan baterai yakni 9.2 kWh serta 13.8 kWh, di mana baterai tersebut kemungkinan besar mampu mentenagai mobil listrik asal Cina ini berjalan menempuh jarak antara 100 – 200 km dalam sekali pengisian penuh.

Baca juga: Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Berikut Tips untuk Mengatasinya

 

Baojun

Mobil listrik Baojun generasi pertama berseri E100 resmi diperkenalkan pada gelaran GIIAS Wuling Motors awal Agustus 2018  lalu. Di  Indonesia, Baojun itu kini juga telah mengeluarkan seri E200.

Yang terbaru, mobil listrik Baojun berbasis E300 plus merupakan varian terbesar dari mobil mini dengan kapasitas untuk membawa empat orang, serta memiliki baterai yang lebih besar dan jangkauan mengemudi yang lebih luas.

Dimensi bodi listrik berukuran panjang 114 inci (2,89 meter), lebar 65,2 inci (1,65 meter), dan tinggi 62,8 inci (1,59 meter), dipasang pada wheelbase berukuran 79,5 inci (2,01 meter). Mobil listrik Cina yang satu ini dibanderol 69.800 yuan sekitar Rp 154 juta, sedangkan KiWi listrik Artist dijual dengan harga 78.800 yuan sekitar Rp 174 juta.

Baca juga: Rekomendasi Mobil MVP untuk Anda Miliki

 

Nissan Sylphy

Produk Cina lainnya yang diproduksi adalah Nissan Sylphy. Dirakit perusahaan joint venture Nissan dengan mitranya Dongfeng Motor Group ini merupakan model listrik pertama yang dibuat di pangsa konsumen Cina pada pameran Auto China 2018. Mobil ini diproduksi di pabrik Dongfeng Nissan, Huadu.

Kinerja sumber penggerak listrik Sylphy didasarkan 100 persen berteknologi terkini dengan kabin yang lebih lenga sehingga diklaim memberikan kenyamanan bagi Anda. Nissan Sylphy dapat menjelajah di jalanan sejauh 338 kilometer untuk sekali pengisian daya. Soal harganya, Nissan Sylphy belum resmi masuk Indonesia, tapi di negaranya mobil ini dipatok harga mencapai 166 ribu yuan atau Rp 375 juta.

Baca juga: Cari Info Mobil Listrik Wuling? Ini Daftar Harganya di Indonesia

 

Great Wall Motors

Yang terakhir ada mobil produksi pabrikan Cina ini punya ambisi yang tak kalah besarnya. Pada 2020 ini, Great Wall menggelontorkan dana 3,2 miliar dolar AS untuk meriset mobil listrik ini.

Setidaknya, untuk saat ini Great Wall Motors memiliki tiga model mobil yang bakal masuk pasar Indonesia. Ketiganya adalah dua jenis mobil listrik dan 1 jenis mobil hybrid. Adapun masing masing diberi nama Great Wall Ora Punk CAT, Great Wall Ora Lighting CAT, serta Great Wall Haval H6.

Baca juga: Jenis Mobil Listrik Nissan Terbaru yang Dipasarkan di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.