Berita Nasional Terpercaya

Inilah 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

0

Bernas.id – Kehidupan manusia telah memasuki era digital yang serba online. Interaksi antar manusia dari seluruh dunia pun mudah dilakukan. Hal ini berdampak pada kebutuhan pengembangan teknologi dan sistem informasi yang terus berlanjut. Berbagai universitas pun memfasilitasi pengembangan tersebut melalui pembukaan jurusan sistem informasi. Universitas jurusan sistem informasi pun diharapkan mampu melahirkan talenta baru untuk berkontribusi terhadap perkembangan sistem informasi.

Baca juga: Jurusan Sistem Informasi UNMAHA, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

Sistem informasi memiliki prospek karir yang dinamis dengan konsentrasi penggunaan teknologi informasi untuk meraih tujuan tertentu. Dalam jurusan sistem informasi, mahasiswa mempelajari proses bisnis dan teknologi. Oleh karena itu, program studi sistem informasi sangat cocok bagi para peminat ilmu komputer, teknologi informasi, dan bisnis. Bagi calon mahasiswa yang berminat untuk mempelajari ilmu sistem informasi di universitas dapat mempertimbangkan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di bawah ini:

Daftar Isi :

  1. Universitas Negeri Jurusan Sistem Informasi Terbaik
  2. Universitas Swasta Jurusan Sistem Informasi Terbaik

 

 

Universitas Negeri Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Kampus Negeri dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Tak diragukan lagi bahwa ITS memang salah satu perguruan tinggi teknik terbaik di Indonesia, termasuk jurusan sistem informasi. Kualitas perkuliahan jurusan sistem informasi ITS telah dijamin bagus oleh BAN-PT dengan akreditasi. Mahasiswa sistem informasi ITS difasilitasi untuk mempelajari pemodelan proses bisnis, integrasi sistem, serta pengembangan dan manajemen informasi. Di samping itu, mahasiswa sistem informasi ITS juga dibekali soft skill berupa berpikir kreatif dan inovatif, kepemimpinan, kerja sama tim, dan terorganisir sekaligus terintegrasi.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Baru berdiri sejak 2002 silam ternyata jurusan sistem informasi UIN Jakarta telah meraih akreditasi A dari BAN-PT dan akreditasi internasional dari Asean University Network Quality Assurance  sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya tidak patut diremehkan. Keberadaan jurusan sistem informasi UIN Jakarta berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi.

Mahasiswa jurusan sistem informasi UIN Jakarta difasilitasi untuk menempuh berbagai sertifikasi, seperti HTML, CBA, dan database. Sistem informasi UIN Jakarta cenderung mencetak lulusan sebagai System Analyst. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan Sistem Informasi UIN Jakarta dapat menjadi Developer, UX Designer, Project Manager, dan berkarir di bidang lainnya.

Universitas Indonesia (UI)

Program studi Sistem Informasi Universitas Indonesia sudah terakreditasi A dari BAN-PT dan berada di Fakultas Ilmu Komputer. Ada tiga program yang tersedia di jurusan sistem informasi UI, yaitu S1 kelas reguler, S1 kelas paralel, dan S1 ekstensi khusus bagi lulusan D3. Uniknya, kelas paralel tidak memiliki batasan umur tetapi mahasiswa di kelas paralel tidak berhak mengajukan beasiswa.

Kurikulum yang diajarkan kepada mahasiswa sistem informasi UI meliputi dasar ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi, serta penyeimbangan aspek pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasi. Dengan adanya kurikulum ini, para mahasiswa diharapkan terampil dalam merancang dan menemukan program dan memahami berbagai komponen sistem informasi penting lainnya.

Kemampuan mahasiswa sistem informasi UI semakin diperkuat dengan mata kuliah peminatan, yaitu teknologi informasi dan sistem enterprise. Teknologi informasi diperuntukkan bagi mahasiswa yang gemar eksplorasi komputer sedangkan sistem enterprise cocok untuk mahasiswa yang berminat dalam dunia bisnis. Di samping itu, ada pula pengembangan soft skill sebagai bekal menempuh dunia kerja, seperti ilmu komunikasi dan manajemen.

Baca juga: Rekomendasi Universitas Jurusan Teknik Industri Terbaik Indonesia

Universitas Swasta Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Kampus Swasta dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Binus memiliki program studi sistem informasi yang dapat dimasuki oleh lulusan SMA / SMK / Sederajat dan D3 dari jurusan yang relevan. Kurikulum jurusan sistem informasi BINUS dirancang sesuai dengan standar Association for Information System (AIS) dan Association for Computing Machinery (ACM). Selain itu, jurusan sistem informasi BINUS telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT.

Dalam rangka mencetak lulusan yang kompeten dalam bidang informasi, BINUS mengajarkan lima hal penting di samping banyak hal lainnya, yaitu:

  • Dasar-dasar bisnis. Mengetahui dasar-dasar bisnis sangat penting bagi mahasiswa agar mampu memetakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Mata kuliah yang diajarkan seperti pengantar akuntansi, pengantar bisnis, dan business intelligence.
  • Pengolahan data statistik. Mahasiswa sistem informasi BINUS akan dibekali kemampuan olah data, seperti statistika bisnis, data and text mining, visualisasi data, dan manajemen informasi.
  • Manajemen bisnis. Lulusan sistem informasi BINUS diharapkan mampu mengelola bisnis dengan baik sehingga BINUS membekali para mahasiswanya dengan mata kuliah manajemen.
  • Bahasa pemrograman. Selain membuat program, mahasiswa juga diajari untuk memahami keamanan sistem informasi, aplikasi berbasis web, dan pengetahuan terkait pemrograman lainnya.
  • Entrepreneurship dan ilmu komunikasi.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Telkom University

Jurusan sistem informasi di Telkom University cenderung fokus terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyelesaikan permasalahan bisnis serta mengevaluasinya. Mahasiswa sistem informasi Telkom University tidak hanya mempelajari komputer, tetapi mempelajari pula manajemen proyek dan kualitas dari program atau software yang dibuat.

Telkom University menyediakan berbagai konsentrasi perkuliahan seputar pemrograman, jaringan (network), enterprise architecture, dan enterprise resource solution. Sistem informasi Telkom University bertujuan melahirkan lulusan yang kompeten dalam bidang teknologi informasi dan bisnis sehingga mampu membuat pemodelan bisnis, perbaikan proses bisnis, menganalisa desain dan menciptakan sistem informasi sesuai kebutuhan bisnis.

Prospek karir sistem informasi sangat melimpat yang seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Ahli sistem informasi dengan latar belakang pendidikan formal sangat dibutuhkan oleh kalangan pebisnis, organisasi dan institusi pemerintah. Ilmu sistem informasi yang dipelajari di perkuliahan sangat aplikatif dalam dunia kerja. Lulusan sistem informasi umumnya mampu mendesain web sehingga selain bekerja, lulusan sistem informasi juga dapat mendirikan usaha dalam bidang pengembangan web.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Leave A Reply

Your email address will not be published.