Berita Nasional Terpercaya

Presiden Alokasikan Rp2,7 T untuk Renovasi TMII hingga Persiapan G20

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Jokowi mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 triliun untuk beberapa proyek penugasan, seperti persiapan Presidensi G20 hingga renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dana itu masuk anggaran Kementerian PUPR 2022.

“Presiden Republik Indonesia memberikan penugasan khusus kepada Kementerian PUPR untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan kebutuhan anggaran yang direncanakan sebesar Rp2,7 triliun,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja bersama Komisi V, Selasa (25/1/2022).

Ia mengatakan dana Rp2,7 triliun akan digunakan untuk empat proyek. Rinciannya, persiapan Presidensi G20, renovasi TMII, penataan kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), dan persiapan ASEAN Summit 2023 di Tanah Mori Labuan Bajo.

Lebih detail, Basuki memaparkan alokasi dana untuk persiapan Presidensi G20 sebesar Rp505,9 miliar. Dana itu khususnya akan digunakan untuk penataan kawasan mangrove Tahura Ngurah Rai.

Baca juga: HUT IKG ke 51 Tahun, Semangat Membangun Omah Budaya Ikatan Keluarga Gunungkidul

“Ini nanti semua kepala negara akan ditunjukkan kebijakan Indonesia dalam green economy dengan memperluas mangrove di Indonesia, salah satunya di Bali ini,” ujarnya.

Dana tersebut juga akan digunakan untuk preservasi jalan yang akan dilalui para kepala negara yang menghadiri acara G20. Jalan yang akan diperbaiki adalah Jimbaran-Uluwatu dan penataan lanskap bundaran, pedestrian dan median ruas jalan Bandara Ngurah Rai, serta peningkatan jalan Simpang Siligita-Kempinski.

“Ini jalur-jalur yang akan dilalui kepala negara, karena terutama mobilnya itu kan semua anti-peluru jadi minimal 20 ton beratnya. Jadi kami cek semua jembatan-jembatan yang akan dilalui oleh 39 kepala negara ini,” ujar Basuki.

Kemudian, dana yang dialokasikan untuk renovasi TMII sebesar Rp1,13 triliun. Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki jalan kawasan TMII dan gerbang utama, memperbaiki beberapa joglo TMII, revitalisasi Lanskap Pulau-Pulau Danau Archipelago, membangun struktur parkir, serta renovasi museum yang ada di TMII.

“Kebetulan pak presiden sedang di luar kota jadi pak sekretaris negara mengajak kami untuk melihat progres renovasi taman mini,” kata Basuki.

Selanjutnya, dana yang dialokasikan untuk penataan kawasan Mandalika di NTB sebesar Rp576 miliar. Kementerian PUPR akan menggunakan dana tersebut untuk persiapan acara internasional MotoGP.

Baca juga: Setelah Sekian Lama, Bagaimana Kesiapan Mandalika Menyambut MotoGP?

Lalu, dana sebesar Rp525,8 miliar akan dialokasikan untuk persiapan ASEAN Summit 2023 di Tana Mori, Labuan Bajo NTT sebesar.

Pemerintah bakal menggunakan dana tersebut untuk peningkatan pembangunan jalan dan jembatan Labuan Bajo-Sp. Nalis-Sp. Kenari-Tanamori, serta peningkatan fasilitas pendukung pariwisata Loh Buaya Pulau Rinca. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.