Berita Nasional Terpercaya

Daftar Mobil Listrik dari Harga Paling Murah sampai yang Mahal

0

BERNAS. ID – Punya impian memiliki mobil listrik ternyata bukan sekadar mimpi belaka. Bahkan kini di Indonesia, tren mobil listrik semakin marak. Selain dianggap lebih ramah lingkungan, teknologi, desain dan fitur baik mobil listrik murah maupun mobil listrik mahal kini semakin menarik.

Saat ini sedikitnya ada ada lima mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia dari beragam jenis, dari merek Jepang, Korea hingga China. Tentunya tiap pabrikan mobil listrik punya perbedaan kualitas dan teknologi yang digunakan.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik Cina? 7 Mobil Ini Bakal Masuk Indonesia

Semakin canggih teknologi yang digunakan pada rangkaian, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Nah, kira-kira Anda sudah tahu belum harga mobil listrik paling mahal apa? Kalau belum, berikut Bernas.id coba merangkum daftar harga mobil listrik yang resmi dijual di Indonesia, dari yang termurah hingga paling mahal.

Daftar Isi :

  1. DFSK Gelora E 
  2. Hyundai Ioniq
  3. Nissan LEAF
  4. Hyundai Kona Electric
  5. Lexus UX300e

 

DFSK Gelora E 

DFSK Gelora E 

Mari kita buka mobil listrik dari yang paling murah ada DFSK Gelora E. Mobil listrik ini merupakan mobil listrik yang dilabeli harga Rp 480 juta saja untuk tipe Blind Van atau Rp 510 juta untuk varian Minibus.

Dengan harga yang relatif lebih murah dari jenis lain yang ada di Indonesia, DFSK Gelora E didesain dengan praktis serta multi fungsi. Motor listrik yang dirakitkan ini punya daya pacu sebesar 82 hp dengan torsi maksimal 200 Nm. Kalau soal kapasitas baterai, DFSK Gelora E menggunakan baterai berukuran 42 kWh yang diklaim bisa menempuh jarak sekitar 300 km.

Adapun ragam fasilitas dan fitur penunjang kenyamanan dan keselamatan saat mengendarai, DFSK Gelora E sudah dilengkapi AC, power window, head unit 8 inch, tuas transmisi model knob, speedometer dengan MID, kamera mundur, ABS, EBD, hingga sensor parkir belakang.

Baca juga: Cari Info Mobil Listrik Wuling? Ini Daftar Harganya di Indonesia

 

Hyundai Ioniq

Di urutan kedua ada Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai. Sedikitnya ada dua model Hyundai Ioniq. Tipe paling lama adalah Ioniq Prime dengan harga Rp 637 juta saja, sementara varian termahal jenis ini ada Ioniq Signature dibanderol Rp 677 juta.

Perbedaan antara Ioniq tipe Prime dan Signature berada pada fitur di eksterior dan interior. Pada Hyundai Ioniq Signature, lampu bagian depan sudah dilengkapi LED dan juga sunroof pada atapnya. Sedangkan Hyundai Ioniq Prime, lampu depan masih berupa halogen dan atap mobil polos karena harganya lebih rendah.

Tiap Interior kedua mobil ini pun punya perbedaan namun tidak signifikan. Pada Hyundai Ioniq Signature, kursi depan sudah elektrik dengan memory seat, pendingin kursi, dan ambient lighting. Sistem keselamatan juga lebih lengkap. Perangkat keselamatan seperti Blind-spot  Warning (BCW) dan Rear-Cross Traffic Collision Warning (RCCW),  tidak ditemukan pada Ioniq Prime.

Sementara, fitur Ioniq Prime yang juga tersedia di tipe Signature adalah cruise control, keyless entry, pemanas kursi, speedometer digital, dan jok kulit. Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), dan 7 airbags masih  tetap ada pada kedua varian Hyundai Ioniq ini.

Dapur  pacu elektrik mobil ini mampu menghasilkan tenaga 139 hp dan torsi 295 Nm. Hyundai juga telah membekali baterai berukuran 38,3 kWh yang  diklaim mobil ini mampu menjelajah jalanan hingga sejauh 373 km.

Baca juga: Jenis Mobil Listrik Nissan Terbaru yang Dipasarkan di Indonesia

 

Nissan LEAF

Mobil Listrik Nissan turut meramaikan pasar mobil listrik. Pasca peluncuran Nissan LEAF terbaru pada pertengahan Agustus 2021 lalu, mobil LEAF ini dibanderol harga Rp 649 juta untuk warna single tone atau Rp 651 juta untuk warna dual tone.

Harga yang ditawarkan Nissan Leaf berada di antara kedua model Hyundai Ioniq tadi.Pelbagai fitur kenyamanan seperti lampu depan dan belakang LED, jok kulit, pemanas kursi, cruise control, keyless entry, speedometer kombinasi digital, serta head unit canggih, sudah disematkan pada mobil ini.

Sementara untuk perangkat keselamatan, mencakup sistem Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), serta telah dilengkapi kamera 360 derajat.

Nissan membekali motor listrik dengan total output 148 hp dan torsi maksimal 320Nm. Dengan kapasitas baterai berkekuatan  40 kWh, mobil ini diklaim Nissan mampu menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya penuh.

Baca juga: 5 Mobil Listrik Toyota Terbaru yang Dipasarkan di Indonesia

 

 Hyundai Kona Electric

Kona ioniq

Dari pabrikan Hyundai Kona Electric adalah SUV listrik dengan harga paling terjangkau saat ini. Mobil ini dibanderol Rp 697 juta.

Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, Hyundai Kona Electric kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan seperti jok kulit dengan sistem pemanas dan pendingin, heads up display, sunroof,  speedometer digital 10.25 inci,  wireless charging dan masih banyak lagi.

Dari sistem keselamatannya yang digunakan,  Mobil ini telah mempunyai Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot-Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA),Safe Exit Warning (SEW), dan masih banyak lagi.

Untuk dapur pacunya, Hyundai Kona memiliki total output 134 hp dan torsi maksimal 395 Nm. Dengan kapasitas baterai berkekuatan 39.2 kWh, mobil ini sanggup menjelajah jalan raya dengan jarak tempuh 345 km dalam satu kali pengisian daya penuh.

Baca juga: 7 Mobil Listrik Ini Ternyata Buatan Indonesia

 

Lexus UX300e

 Lexus UX300e

Yang terakhir, ada nama Lexus UX300e sebagai mobil listrik perdananya yang kini legal di pasaran Indonesia. Untuk pembelian Lexus UX300e dilabeli harga Rp 1.245 miliar, cukup menjadi salah satu mobil listrik premium di Indonesia.

Penampilan yang sangat mewah ditunjang fitur premium yang  ditawarkan. Lexus sudah dilengkapi jok kulit dengan motif 'sashiko', wireless illumination, serta sistem audio premium merek Mark Levinson dengan 13 speaker.

Lalu untuk perangkat keselamatan yang disematkan Lexus UX300e cukup lengkap, diantaranya 10 airbags, lane trace assist, pre-collision system, blind spot monitor, dynamic radar cruise control, head up display, kamera panoramic keselamatan.

Ngomongin dapur pacu, Lexus telah dibekali tenaga output sebesar 201 hp dengan torsi maksimal 301 Nm. Dengan baterai berkapasitas 54.3 kWh, mobil ini diklaim sanggup menempuh jarak 300 km dalam satu kali pengecasan.

Baca juga: Menperin Usul Mobil di Bawah Rp 250 Juta Bebas PPnBM

Leave A Reply

Your email address will not be published.