Berita Nasional Terpercaya

Inilah Harga dan Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Terbaru

0

BERNAS. ID- Menyebut kendaraan bertenaga listrik, nama Hyundai jadi salah satu perusahaan mobil  kenamaan yang tak boleh dilewatkan. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah banyak memproduksi kendaraan termasuk mobil listrik. Tak kalah pamor dengan pabrikan lain, tahun ini produsen mobil Korea ini resmi meluncurkan dua mobil listrik Hyndai terbaru, yakni Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona EV.

Penasaran apa saja produk  dan spesifikasi mobil listrik keluaran Hyundai yang sudah masuk di pasaran tanah air? Berikut informasi selengkapnya.

Baca juga: Ingin Beli Mobil Listrik Tesla? Ini Harga dan Modelnya di Indonesia

Daftar Isi :

  1. Mobil Listrik Hyundai Kona Electric
  2. Mobil Listrik Hyundai Ioniq Elctric Vechile

 

Mobil Listrik Hyundai Kona Electric

hyundai Kona

Mari kita awali dari yang paling laris untuk pabrikan Hyundai, ada nama Kona EV. Kona Electric Vehicle ini merupakan mobil listrik jenis sport utility vehicle atau SUV yang bermain di segmen sub kompak dengan desain eksterior mewah.

Pada desain bentuk anatominya, Hyundai Kona EV memberikan tampilan yang terkesan minimalis dengan desain lampu yang sangat berani. Desain  itu juga yang diaplikasikan pada tiap tiap lampu di bagian belakang mobil.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik dari Harga Paling Murah sampai yang Mahal

 

Spesifikasi dan Dimensi Hyundai Kona Electric

Untuk urusan bentuk dan dimensinya Hyundai Kona EV memiliki ruang dan kapasitas yang cukup lega. Mobil dengan panjang 4.205 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.570 dengan ground clearance 158 mm ini mampu menampung lima penumpang. Tak hanya itu, dengan dimensi tersebut, Kona Ev masih punya ruang bagasi yang sangat lega dengan kapasitas mencapai 332 liter.

Untuk interiornya, Hyundai Kona EV juga sudah menyematkan teknologi canggih yang menunjang mobilitas dengan fitur mutakhir. Yang terbaru adalah teknologi Head-up Display (HUD) memberikan informasi kendaraan melalui layar digital transparan yang terletak di kaca depan mobil.

 

Teknologi dan Kecanggihan Kona Electric

Dari sistem keselamatan yang digunakan,  Mobil ini juga telah mempunyai Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot-Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA),Safe Exit Warning (SEW), dan masih banyak lagi.

Selain itu, yang tak kalah penting juga, Kona EV sudah menerapkan kluster instrumen yang sudah full digital, kemudian shifter yang lebih minimalis, dan tak ketinggalan wireless smartphone charging.

Untuk kemampuan dan kapasitas baterai juga tak bisa diremehkan, Hyundai Kona EV sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 39,2 Kwh dengan kemampuan fast charging. Anda hanya membutuhkan 57 menit serta  pengisian daya normal sekitar 6 jam 10 menit. Jadi hal ini memungkinkan ketika kapasitas baterai terisi penuh, mobil ini  dapat menempuh jarak sampai 345 Km. 

 

Harga Mobil Listrik Hyndai Kona Electric di Pasar Indonesia

Sementara itu, bicara soal harga di pasar Indonesia,  pabrikan Hyundai Kona Electric memasarkan model ini  dengan harga paling terjangkau dibandingkan jenis lain. Dari beberapa sumber yang penulis himpun, saat ini Kona EV dilepas di kisaran Rp 697 juta dengan empat pilihan warna yang ditawarkan.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik Cina? 7 Mobil Ini Bakal Masuk Indonesia

 

Mobil Listrik Hyundai Ioniq Elctric Vechile

Model mobil listrik Hyundai yang kedua ada nama  Ioniq Electric  EV,  Mobil ioniq berpenampilan mirip sedan tapi dibalut desain ekslusif dan futuristic. Hyundai Ioniq didesain minimalis dengan bumper mewah berlapis silver dengan headlamp dan housing fog lamp kekinian. Sementara pada bagian belakangnya tampak sangat sporty dengan desain lampu belakang yang agak menyipit.

 

Dimensi dan Spesifikasi Hyundai Ioniq

Untuk dimensi yang dirancang pada Hyundai Ioniq Elektrik punya panjang 4.470 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.475 mm, dan ditambah lagi ground clearance 150 mm berkapasitas lima penumpang serta bagasi yang cukup lega.

Untuk bobotnya sendiri, Kona Ioniq mencapai 1,5 ton. Bisa dibilang mobil ini cukup ringan. Ioniq dilengkapi dengan velg memakai ukuran 16 inci dengan lebar 6,5 inci yang kemudian dibalut ban ukuran 205/60 di setiap rodanya.

Pada sektor interior juga tidak kalah canggih jika dibandingkan dengan Hyundai Kona, karena terdapat head unit 8 inci yang menunjang konektivitas pada smartphone,  electric gear shift button serta smartphone charging system.

Baca juga: Cari Info Mobil Listrik Wuling? Ini Daftar Harganya di Indonesia

 

Varian Mobil Listrik Hyundai Ioniq

Sedikitnya ada dua model varian milik Hyundai Ioniq yang sudah dipasaran. Tipenya adalah Ioniq Prime dan Ioniq Signature.

Perbedaan antara Ioniq tipe Prime dan Signature berada pada fitur-fitur di eksterior dan interior. Pada Hyndai Ioniq Signature, lampu depan mobil sudah dibekali jenis LED dan pada bagian atap dilengkapi sunroof. Untuk Hyundai Ioniq Prime, mengingat harga jualnya lebih rendah, mobil listrik ini masih dilengkapi lampu halogen dengan bagian atap tanpa sunroof.

Tiap Interior kedua mobil ini pun punya perbedaan, namun tidak signifikan. Pada Ioniq Signature, kursi depan sudah elektrik dengan memory seat, pendingin kursi, dan ambient lighting. Sistem keselamatan juga lebih lengkap. Perangkat keselamatan seperti Rear-Cross Traffic Collision Warning (RCCW) dan Blind-spot Warning (BCW), tidak ditemukan pada Hyundai Ioniq Prime.

 

Teknologi Hyundai Ioniq EV

Dapur  pacu elektrik mobil ini mampu menghasilkan tenaga 139 hp dan torsi 295 Nm serta akselerasi kecepatan puncak  hingga 165 kilometer per jam. Hyundai juga telah menempatkan baterai berukuran 38,3 kWh yang  diklaim mampu menjelajah jalanan hingga sejauh 373 km untuk sekali pengisian baterai penuh.

 

Harga Ioniq Electric di Pasar Indonesia

Sementara itu, bicara soal harga di pasar Indonesia,  Ioniq Electric baru memasarkan dua model ini dengan harga yang berbeda. Model mobil listrik Hyundai Ioniq Prime dihargai sekitar  Rp 637 juta saja, sementara varian Ioniq Signature dibanderol Rp 767 juta.

Adapun mengenai pajak mobil listrik ini, berdasarkan STNK, nilai PKB Hyundai Ioniq Electric hanya Rp2,8 jutaan saja. Artinya pemilik kendaraan ini hanya perlu membayarkan uang sekitar Rp 3 jutaan saja, termasuk SWDKLLJ per tahunnya.

Ada empat pilihan warna yang bisa Anda pilih,. Bagaimana cukup menjanjikan bukan selain itu harganya mirip fasilitas dan kenyamanan yang didapat juga sebanding bukan.

Baca juga: 7 Mobil Listrik Ini Ternyata Buatan Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.